" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 05 Mei 2017

Baking Seru dan Mudah Dengan Mixer Vicenza (Banana Boston Cream Cake)

Bismillah,
Alhamdulillah akhirnya setelah sekian lama saya bisa kembali menulis di blog ini. semoga blog ini masih memberikan maanfaat ya... :)

Ceritanya 2 minggu yang lalu Saya berkunjung ke event yang kalo saya tidak salah adalah event tahunan yaitu Big Bad Wolf Book Sale. Event dimana buku-buku baik dalam negri maupun luar negri di jual dengan harga yang miring (diskonnya sekitar 60-80%). gak mau ngelewatkan kesempata ini dong, secara buku-buku masakan dari luar nya menarik-menarik banget dan harganya nggak bikin kantong bolong, kecuali kalo kalap trus borong sekeranjang siiiiih... tetep jebol tuh kantong....hehehhe. 

The Humming Bird Bakery Home Sweet Home, inilah salah satu buku yang saya beli. 100 resep cake, cupcake, pie, dan aneka dessert manis lainnya siap dicoba di buku ini. Karena penasaran, nggak pake nunggu lama saya coba salah satu resep dalam buku ini, Bingung bener milih resep mana yang mau dicobain, keliatannya enak semuaaaa...heheh, dan tampilannya sangan menggoda hati..cantiiik!. Akhirnya saya pilih Banana Boston Cream Cake yang merupakan salah satu varian cake dengan kombinasi buah pisang. Bikinnya simple sih, nggak ada yang susah cuma memang butuh kesabaran karena stepnya lumayan banyak. 








Yang special lagi, baking Saya kali ini ditemani dengan mixer Vicenza VSM100 (Stand Mixer). Mixer yang hadir dengan 7 tingkat kecepatan ini sangat ideal untuk mencampur, mengocok dan mengaduk. Tujuh pilihan juga memudahkan saat hendak mengatur pencampuran adonan menjadi lebih merata. Dengan daya listrik 350 watt dan kapasitas besar 4,2 liter mixer ini dapat membuat adonan lebih banyak secara sekaligus dan menghemat waktu. Bodinya dan berbagai aksesorisnya dibalut dari stainless steel yang tak hanya memberikan tampilan modern namun juga membuatnya anti karat dan tahan lama. Mixer ini dilengkapi dengan 1 pengaduk adonan, 1 buah penghancur dan 1 pengocok yang terbuat dari bahan stainless steel. Pengaduk adonan mempermudah semua kerja keras dalam menguleni adonan berat, seperti roti dan pizza. Pengaduk adonan akan mendistribusikan ragi secara merata sehingga gluten tepung akan mengembang dengan maksimal. Mixer memiliki desain yang simpel dengan warna putih. Pengocok dan pengaduk adonan dapat dipisahkan dari badan mixer sehingga dapat dibersihkan dengan cepat dan mudah. Seru kaaaannnn..... !!!!

Yuk ahhh... langsung aja cek resepnya! 
Btw, saya bukan penyuka manis, jadi resep yang ada dalam buku jumlah takaran gulanya selalu saya kurangi.


Banana Boston Cream Cake
Source : The Humming Bird Bakery Home Sweet Home
(Saya terjemahkan dari resep asli)


Bahan-bahan (untuk cake) : 100 gr mentega tawar, suhu ruang 150 gr gula kastor 2 btr telur 1 bh pisang, tumbuk 125 gr soured Cream (Saya ganti pakai set yogurt) 1 sdt ekstrak vanili 300 gr tepung terigu 1/2 sdt garam 3/4 sdt baking powder 1 sdt Baking Soda
Cara membuat (untuk cake) :
  1. Panaskan oven sampai 170 deg celcius. siapkan loyang cake dengan diameter 20 cm. yang sudah dialasi dengan kertas roti dan dioleh mentega. sisihkan.
  2. Menggunakan mixer, kocok mentega dan gula bersama sampai ringan dan mengembang. Tambahkan telur satu per satu aduk rata .
  3. Dalam tempat terpisah, campurkan pisang yang sudah dihaluskan dan ekstrak vanila. ayak tepung, garam, baking powder dan baking soda.
  4. Dengan kecepatan sedang, tuangkan campuran soured cream ke dalam campuran mentega dan gula dan aduk rata untuk memastikan semua bahan tercampur. Tambahkan bahan kering dan aduk hingga adonan rata.
  5. Bagi adonan antara dua loyang dan oven selama 25-35 menit. Periksa kue yang dimasak dengan tusuk sate. cake harus ringan dan memantul kembali saat sedikit ditekan.
  6. Angkat dari oven dan biarkan dingin dengan sempurna.
Bahan-bahan (untuk custard)

