" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 25 Januari 2012

Kacang Telur

Kemaren waktu eyangnya beli kacang atom, adek suka banget ngemilinnya. Tapi sengaja dibatasi ma bundanya karena udah pasti ada vetsin didalamnya. Gimana nggak,orang rasanya aja gurih bangettt. Dan....bisa ditebaklah, pasti gondok kalo dilarang...hehehe, biarin aja dari pada dia makan vetsin mending nangis. Akhirnya bunda ngejanjiin dia bakal dibikinin cemilan yang kayak gitu, ya...mau gak mau...pagi-pagi dah nguplek ma si kacang telur. 




Hasilnya enyaaakkkk...renyah dan gurih, ukuran gulanya sengaja dikurangi karena aku nggak mau terlalu manis. Waaahhhh...anak-anak langsung ngeganyem mulu gak berhenti-berhenti. Kata adek "ini nggak ada vetsinnya ya bun, nggak pedes ya"...xixiixixii...jadi seneng ngeliatnya. Paling puas kalo masak trus anak-anak suka dan antusias makannya....wooowww...priceless!!!!!


Kacang Telur
Source : http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=100


Bahan:

500 gr kacang tanah
2 btr telur
200 gr gula pasir (Yulyan : aku pake 150 gr)
1 sdt garam halus
½ sdt vanili
450 gr tepung terigu
1 ltr minyak goreng


Cara membuatnya:
  1. Cuci bersih kacang tanah, tiriskan, taruh dalam nampan, biarkan kering.
    Kocok telur, gula dan garam hingga kental. Sisihkan.
  2. Ambil sebagian kacang, beri 3 sendok makan adonan telur, aduk rata. Taburi dengan tepung terigu, ratakan hingga kacang berbulir-bulir terbalut tepung. Lakukan 2 hingga 3 kali proses ini, sehingga lapisan tepung cukup tebalnya. Ambil lagi sebagian kacang, proses pelapisan lagi, demikian seterusnya hingga kacang terbalut tepung semua.
  3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng kacang hingga kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. Kemas dalam toples.


Note :
  • Sebelum kacang diolah, sebaiknya pilih kacang dengan ukuran yang seragam atau minimal hampir sama, jadi waktu digoreng kematangan kacang biar bisa sama.
  • Saat melapisi kacang dengan adonan telur dan tepung, selalu pisahkan kacang yang menempel. Agar kacang bisa terbalut dengan sempurna.
  • Sebelum menggoreng, ada baiknya kacang di ayak dulu dengan menggunakan ayakan yang besar atau cetakan cendol. Sehingga remahan sisa tepung yang tidak menempel pada kacang bisa hilang dan tidak mengotori minyak saat menggoreng.
  • Goreng dengan minyak sedang, jangan terlalu besar karena kacang yang berada didalam bisa jadi belum matang, dan aduk terus kacang saat menggoreng agar tidak gosong.
  • Supaya kacang lebih renyah dan kesat, oven sebentar kacang setelah digoreng. Tapi kalau pun tidak juga tidak mengapa. Hanya saja kacang yang dioven jadi lebih renyah dan garing.
Stay cooking with love...

-eeyand-


Garlic Bread

Garlic Bread....biasanya dijadikan teman makan soup cream atau dimakan begini aja pake sambal botolan juga enak. Paling cocok untuk menu sarapan, bikinnya nggak susah jadinya nggak ribet pagi-pagi. Aku biasanya suka bikin dari roti tongkat atau baguette tapi kalo nggak ada bisa diganti ma roti tawar.




Garlic Bread

Source : Sedap Khusus Pemula 65/X11/2011

Ingredients :
1 bh roti tongkat,potong serong
100 gr margarine
10 siung bawang putih, cincang halus
2 tangkai peterseli, cincang.

Method :
1. Tumis bawang putih didalam margarine.
2. Peras peterseli, masukkan dalam margarine, aduk rata.
3. Celup bagian atas roti ke dalam margarine, tata diatas loyang.
4. Oven dengan apo bawah suhu 180 deg C 5 menit hingga matang.

Stay cooking with love...

-eeyand-

Selasa, 24 Januari 2012

Poffertjes




Dulu dah pernah posting poffertjes disini, dan untuk yang sekarang masih menggunakan resep yang sama karena dan cinta dan cucok ma resep yang ini. Cuma bedanya, karena bosan dengan taburan gula halus aja, poffertjesnya bisa dikombinasikan denga macam-macam selai. Kebetulan saya cocoknya dengan selai kacang creamy, rasa poffertjes nya jadi makin gurihhh!!! kalo Si Abang setelah dikasih selai kacang di taburi lagi ma meises ma dia...mmm..yummy juga. Jadi ya...suka-suka aja...gula okey, selai hayuukkk, meisis juga masuk..yang penting enak!!!! ^^.




Poffertjes
Source : http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/6935


Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh ragi instan
25 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
2 butir telur ayam, dikocok lepas
300 ml susu cair
30 gram margarin, dilelehkan
50 gram gula tepung untuk taburan




Cara Pengolahan :

1. Aduk rata tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam.
2. Kocok lepas telur. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
3. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk sampai licin. Diamkan 20 menit. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata.
4. Tuang adonan setinggi 3/4 di cetakan poffertjes yang sudah dipanaskan dan dioles tipis margarin. Masak hingga matang.
5. Sajikan dengan taburan gula tepung.



