" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 20 Desember 2010

Bolu Kukus (Steamed Cake)

Wow....long time not bloged !!!!!! udah sebulan lebih nggak pernah posting, padahal antrian postingannya dah banyak banget.... huhh... Love to make lazy to post...!!! dan, akhirnya bloging lagi.. :D. Belakangan ini seneng banget bikin bolu kukus. Gak tau kenapa, mungkin karena aku adalah pemuja simple cake, jadi rasanya cocok banget sama nih kue. Apalagi waktu ngukusnya juga gak lama... cuma 10 menit, ditinggal beres-beres dan cuci piring...selesai deh. Saatnya...selonjoran sambil menikmati bolu kukusnya...


Saking senengnya sama nih kue, aku udah bikin 4 kali dan hasilnya bagus-bagus...mekar-mekar oke banget deh. Sebetulnya ada dua resep, tapi aku lebih suka dengan resep kedua dibandingkan dengan resep pertama. But overall...dua-duanya yummy, tinggal pilih sesuai keinginan dan kebutuhan saja.
RESEP PERTAMA


Bolu Kukus 200
Source : NCC

Bahan :
200 gr   gula pasir
2 btr      telur
200 gr   tepung terigu
200 ml  air soda (misal: Sprite)
1 sdt     emulsifier (misal: SP)

Cara membuatnya:
  1. Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.
  2. Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.
  3. Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
  4. Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit.
RESEP KEDUA


Bolu Kukus 10 Menit
Source: NCC

Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan
1 sdm   emulsifer
1 sdt     essence pisang
Cara ke-1:
  1. Kocok semua bahan 10 menit, tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit
Cara ke-2 :
  1. Campur tepung terigu dan baking powder double acting (BPDA), ayak, sisihkan.
  2. Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk hingga rata, beri essence, aduk rata.
  3. Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang kedalam cetakan, kukus selama 10 menit.
Karena pengen ada rasa yang berbeda, iseng-iseng aku coba tambahkan syrup orange concentrate dan poppy seed pada bolu kukusnya. Dan ternyata hasilnya juga oke banget loh, rasanya jadi segar aroma orange..mmmm, boleh banget dicoba kalo lagi bosen sama bolu kukus konvensional.


Stay Cooking With Love....

-eeyand-

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...