250 ml susu utuh
1 sdt ekstrak vanili
3 btr kuning telur
50 gr gula kastor
15 gr tepung terigu
15 gr tepung maizena

Cara membuat (untuk custard)
  1. Rebus susu dan vanilla ekstrak.
  2. Dalam mangkuk, campurkan kuning telur dengan gula, tepung dan tepung maizena sampai membentuk pasta. Anda juga bisa menambahkan sejumlah kecil susu untuk mengencerkan campuran tepung.
  3. Setelah susu siap, tuangkan perlahan ke dalam mangkuk dengan campuran telur dan kocok sampai benar-benar tergabung.
  4. Tuangkan kembali ke dalam panci dan masak dengan api sedang, aduk terus, hingga membentuk cream yang kental. Prosesnya tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit.
  5. Setelah dimasak, tuangkan custard ke dalam mangkuk dan tutup dengan cling wrap untuk mencegah pembentukan lapisan kulit.
Note : Untuk adonan Custard ini saya tambahkan pisang yang dihaluskan biar rasa pisangnya makin terasa dan untuk tepung terigu dan maizenanya saya juga tambahkan masing-masing 1/2 sdm. tapi ini optional yaaaaa... :)





Bahan (untuk ganache) 

300 gr dark cooking chocolate 
300ml krim kental

Metode (untuk ganache) 

Tuangkan krim ke dalam panci masak di atas api sedang dan didihkan. 
Pecah cokelat menjadi potongan kecil ke dalam mangkuk. 
saat cream telah panas, tuang ke atas coklat dan biarkan selama beberapa menit. 
aduk rata untuk melelehkan semua coklat.

Menghias Cake
 
Setelah cake dan custard telah dingin, mulailah merakitnya. Tempatkan salah satu cake pada piring dan tuangkan custard di atasnya. Ratakan dengan pisau palet dan pastikan seluruh permukaannya tertutup. Tumpuk atasnya dengan cake lainnya. Bungkus kue dalam cling wrap dan taruh di lemari es untuk selama 45 menit lagi. Setelah itu selesai, keluarkan kue dari lemari es dan lepaskan cling wrapnya. letakkan cake di rak kawat yang telah ditata di atas loyang dan tuangkan ganache ke atas nya, pastikan seluruh kue sudah tercakup. Ulangi prosedur jika diperlukan. Terakhir, beri hiasan coklat serut diatasnya.

















I'm not the master in decorating a cake.... jadi tolong dimaafkan penampilan cake yang apa adanya ini... hahhaha. yang penting rasanya enak, itu sudah cukup banget lah.. :D. Tekstur dari cake ini padat ya...tapi nggak bantet, nggak kayak cake yang ringan membul2 itu. Kenyang banget makan se slice aja. 
BTW, itu tier cake juga dari Vicenza lho,,,, elegany banget ya.. simple tapi cantiiiik. cocok juga buat taruh cupcake2 unyu. Ini aslinya susun 3, tapi bisa banget dipakai sesuai keperluan. Nih contohnya saya pakai juga buat cupcake... dihias dengan bunga-bunga dan dedaunan bisa jadi cakep banget untuk center piece di acara-acara special.



Oke deeeh... sekian dulu sharing nya hari ini... semoga bermanfaat ya.. Stay cooking with love!!

-eeyand-

Kamis, 04 Februari 2016

Belanja Tanpa Repot Dengan Mumu




Yang namanya Jakarta kayaknya identik banget dengan macet, dan macet itu menurut Saya bikin kita tua sebelum waktunya... hehe. Mau ke kantor macet, ke kampus macet, belanja macet.... malesin banget kan? Trus gimana dooong.... kan macet-macet juga tetep harus ke kantor, tetep harus kekampus, atau tetep harus nganter sekolah.... Yaaa, kalo yang itu sabar aja deh, semoga pemerintah bisa punya solusi buat menyelesaikan masalah itu. Tapi kalo belanja? hei....., sekarang itu sudah ada Mumu lhooo... online groceries yang bikin belanja gak pake repot!!. 