Stay cooking with love...


-eeyand-

Otak-otak Ikan Tenggiri


Finally..!!!!!! Keturutan juga bikin otak-otak, walaupun nggak sukses besar...tapi lumayan lah...^^. Nggak suksesnya karena otak-otaknya rada keasinan... jadinya kurang sipp gitu!!!. Apalagi orang rumah pada nggak begitu doyan asin...waa..jadi kalo makan, otak-otaknya secuil bumbunya sesendok...xiixixiix. Padahal ukuran garamnya dah aku kurangi banyak...kok ya masih ngerasa asin. Kayaknya kalo resep-resep begini gula dan garam harusnya sesuai selera aja dehh...karena, kadang apa yang tercantum di resep nggak sesuai dengan selera dan kadar asin ato manis kita. Jadi lebih baik di sesuaikan sendiri aja... But overall....yummy, texturenya okey banget...empuk dan rasa ikannya menonjol banget..karena memang ukuran tepungnya tidak terlalu banyak cuma 1 sendok teh untuk seperempat kilogram ikan.


Otak-otak Ikan Tenggiri
Source : Sedap Khusus Pemula 60/XII/2011

Ingredients :
250 gr ikan tenggiri dingin fillet
3 siung bawang putih,memarkan
3 siung bawang merah, potong-potong
10 tangkai kucai (yulyan : pake daun bawang)
1 putih telur
50 ml santan dari 1/4 butir kelapa (yulyan : pake santan instant)
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 sdm tepung hunkwe
Daun pisang untuk membungkus, layukan daun diatas api
Minyak goreng secukupnya untuk mengoles




Method :

  1. Masukkan ikan tenggiri dalam blender atau food processor bersama bawang putih dan bawang merah. Blender sampai lembut.
  2. Masukkan kucai, blender kembali.
  3. Tambahkan ptih telur, santan. garam, dan gula. Blender kembali sampai lembut.
  4. Tambahkan tepung hunkwe, aduk rata.
  5. Oleskan minyak diatas daun pisang.
  6. Sendokkan adonan diatas daun pisang. Bungkus,semat lidi di kedua ujungnya.
  7. Panggang diatas bara api sampai matang.



Stay cooking with love...

-eeyand-


Minggu, 22 Januari 2012

Lemon Mint Squash


Siang-siang...panas-panas...ya paling enak minum yang seger-seger. Bener aja, abis difoto-foto... wahhh... langsung ludesshhh nih minuman. brbbbrrrrr....dinginn...segerrrr!!!!!

Lemon Mint Squash

Ingredients :
Air jeruk lemon, dari 1 bh jeruk lemon.
500 ml air soda manis
1 genggam daun mint, remas.
Es batu secukupnya


Method :
Campur air jeruk lemon,  daun mint, dan es batu. Tambahkan air soda manis, aduk sebentar dan segera hidangkan.

Gampang banget ya bikinnya...tapi rasanya oke punya lho!!!!


Stay cooking with love...

-eeyand-

Choux Pastry And Fruit Pie


Xixiixixixiiii... *ketawa dulu ahhh... ^^, postingan baking kali ini dalam rangka habis menghabiskan.. *maksudnya???. Iya...habis yang satu ketambahan yang lain...gituuuuuu..aja...dan sampe sekarang aku posting ini masih ada tuh...sisa habis menghabiskannya dan gak tau lagi bagaimana mengkaryakannya. Hahahaha....bingung???? jadi inilah ceritanya..... *layar dibuka.. :D

Bearawal dari Pumpkin Pie yang tempo hari pernah aku bikin, setelah selesai..ternyata crust nya masih ada sisa.... kucetaklah di cetakan pie yang kecil-kecil, kali aja bisa dibikin apa... gitu ntar. Setelah si pumpkin pie itu abis.... jadi mikir, ini crust yang udah dipanggang mau dibikin apa ya??? ya udah...bikin fruit pie aja lah... dengan buah-buahan yang ada di rumah aja. Kebetulan ada apel, jeruk dan strawberry...ya itu aja yang dipake. Tinggal dibuatin vla...selesai sudah. Ehhhh.... fruit pie selesai, vlanya masih sisa...huuuuhhhh...kenapa juga bikinnya kebanyakan.....jadi mikir lagi deh diapain sisa vla ini. Dan terpikirlah untuk bikin choux pastry  a.k.a kue sus. Setelah kue sus selesai dibikin....dan vla juga dah dikaryakan, kue sus nya yang masih sisa... *hadooowww...mulau lieur dehhh!!!!!...dan akhirnya...harrreeeee inniiiii!!!!!!!! aku bikinin lagi vla coklat *biar gak bosen...buat ngisi si kue sus yang masih sisa. Dan....masih ada lanjutannya... *nangissss geru-geruuu!!!..... vla coklatnnya bikinnya kebanyakan lagiiii.....dan masih ada sisa sampe sekarang... *hwaaaaaa....garuk-garuk tembok...  Gak tau deh...sampe kapan nih selesainya...haduuuwwww.