Yang kamu butuhkan cuma list belanjaan, dan koneksi internet, lalu biarkan jarimu berbelanja dehh!! Dijamin bebas macet, bebas ngantri, bebas nyari tempat parkir dan biayanya karena kamu bisa belanja kapan aja dan dimana aja kamu mau. Misal pas lagi dikantor trus inget besok belum ada bahan makanan untuk bikin sarapan, atau pas lagi nyantai dirumah main bareng anak-anak tapi butuh belanja ke supermarket. Tinggal ambil HP kamu, buka browser dan ketik www.mumu.id dan kamu sudah bisa belanja cukup dengan ujung jarimu. Asyik kaaan... waktu kita nggak hilang percuma dan kebutuhan belanja kita tetap bisa terpenuhi. Tinggal tunggu satu jam belanjaan siap dikirim ke tempat kita. 




Cara belanja di Mumu gampang banget, Yang pertama Sign in, lalu pilih lokasi dan siap untuk berbelanja. Di Mumu ada sekitar 40.000 lebih produk yang terjamin yang telah diseleksi oleh shopper terlatih. Setelah kamu puas pilih produk belanjaan kamu, kamu bisa check keranjang belanjaanmu kembali dan total harga nya. Setelah itu check out dan lakukan pengisian alamat, waktu pengiriman, pilihan replacement dari produk yang dibeli jika out of stock dan yang terakhir jumlah biaya yang harus dibayar. Dan selesai, tinggal duduk manis dan tunggu barang dikirim... gampang banget lah caranya!! 


  

Ini dia niiihhhh belanjaan saya di Mumu... Happy banget kalo bisa belanja nggak pake repot gini.. Puas deh!!! Eh.... kalo kita belanjanya minimal Rp.300.000,- kita bisa dapet Free Delivery lhoo...!

Dan pagi harinya Saya siap dengan Muffin Saya untuk sarapan dengan beberapa bahan yang Saya beli dari Mumu kemarin. Yippeee... Banana Oat Cheese anyone??? kalo penasaran dengan muffin Saya ini, silahkan bikin sendiri dirumah yaaa... Saya sertakan resepnya dibawah ini. Selamat mencoba... ;)



Banana Oat Cheese Muffins

Ingredients :
150 gr tepung terigu 
100 gr instant oatmeal
125 gr gula palem
1 1/2 sdt baking powder
3 bh pisang ambon matang ukuran sedang, haluskan
100 gr margarine, lelehkan
2 btr telur
100 gr keju cheddar, parut

Method :
1. Campur tepung terigu, oatmeal, gula, dan baking powder, aduk rata, sisihkan.
2. Campur pisang yang sudah dilumatkan, margarine leleh, dan telur, kocok dengan wisk hingga tercampur rata.
3. Masukkan campuran pisang kedalam campuran tepung, aduk hingga tercampur rata.
4. Tambahkan keju, dan sisihkan sedikit untuk taburan diatasnya. Campur kembali.
5. Siapkan cetakan muffins, alasi dengan paper cup masukkan adonan kedalam cetakan hingga hampir penuh, lalu taburi sisa keju diatasnya.
6. Oven muffins dengan suhu 200 deg C selama kurleb 25 menit hingga matang.
7. Pindahkan muffins keatas rak kawat, sajikan hangat.




Stay cooking with love...

-eeyand-

Minggu, 19 April 2015

Vietnamese Spring Roll



Ada  begitu banyak versi dari vietnamese spring roll, mulai dari pilihan sayuran yang digunakan hingga jenis protein hewaninya seperti ayam, daging panggang atau udang yang direbus sebentar, ataupun kombinasi dari keduanya. Spring roll ini lebih nikmat dihidangkan segera setelah dibuat. Pilih sayuran yang masih fresh dan dalam kondisi yang cukup baik, karena sring roll ini semua sayurannya dikonsumsi dalam kondisi mentah. Sehingga kesegaran dan kebersihannya harus benar-benar diperhatikan.


Ingredients


Salah satu bahan utama dalam spring roll adalah rice paper. Rice paper mempunyai warna putih bersih, bentuknya lingkaran dan tipis seperti kertas mika, tapi setelah dicelupkan ke air dia akan menjadi lembek dan mudah untuk dibentuk. Rice paper ini banyak dijual di supermarket dalam kemasan plastik, dan satu kemasan berisi cukup banyak.