Ya...begitulah ceritanya...saling sambung menyambung menjadi satu....dan belum tau kapan kelarnya. Kali kalo vla coklatnya masuk tong sampah baru selesai... *gak tegaaaaa!!!!!!!.  Ya sudlahhh.... bahas resepnya ajahhh..yukkkkk!!!!



Kue sus yang dibikin kali ini aku sengaja coba resep punya mbak Riana Ambarsari yang diambil dari Milis Dapur Bunda, bedanya ada pada jenis tepung dan tambahan garam didalamnya. Kalo aku biasanya pake tepung segitiga (protein sedang) tapi resep yang ini pake tepungnya yang cakra (protein tinggi) dan ditambahkan garam pada adonannya. Secara texture aku lebih suka sama yang ini, lebih kokoh dan renyah. Tapi rada kurang suka dengan tambahan garamnya, menurutku jadi lebih asin...secara sekeluarga gak begitu doyan asin. Tapi setelah dicampur vla dan siraman coklat diatasnya....rasa asinnya jadi rada "ter-balance".

Choux Pastry

(Sumber: Milis DapurBunda)
Bahan:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

Isi : Vla Napoleon

Bahan Vla :
800 cc susu
100 gr gula kastor (modified. Original recipe: 200 gr)
5 btr kuning telur
50 gr tepung maizena
100 cc whipping cream
1 sdm mentega tawar
5 sdm Rhum/Brandy (optional) (Yulyan : aku ganti essens almond)


Method:
  1. Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Biarkan hingga adonan agak hangat.
  3. Panaskan oven 200 derajat Celcius. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
  4. Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
  5. Isi sesuai selera.

 Vla Napoleon: 
  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok kuning telur dengan garpu, cairkan dengan sedikit susu, sisihkan.
  2. Didihkan Susu dan gula, masukkan campuran maizena, aduk rata, kecilkan api.
  3. ‘Pancing’ larutan kuning telur dengan sedikit adonan susu panas (lihat Note), lalu masukkan larutan kuning telur ke dalam campuran susu, aduk rata.
  4. Masukkan whipping cream, aduk lagi dan didihkan sekali lagi.
  5. Angkat dari api, masukkan 1 sdm mentega, aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata (permukaan vla jadi mengkilat).
  6. Aduk hingga uapnya hilang, masukkan Rhum/Brandy (kalo pakai). Dinginkan.

Bikin kue sus tuh gampang-gampang susah yaa.... gampangnya, bahan gampang dicari..gak ada yang susah satu pun. Susahnya, waktu ngovennya harus bener-bener pas...supaya dia nggak ngambek alias mimpes pada saat keluar dari oven. Dan Mbak Riana Ambarsari berbagi tips nih.... tentang gimana caranya biar sukses bikin kue sus, yang saya copas langsung dari blog beliau...Thank's ya mbak!!!!! *salim...^^

  • Resep kulit sus ini yang paling enak so far menurut saya sih. Merekah cantik, ‘menul-menul’, dan gampang banget bikinnya!
  • Selama manggang, oven jangan dibuka-buka ya. Nanti dia gak mau kokoh kulitnya.
  • Timing yang tepat sangat penting untuk ngedapetin kulit yang kokoh dan gak melembek ketika dingin. Kalo udah lewat 25 menit di permukaan kue masih ada mentega berbuih-buih, jangan dikeluarkan dulu dari oven. Tunggu sampe udah gak ada buih mentega lagi yang keluar, baru angkat kue dari oven.
  • Setelah dikeluarkan dari oven, segera pindahkan kue sus ke rak kawat, supaya bagian bawahnya gak beruap dan malah jadi lembek. Kalo gak ada rak kawat, yah gimana kek caranya supaya bagian bawahnya tuh bisa kontak langsung sama udara.
  • Tusuk-tusuk kue sus dengan tusuk gigi di beberapa tempat setelah dikeluarkan dari oven untuk memudahkan keluarnya uap air.
  • Cara mengisi kue sus: gunting dikit kulitnya, semprotkan isi dengan menggunakan plastik segitiga. Sruuutt….!


Untuk Fruit Pienya sendiri, crust nya aku pake resep crust dari Pumpkin Pie. Vlanya bisa pake Vla Napoleon diatas. Buahnya sendiri bisa di custom sesuai keinginan...ato pake buah kalengan juga okey...suka-suka aja. Cuma untuk crust yang satu ini, lebih baik pengisian vla nya pas mau makan aja...soalnya bakalan cepet lembek kalo kelamaan. 

Fruit Pie

Crust :
150 gr biskuit tawar (yulyan : pake biskuit gandum)
125 gr mentega tawar (yulyan : dah kehabisan stock butter...jadi aku ganti aja pake margarine)
3 sdm putih telur ayam
125 gr oatmeal
3 sdm brown sugar
1/8 sdt garam (yulyan : karena dah pake margarine yang notabene asin, jadi garamnya ku omit)

isi : 
1 resep Vla Napoleon
Buah-buahan sesuai selera.

Method :
  1. Crust : masukkan biskuit dan oatmeal dalam food processor, proses hingga halus.
  2. Campur bisluit bersama mentega, putih telur, brown sugar, dan garam. Aduk rata hingga adonan berbutir seperti pasir.
  3. Masukkan dalam loyang pie bongkar pasang (atau cetakan pie yang kecil-kecil), ratakan sambil sedikit ditekan-tekan. Tusuk-tusuk bagian permukaannya dengan garpu. Oven dengan suhu 180 deg C selama kurang lebih 15 menit.
  4. Masukkan Vla kedalam kantong segitiga, gunting ujungnya dan semprotkan kedalam pie. Hias dengan buah-buahan segar sesuai selera.

Well.....have nice day fellows....and Stay cooking with love...

-eeyand-

Kamis, 19 Januari 2012

Rempeyek Kacang, Pecel Dan Tumis Daun Pepaya - Cooking With Mom

Baru kali ini posting yang judulnya borongan, special pulak. Karena edisinya adalah Cooking With Mom.... yuppp, lagi ada mami ma papi di rumah. Seneng dong, bisa masak bareng...hehhe...tapi biasanya kalo ada mami aku cuma jadi penonton...memperhatikan dan mencatat resep turun temurun yang sebetulnya lebih banyak pake feeling dari pada sendok ukur...hehehhe. Tapi untuk bikin rempeyek nya, aku sempet nyatet ukuran bahan yang dipake ma mami. Tapi utnuk yang lainnya...ya maap... silahkan dikira-kira sendiri...hehhe *nyengir...


Nahhh..ini nih rempeyek andalan mami...cantik bukan???? rasanya krenyessshhhhh....bikin suasana jadi rame..^^...apalagi dijadiin temen makannya pecel...haduww seger benerrrrr!!!!!


Rempeyek Kacang

Ingredients :
2 cup tepung beras
1 cup tepung tapioka
2 sdm telur
3 bh daun jeruk,iris tipis
250 ml air atau lebih, sesuaikan dengan tingkat kerenyahan yang diinginkan. Tambahkan airnya sedikit demi sedikit.
1 cup kacang tanah, belah dua

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 lbr daun jeruk
1/4 sdt ketumbar bubuk
1/2 ruas jari kunyit (optional)
4 bh kemiri
garam secukupnya.

Method :
Campur semua bahan kecuali kacang tanah, aduk hingga halus dan tidak berindilan. Ambil sebagian adonan, taruh di mangkok yang lebih kecil lalu beri sebagian dari kacang tanah, masak dengan cara menyendokkan adonan dan menuangkannya pada sisi wajan. Siram-siram dengan minyaknya hingga bisa terlepas. Goreng hingga renyah. Setelah adonan yang didalam mangkuk kecil habis,kembali isi dengan sedikit adonan dan kacang tanah, dan ulangi tahapan berikutnya hingga adonan habis.

Mudah-mudahan bisa dimengerti ya...bahasanya..heheh. Kenapa harus dipisahkan antara adonan dan kacangnya??? Jadi menurut mami, kalau kacangnya dari awal sudah dicampur dengan adonan, kacang akan menjadi terlalu lembek karena menyerap air dari adonan...jadinya kurang renyah. Nah kalau di ambil sedikit-sedikit, maka lama dia didalam adonan hanya sebentar, jadi saat digoreng akan lebih renyah. Begitu kata beliau...^^


Dan teman makannya yang paling cocok ya ini...PECEL. Tadinya mau bikin bumbu pecelnya sendiri, tapi berhubung aku masih punya bumbu pecel siap pakai dilemari es...ya gak jadi deh...mending dihabisin dulu aja stock yang ada. Tapi aku sempet nanya ma mami bumbu-bumbu untuk bikin bumbu pecel. Dan kayaknya bakal dicoba deh kapan-kapan...cuma ya mohon maaf,seperti yang udah dijelaskan diatas...ukurannya pake ilmu kira-kira bin feeling... :P

Bumbu Pecel

Ingredients :
Kacang tanah, goreng hingga matang
Bawang putih
Cabe
Kencur
Daun Jeruk
Gula merah
Garam
Asam jawa
Air

Method :
Haluskan kacang tanah, sisihkan. Haluskan bawang outih, cabe, kencur, daun jeruk, gula merah, dan garam, tambahkan kacang tanah, air asam dan air. Aduk hingga rata. 

Kapan-kapan mesti nampang nih di blog ini bumbu pecel bikinan sendiri...ditunggu aja ya...hehhe *GR sok ada yang nunggu... :D


Hari sebelumnya sempet dibikini tumis daun pepaya. Kalo mami sukanya dikasih campuran daun singkok agar menyamarkan rasa pahit dari daun pepaya. Apalagi kalo dikasih udangnya banyak..wuuuiiihhh...tambah mantebbbb dehhh...


Tumis Daun Pepaya

Ingredients :
Daun pepaya, siangi, rebus hingga matang lalu iris tipis
Daun singkong, siangi, rebus hingga matang lalu iris tipis.
Udang
Lengkuas
Daun Jeruk
Gula 
Garam
Cabe merah, iris tipis
Cabe rawit, utuh

Bumbu Halus:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe Merah
Cabe Rawit
Jahe

Method :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe merah iris, cabe rawit utuh, daun jeruk, dan lengkuas. Masukkan udang masak hingga berubah warna. Tambahkan sedikit air masak hingga mendidih. Lalu tambahkan daun pepaya dan singkong aduk rata, tambahkan gula dan garam secukupnya, masak hingga matang.