Vietnamese Spring Roll
Untuk 2 porsi


Bahan-bahan :

16 buah udang ukuran sedang, rebus, kupas
8 buah rice paper
8 lembar romaine lettuce 
1 bh timun ukuran sedang, serut kasar
1 bh wortel ukuran kecil, serut kasar
50 gr touge

Dipping Sauce :
2 sdm saus hoisin
2 sdm sambal bangkok
2 sdt kecap ikan
1 bh jeruk nipis, ambil airnya]
cabe rawit, secukupnya sesuai selera, iris tipis
sedikit air untuk mengencerkan (optional)

Cara membuat :

1. Dipping sauce : campur semua bahan saus, aduk rata, sisihkan.
2. Siapkan air hangat dalam wadah, celupkan rice paper dalam air sebentar, lalu angkat dan letakkan diatas alas yang kering. Rapikan lalu beri isian yang telah disiapkan.
3. Letakkan secara bergantian, lettuce, timun wortel touge, dan terakhir udang. Bungkus seperti membungkus lumpia. Lakukan hingga seluruh bahan habis.
4. Sajikan rice paper bersama sauce nya.




Stay cooking with love...

-eeyand-


Kamis, 16 April 2015

Chicken Burger



Burger adalah salah satu makanan kesukaan anak-anak. Membuat burger bersama dengan mereka adalah sebuah momen yang sangat menyenangkan. Anak-anak selalu tertarik dengan hal-hal baru, apalagi hal tersebut biasanya dikerjakan oleh orang dewasa. Nah...memasak bisa jadi hal yang sangat menarik buat mereka. Tetapi satu hal yang perlu diingat tentang memasak bersama si kecil adalah, pilih hal-hal yang sederhana dan tidak berbahaya yang bisa mereka kerjakan. Jauhkan dari barang-barang yang membahayakan seperti pisau dan api (kompor). Karena sangat sederhana, anak-anak akan dengan mudah membuat burger mereka sendiri. Tinggal tumpuk..tumpuk..tumpuk... selesai!. Yukkk, kita buat burgernya.... :).




Chicken Burger


Bahan-bahan :

6 buah roti burger siap pakai
6 lbr daun selada
1 bh tomat ukuran besar, iris tipis
2 bh timun
1 bh bawang bombai, iris tipis
100 gr mayonaise
1 sdt mustard
saos tomat/saus sambal, secukupnya sesuai selera

Chicken patties :
300 gr daging ayam giling
1 btr telur
50 gr bawang bombai, cincang
2 sdm tepung roti
1/2 sdt garam, atau sesuai selera
1/4 sdt lada bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1/4 sdt kaldu ayam bubuk non MSG (optional)
1 genggam daun parsley, cincang halus

Minyak untuk menggoreng, secukupnya

Bahan pencelup :
1 btr telur, kocok lepas

Bahan pelapis :
Tepung roti secukupnya campur dengan daun parsley yang dicincang halus

Cara membuat :

1. Campur semua bahan chicken patties, aduk hingga rata. Bagi menjadi enam bagian yang sama, lalu pipihkan.
2. Celupkan kedalam telur kocok lalu masukkan kedalam bahan pelapis, lapisi patties hingga tertutup rata. lakukan hingga semua habis, sisihkan.
3. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng patties hingga kecoklatan dan matang, tiriskan.
4. Campur mayonaise dengan mustard, aduk rata. siapkan roti burger, letakkan secara berurutan dari bawah, daun selada, patties, tomat, timun, dan bawang bombai, Tambahkan campuran mayonaise dan mustard, lalu beri saus tomat atau sambal sesuai selera. Tangkupkan roti burger nagian atasnya. Sajikan.




Stay cooking with love...

-eeyand-


Minggu, 12 April 2015

Kelezatan Kupat Tahu Saat Menuju Garut

Pemandangan di Situ Bagendit, Garut


GARUT, sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya di timur dan Kabupaten Sumedang di Selatan serta Kabupaten Cianjur dan Bandung di barat. Mempunyai pesona alam yang sangat indah. 

Ini adalah perjalanan pertama Saya ke Garut, Saya berangkat dari Bandung karena sebelumnya menginap dulu di tempat kakak Ipar. Tujuan utama adalah ke Gunung Papandayan. Rasanya sudah tidak sabar aja ingin melihat pemandangan yang menyejukkan mata disana. 

Diperjalanan menuju Gunung Papandayan, Saya bersama keluarga menyempatkan diri untuk mampir makan kupat tahu di pinggir jalan di daerah Leles. Karena berangkatnya pagi dari Bandung jadi belum sempat sarapan. Duuuhhh..... itu makan kupat tahu buat sarapan berasa nikmaaaat banget. Bumbunya legit menggigit, kupatnya lembut dan gak keras, Saya sukaaa!!!!.