*menghela nafas.... mantebb dah menu dua hari ini...berasa pulang kampung..heheh. secara kalo hari-hari biasa jarang banget bikin yang beraroma pedas begini. Soalnya makannya males nggak ada temannya. Sedangkan anak-anak masih belum bisa makan pedes. Jadi pas ketemu temen makan pedess... maknyosss... rasanya..^^

Well...have a nice day with your family fellows!!!! And Stay cooking with love...

-eeyand-

Minggu, 15 Januari 2012

Pumpkin Muffin

Hari Sabtu kemaren, pas lagi jalan-jalan ma anak-anak....nyempetin mampir bentar ke Times book store. Langsung menganga liat buku-buku impor harganya yang murah-murah, kirain lagi ada promo...pas ditanya ke penjaganya, katanya emang dari distributornya segitu harganya. Wooowww.... gak mau keabisan dong ya...mumpungggg!!!!! berhubung tanggalnya dah setengah tuwirr, ya sutralah, ambil satu dulu...bulan depan disatroni lagi..^^. Girangggg bukan main, dapet buku impor The Complete Book Of Baking setebal 250 halaman hanya dengan harga 55 ribu... *beneran murah gak sih??? xixixii. Dan langsung dioprek-oprek buat dicobain. Kebetulan punya stock labu kuning sisa bikin Pumpkin Pie kemaren ...sebelum keburu basi....buru-buru diolah biar gak mubazir. Dan yang dipilih adalah Pumpkin Muffin, sekalian besok buat sarapan dan bekal snack abang kesekolah.


Pumpkin Muffin
Source : The complete book of baking

Ingredients :
1/2 cup butter or margarine, at room temperature
2/3 cup soft dark brown sugar
4 tbsp molasses (yulyan : substituted with honey)
1 egg, at room temperature, beaten
225 gr cooked or canned pumpkin
2 cups all purpose flour (yulyan : 1 cup all purpose flour and 1 cup whole wheat flour)
1/4 tsp salt
1 tsp baking soda
1 1/2 tsp ground cinnamon
1 tsp freshly grated nutmeg
2 tbsp currants or raisin
(yulyan : I added 1 tbsp ground flaxseed)


Method :

  1. Preheat oven to 200 deg C. Grease 14 muffin cups or use paper cases.
  2. With an electric mixer, cream the butter or margarine until soft. Add the sugar and molasses and beat until light and fluffy.
  3. Add the egg and pumpkin and stir until well blended.
  4. Sift over the flour, salt, baking soda, cinnamon, and nutmeg. Fold just enough to blend, do not over mix.
  5. Fold in the currant or raisins.
  6. Spoon the mixture into the prepared muffin cups. filling them three-quarters full.
  7. Bake until the tops spring back when touch lightly, 12-15 minutes. Serve warm or cold. (Or you can bake until the skewer inserted to the center comes out clean).





Stay cooking with love....

-eeyand-

Cwie Mie

This is my entry for Monthly Event #6 of Pawon Ibu!!!!! Temanya bulan ini adalah All About Noodle. Dan pengen bikin yang khas jawa timur...ya ini salah satunya, Cwie Mie....makanan khas kota Malang. Hampir sama dengan mie ayam dalam hal penyajian....tapi tetap berbeda dalam kekhasan rasanya.


Cwie Mie
Source : Jajanan Jawa Timur, seri masak femina PRIMARASA

Ingredients :
400 gr mie keriting kering
8 lbr kulit pangsit
Minyak goreng
Daun selada
2 sdm bawang goreng
1 sdm seledri iris halus
1 sdm daun bawang, iris halus
Sambal cabai rawit

Taburan :
2 sdm minyak goreng
1 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
100 gr daging ayam,cincang halus
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam
1 sdt kecap asin

Kuah :
1 sdm minyak goreng
4 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt jahe parut
1.000 ml kaldu ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
8 butir daging sapi


 Method :
  1. Didihkan air dalam panci, masukkan mie kering. Masak sampai lunak, angkat, tiriskan (yulyan : setelah mie matang aku campur mie dengan menggunakan minyak ayam). Goreng kulit pangsit di dalam minyak panas sampai kering, angkat, tiriskan.
  2. Taburan : panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, aduk sampai daging ayam berbutir-butir. Masukkan kecap asin, aduk rata, angkat. Haluskan daging ayam tumis dengan food processor hingga berbutir halus, sisihkan.
  3. Kuah : panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe sampai harum, angkat. Masukkan kedalam kaldu, didihkan. Tambahkan garam, merica, dan bakso. Masak sampai bakso mengapung, angkat.
  4. Penyajian: taruh 2 lbr daun selada di dalam mangkuk. Masukkan mie dan 1 sdm taburan. Taburi bawang goreng, daun seledri, daun bawang diatasnya. Taruh kuah dalam mangkuk terpisah. Sajikan selagi panas bersama kuah, kulit pangsit goreng dan sambal cabai rawit rebus.

Stay cooking with love.....

-eeyand-


Kamis, 12 Januari 2012

Pumpkin Pie

Ini adalah kali pertama aku bikin pumpkin pie. Resepnya didapat dari majalah yang dah lupa juga apa namanya. Ceritanya begini......tepat dihari ayah keluar dari rumah sakit setelah operasi radang usus buntu, sekitar dua minggu yang lalu, Ayah minta dianter ke salon....hahha...ntar dulu, bukan genit ya.... tapi karena rambut dah nggak sopan lagi gatalnya. Bayangin aja....*pasang tekunjuk di jidat, biasanya tiap mandi keramas...ini dah 4 hari nggak keramas. Boro-boro mau keramas...mandi aja cuma dilap, jadi kebayang kan gatel nya gimana.??? Jadi saat keluar dari rumah sakit yang pertama di tuju adalah salon!!!!!!...ehhehe. 

Nah...pas si ayah lagi asyik dikramas.... iseng-iseng buka majalah yang numpuk disitu, ya...yang dibuka ya apalagi...bagian resep pastinya..^^. Inget banget rubriknya adalah tentang sarapan favorite para selebritis dunia... *pas itu rada "doeenkk!!!" juga bacanya....emang penting ya tau sarapannya artis???? hahhah...whatever!!!!!. Dan cuma satu yang bikin tertarik untuk nyoba...ya pumpkin pie ini, bukan karena arteess nya...tapi karena ingredients nya. Woowww...kayaknya nih pie bakalan jadi low kalori nih....dan akhirnya keluarin notes dannn CATETTT!!!!!


Dannn....setelah berhasil mencobanya *ketawa bahagia... yang paling aku suka adalah crust nya, enak bangetttt!!!! biskuit tawar nya aku ganti ma biskuit gandum ditambah dengan oatmeal dan brown sugar, duhhhh.... renyah dan pas manisnya...enak deh!!!. Untuk filling nya......mmmmm....berhubung ini adalah kali pertama, lidahnya rada bingung...biasa makan bakwan dikasih pumpkin pie...hahhahah. Rasa rempahnya buat aku kerasa banget, pas dirasa-rasa.....enak sih.... wanginya khas rempah banget, cuma belum biasa aja...xiixixixiix *nyengirrr. Dan setelah browsing-browsing cari tau rasa aslinya...ya memang begitu. 

Pemakaian bumbu rempah yang lengkap seperti jahe, cengkih, allspice, pala, bunga pala, kayu manis merupakan cara untuk memberikan aroma wangi alami. Selain itu rempah juga sangat baik untuk memberi rasa hangat di saat musim dingin mulai.Rahasia kelezatan pie ini terletak pada labu parangnya. Harus dibuat dari labu parang yang tua agar adonannya kental. Labu dipotong atau dibelah dua kemudian dipanggang selama beberapa jam hingga lembut. Jika dikukus labu akan berair dan pie pun tidak akan lembut kental teksturnya. (http://www.detikfood.com)


Nahhhhh.... statement yang terakhir itu yang baru aku tau juga. Ternyata beda kalo labunya dipanggang ma dikukus. Masuk akal juga sih....kalo yang dikukus pasti akan lebih banyak mengandung air ketimbang yang dipanggang. Hehhehe...ini judulnya telatttt....udah bikin baru cari tau....hhhwwwaaaa... *tepok jidat!!!. Well... pengalaman adalah guru terbaik....*klasik bangett sihhh!!!, tapi minimal hari ini lidah saya sudah terbang ke belahan dunia yang berbeda.




Ingredients :


crust:
150 gr biskuit tawar (yulyan : pake biskuit gandum)
125 gr mentega tawar (yulyan : dah kehabisan stock butter...jadi aku ganti aja pake margarine)
3 sdm putih telur ayam
125 gr oatmeal
3 sdm brown sugar
1/8 sdt garam (yulyan : karena dah pake margarine yang notabene asin, jadi garamnya ku omit)


Filling :
300 gr labu kuning (daging), kukus, haluskan
4 putih telur (150 ml)
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
1/8 sdt cengkeh
1/8 sdt pala
2 sdm susu bubuk
1 bh vanili batangan (yulyan : pake 1 sdt extract vanilla)
3 sdm brown sugar




Method :

  1. Crust : masukkan biskuit dan oatmeal dalam food processor, proses hingga halus.
  2. Campur bisluit bersama mentega, putih telur, brown sugar, dan garam. Aduk rata hingga adonan berbutir seperti pasir.
  3. Masukkan dalam loyang pie bongkar pasang, ratakan sambil sedikit ditekan-tekan. Tusuk-tusuk bagian permukaannya dengan garpu. Oven dengan suhu 180 deg C selama kurang lebih 15 menit.
  4. Filling : Campur semua bahan, kocok hingga rata. Masukkan adonan isi kedalam kulit pie, panggang kembali 20 menit hingga matang.

Stay cooking with love.....