Setelah perut kenyang, kamipun melanjutkan perjalanan meuju Papandayan. Sesampainya disana, karena saat itu long weekend pagi-pagi parkiran sudah dipenuhi mobil pengunjung, rameeee sekali!!!. setelah dapat tempat parkir, kamipun jalan menuju ke puncak Papandayan. Belum sampai ke puncak, kami sudah disambut dengan pemandangan yang luar biasa, kabut turun beberapa kali menutupi jalan kami, namun itu jadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Sayangnya saat kami sedang menikmati keindahan itu, kami harus menyerah dengan hujan yang tiba-tiba turun begituuuuu deras. Jalanan setapak dan berbatu menjadi sulit bagi kami untuk menuruni Gunung. Tapi cukup puas dengan apa yang sudah kami nikmati disana, walaupun belum sempat untuk mengeksplor lebih jauh karena hujan. Mungkin lain waktu kami bisa punya kesempatan untuk mengunjungi kembali Papandayan.


Situ Bagendit, Garut

Situ Bagendit, Garut

Aneka macam Chocodot, D'jien dan Tas Kulit, Sukaregang
Hari berikutnya, setelah selesai sarapan dan beres-beres, kami check out dari Hotel menuju Sentra Kerajinan Kulit di Sukaregang, Jl. Ahmad Yani, Garut. Siap-aiap kacamata kuda kalo kesini yaaa...hehhehe. Karena bawaannya pengen boroooong itu tas, jaket, sandal, topi dan pernik-pernik lain dari kulit. Setelah dirasa cukup memuaskan keinginan untuk belanja, perjalanan kami lanjut ke salah satu pusat oleh-oleh Garut yang tersohor, D'jien. Disana kita dimanjakan dengan berbagai macam jenis coklat dan olahannya. Uniknya, coklat yang diberi merk Chocodot ini merupakan perpaduan antara coklat dan dodol garut. Rasa manis legit dan unik karena berpadu dengan dodol. Salah satu olahan coklat lainnya adalah Brodol. Hampir sama dengan Chocodot yang mengkombinasi coklat dan dodol. Brodol ini merupakan kombinasi dari Brownies dan dodol, yang pasti rasanya juga enak!!.

Puas belanja-belanja, perjalan Kami berlanjut ke tujuan berikutnya yaitu Situ Bagendit. Situ Bagendit adalah sebuah Danau yang berada di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Situ Bagendit menawarkan pemandangan Danau yang terhampar luas yang dikelilingi oleh gunung-gunung. 





Menaiki sampan adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan alam di Situ Bagendit, sambil menikmati air kelapa muda yang disajikan langsung dari batoknya yang bisa di beli di tengah-tengah danau.


Situ Bagendit, Garut




Setelah beberapa hari pulang dari Garut, Saya mencoba untuk membuat sendiri Kupat Tahu yang sempat Kami cicipi di Leles, Garut. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya sangat sederhana, dan bisa dipastikan anti gagal karena tingkat kesulitannya rendah. Yukkk kita bikin kupat tahu dirumah.. ;).

Bahan-bahan untuk membuat Kupat Tahu



Kupat Tahu

Bahan-bahan :
3 buah lontong/ketupat,potong-potong
5 bh tahu, goreng, potong-potong
150 gr touge, seduh air panas
2 bh timun (optional, boleh pake boleh tidak)
3 btng daun seledri, iris halus
Bawang merah goreng untuk taburan secukupnya

Bumbu Kacang :
150 gr kacang tanah, goreng
3 siung bawang putih, goreng utuh
3 bh cabe merah besar, atau sesuai selera tingkat pedasnya
1 sdt terasi matang
50 gr gula merah
2 sdt garam, atau sesuai selera
2 sdm air asam jawa
500 ml air

Pelengkap :
Krupuk
Sambal (rebus cabe, lalu haluskan dan tambahkan sedikit air dan garam)

Cara membuat :
1. Bumbu kacng : campur semua bahan bumbu dalam blender, lalu blender hingga halus. Panaskan wajan lalu masak bumbu dengan api sedang hingga matang dan berminyak.
2. Tata bahan-bahan kupat tahu dalam piring, siram dengan bumbu kacang, taburi dengan seledri dan bawang merah goreng.
3. Sajikan kupat tahu bersama krupuk dan sambal.





Stay Cooking with love....

-eeyand-


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...