-eeyand-

Rabu, 11 Januari 2012

Pisang Goreng Pasir

Sore-sore.... hujan-hujan...enaknya makan yang anget-anget. Tadi pagi ditawari pisang kepok ma tukang sayur, cuma masih setengah mateng...belum mateng banget. Katanya "kalo dibikin pisang goreng yang dipenyet dulu dah pas ini bu!!!"..... jadi kepincut juga deh, ya belilah akhirnya. Dijalan, pas jemput sekolah abang...tiba-tiba... *clinkkkkk!!!!...  kayak ada peri yang ngetok kepala sambil ngomong "pisang goreng pasir!!!!"...hehhe. Akhirnya sampe rumah sempet serching-serching sebentar dan langsung nguplek di dapur.


Dari hasil searching-searching tadi....aku coba combine sendiri bahan-bahan yang ada. Dan hasilnya..... "MAK krenyesshhhhhh!!!!".... rasanya nggak kalah ma yang suka dibeli di cibubur. Kalo Ayah pulang nanti dan ngeliat si pisang ini, pasti nanya "Bunda abis dari cibubur???" hahhaha.... secara kita sering banget beli pisang goreng pasir disana.


Ingredients :
12 bh pisang kepok setengah matang
200 gr tepung terigu
2 sdm gula halus
2 sdm susu bubuk
1/4 sdt garam
200 ml air
200 gr breadcrumbs
Minyak untuk menggoreng

Method :

  1. Kupas pisang, lalu letakkan diantara dua buah plastik. Tekan pisang perlahan dengan menggunakan talenan hingga pisang pipih. Sisihkan.
  2. campur tepung, gula, susu bubuk, garam, dan air. Aduk hingga licin dan rata. 
  3. Masukkan pisang kedalam adonan tepung, lalu masukkan kedalam breadcrumbs. Bubuhi kedua sisinya hingga seluruh bagian pisang tertutup breadcrumbs.
  4. Goreng pisang hingga kecoklatan. Sajikan hangat.

Note : Jika pisang yang dipakai terlalu matang, lebih baik pisang diiris tipis menyerupai kipas. 

Mmmm....dan sore ini...aku dan anak-anak menikmati pisang goreng pasir buatan bunda dengan secangkir coklat panas....yummy!!!!!! Stay cooking with love....

-eeyand-

Selasa, 10 Januari 2012

Gepuk Daging Sapi


Saatnya kembali meramaikan Indonesia Food Party. Kali ini setornya Gepuk Daging Sapi, sebetulnya ada beberapa resep gepuk dengan kombinasi bumbu yang berbeda-beda, tapi yang saya pilih adalah resep gepuk yang paling sederhana dan nggak pake ribet...hehhe, soalnya saya juga sukanya yang simple..simple aja, yang penting adalah rasanya...enakkk!!!!!! Tadinya pengen bangettt...bikin Gado-gado siram khas Surabaya, tapi kebetulan lagi bikin gepuk...yaaa sudahlah, yang ini aja disetor dulu. Semoga bulan depan bisa bikin Gado-gado siram buat event IFP.


Ingredients :
500 gr daging sapi
1/2 btr kelapa, ambil 100 ml santan kentalnya (Yulyan : pake santan instant)
garam secukupnya
1 sdm air asam
2 lbr daun salam
1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan

Haluskan :
6 btr bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdm gula merah, sisir


Method :
Rebus daging sapi setengah matang. Angkat dan sisihkan air kaldunya. Potong agak tipis dan lebar, memarkan. Rebus bumbu halus bersama air kaldu rebusan daging dan santan. Tambahkan garam, air asam, salam dan lengkuas. Masukkan daging , rebus hingga daging empuk dan bumbu meresap. Angkat. Setelah dingin, goreng daging hingga kecoklatan.

Dan lebih nikmat disajikan dengan nasi hangat, sambal dan lalapan. Stay cooking with love......

-eeyand-


Lemon Poppy Seed Cookies





Hhhhhfffttttttt......!!!!! *ambil nafas dulu, sedih kalo ingat nih cookies...bikinnya pas weekend kemaren, maunya bikin healthier cookies, ehhhh...kok malah encerrrrr...cerrr adonannya. Salah akunya sih...hehhe *ngaku. Resep aslinya nyontek dari site nya tante Martha Stewart. Cuma tepungnya aku combine antara tepung terigu protein rendah dan whole wheat flour. Dan gulanya aku ganti pake madu. Nahhhh...ini masalahnya, madu kan cair ya....kok jumlah cairannya dari fresh lemon juice nya nggak aku kurangi...ya iya jadinya encer *sebetulnya nggak encer kayak air gitu tapi lembek. Walhasil ngovennya lama....hampir 30 menit-an dengan suhu yang lebih rendah dari yang ditentukan resep, karena biar gak gosong. Yaaaa....pengalaman emang guru terbaik, next bisa lebih pay attention kalo mau substitute ingredients...but overall, rasanya seger karena judulnya aja dah lemon cookies...pastinya ada asem-asemnya gitu dong ya...^^.





Lemon Poppy Seed Cookies
Ingredients
·         1/4 cup fresh lemon juice
·         3 1/2 teaspoons freshly grated lemon zest (2 to 3 lemons)
·         8 ounces (2 sticks) unsalted butter
·         2 cups all-purpose flour (yulyan : 1 cup low-protein flour, 1 cup whole wheat flour)
·         1 teaspoon baking powder
·         1/2 teaspoon salt
·         1 1/2 cups sugar (yulyan : 3/4 honey, but I suggest to replace it with brown sugar instead of honey, so that the batter is not to soft)
·         1 large egg
·         2 teaspoons pure vanilla extract
·         1 tablespoon poppy seeds, plus more for sprinkling (yulyan : I also added 1 tbs ground flaxseed)


Directions
  1. Preheat oven to 375 degrees. Bring lemon juice to a simmer in a small saucepan over medium heat; cook until reduced by half. Add 1 stick butter; stir until melted.
  2. Whisk together flour, baking powder, and salt. Cream remaining stick butter and 1 cup sugar on medium speed in the bowl of an electric mixer fitted with the paddle attachment. Mix in egg and lemon butter. Mix until pale, about 3 minutes. Mix in vanilla and 2 teaspoons zest. Mix in flour mixture and poppy seeds.
  3. Stir together remaining 1/2 cup sugar and 1 1/2 teaspoons zest. Roll spoonfuls of dough into 1 1/2-inch balls; roll them in sugar mixture. Place 2 inches apart on baking sheets. Press each with the flat end of a glass dipped in sugar mixture until 1/4 inch thick. Sprinkle with seeds.
  4. Bake until just browned around bottom edges, 10 to 11 minutes. Transfer to wire racks; let cool completely. Store in an airtight container up to 1 week.


Stay cooking with love.....

-eeyand-

Senin, 09 Januari 2012

Healthy Morning Muffin


Finally!!!!!! bisa baking lagi....dah kangen banget ma mixer and oven. Dua minggu kemaren, full ngurusi ayah dan anak-anak. Rencananya liburan sekolah kemaren mau ngajak abang ma adek liburan ke Bandung, si abang ngotot minta ke museum geologi. Tapi Qadarallah...ternyata pas hari minggu, sehari setelah abang terima raport, ayah sakit....dan malam itu juga harus dioperasi. Ayang kena Apendisitis atau Radang Usus Buntu. Jadilah kita semua boyongan ke RS karena anak-anak nggak ada yang jagain dirumah. Dan rencana liburannya, GAGAL!!!!!!!.

Tapi sebelum masuk sekolah, abang masih sempet ngerasain liburan...walau seadanya...^^, tapi toh dia juga cukup senang...karena kita sempat jalan-jalan ke TMII nonton di Keong Mas, dan ke Museum IPTEK. Yaaa.... liburan nggak harus mahal....yang terpenting adalah semua bisa berkumpul dan senang. Dan Alhamdulillah per hari ini ayah sudah masuk kantor...walaupun belum sehat sepenuhnya, mudah-mudahan kondisi ayah segera kembali fit seperti biasanya.


Balik lagi ke muffin, muffin yang satu ini beneran dijamin sehat...sama seperti namanya. Ada wortel, pisang, oatmeal, kismis, dan aku juga tambahkan flaxseed yang kaya akan omega 3. Bener-bener menu yang cocok untuk sarapan, ataupun cemilan. Bikinnya juga nggak ribet, dan sama seperti cara aku bikin muffin seperti biasanya. Cuma campur..campur..campur...oven selesai..^^


Dan.... hari ini pula kembali ke rutinitas, si abang mulai sekolah,ayah mulai kerja, bundanya juga mulai sibuk masak dan bikin bekal sekolah buat abang....dan adek??? mmmmm....sepertinya dia kehilangan teman bermainnya selama dua minggu ini...ayah dan abang...hehheh. Well....have a nice great day friends!!!!!..


Stay cooking with love....

-eeyand-

Rabu, 04 Januari 2012

Tumis Ikan Pari Asap


Ikan Pari atau di tempat kelahiran saya Surabaya biasa di sebut Iwak Pe, lebih sering dijumpai dalam bentuk yang sudah di asap. Wanginya, bagi sebagian orang, tercium kurang enak. Tapi buat saya....woooo...tetap tercium sangat menggouda...hehe. Biasanya ibu saya mengolah ikan ini dengan cara dikotho', yaitu dengan cara dimasak kuah santan dengan bumbu bawang merah, putih, dan cabe yang diiris kemudian ditumis. Biasanya ditambahkan tahu dan petai sebagai campurannya. Hmmmm.....bisa ngabisin nasi sebakul kalo dan begitu. Tapi yang saya masak ini lebih simple, cuma ditumis aja...dan saya suka sekali dengan bumbu irisnya yang buanyakkkk.....kalo dimakan sama nasi anget, hadeeewwww..... nikmeeehhhhh dechhhh.


Sebetulnya semua ukuran bahan diatas bisa disesuaikan dengan selera, suka-suka aja....mau lebih pedes, atau nggak...tinggal bagaimana selera. Jadi menurut saya, nggak ada patokan khusus dalam masak, maen feeling aja...tapi berhubung saya posting resep ini di blog yang notabene adalah food blog...kok rasanya kurang afdol ya kalo gak ada ukurannya. Tapi yang penting, cooking with love.... itu adalah jompa-jampi paling ampuh untuk menciptakan masakan yang lezat!!!!!!!.


Stay cooking with love.....

-eeyand-

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...