" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Kamis, 12 Desember 2013

Brownies Pie


Ceritanyaaaaa..... kemaren bikin sup bola ikan dan batagor karena paginya beli tenggiri di tukang sayur. Nah...bikin bola ikan dan batagor itukan cuma butuh putih telor, jadi kuningnya nyisa deh. Sampeeee sore belum tau itu 2 kuning telor dibuat apaan, gonglong...googling...googling... eh, kok pengen bikin brownies pie yaaa. Pas banget, resep kulit pie yang biasa saya buat itu pake 2 kuning telor, sipppp...nggak pake entar-entar, langsung saja dieksekusi!!!!.

Untuk adonan kulit pienya pake yang seperti biasa, adonan browniesnya saya pake resep dari sajian sedap. Manisnya pas.... berpadu sempurna dengan kulit pie yang gurih dan crunchy, pokoknya SIPPP!!!!



Brownies Pie

Ingredients :
Kulit pie : 
250 gr tepung terigu
100 gr mentega
1 sdm gula halus
3 sdm air es
2 kuning telur

Brownies :
100 gr margarin 
150 gr dark cooking chocolate, potong-potong
2 butir telur 
85 gr gula pasir 
1/4 sdt garam 
50 gr tepung terigu protein sedang 
10 gr cokelat bubuk 
10 gr susu bubuk 
1/2 sdt baking powder

Method :

Kulit pie : campur tepung, telur, mentega, dan gula menggunakan pisau pastry hingga berindilan. 
Tuangi air es sedikit demi sedikit, campur hingga kalis.
Bungkus plastik, diamkan dalam lemari es selama beberapa saat. 
Lalu giling hingga kurang lebih 1/2 cm lalu letakkan didasar loyang. 
Oven dengan suhu 170 deg C selama 15 menit atau hingga setengah matang.
Adonan brownies : panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut dan dinginkan. 
Kocok telur, gula pasir, dan garam asal kental 2 menit.
Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil dikocok rata. 
Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
Tuang di cetakan yang sudah dialas pie. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang



Anak-anak doyan bangettttt ma yang ini, manyus lah pokoknya... ^^, stay cooking with love...

-eeyand-

Super Breakfast


Super Breakfast...yuppp... itu yang saya buat 2 hari terakhir ini. Sarapan yang saya sediakan dibuat dari bahan-bahan yang punya kandungan gizi yang sangat bagus, seperti whole wheat flour, flaxseed, minyak zaitun, yogurt, madu, dan juga buah-buahan. Contohnya waffle ini, dibuat dari campuran tepung terigu, whole wheat flour atau tepung gandum utuh dan flaxseed bubuk. Whole wheat flour mengandung serat yang cukup tinggi dan flaxseed mempunyai kandungan Omega 3 Nabati yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berbicara tentang flaxseed, saya sudah sering sekali menulis di blog ini betapa banyak manfaat dari jenis biji yang satu ini, beberapa diantaranya yang saya temukan dari hasil googling adalah :


1. Meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam flaxseed mencegah pembekuan darah di dalam jantung dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

2. Mengendalikan gula darah. Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3. Hasil riset yang dilakukan di Kanada terhadap 6 orang yang sehat menunjukan bahwa setelah memakan roti yang terbuat dari Flaxseed, kadar gula darah menurun 28% dibandingkan dengan memakan roti yang tidak mengandung Flaxseed.

3. Menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak drastis. Sementara bagi orang yang tekanan darahnya sudah normal, Flaxseed tidak menurunkan tekanan darahnya.

4. Membantu meringankan gejala menopause. Dari hasil riset terhadap 25 wanita yang mulai mengalami gejala-gejala menopause dan diberikan Flaxseed 40 gr setiap hari selama 2 bulan terbukti bahwa Flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.


5. Meningkatkan kesehatan ginjal. Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (SystematicLupus Erythematosus). Dalam percobaan klinis, pasien diberikan Flaxseed 15 gr, 30 gr atau 45 gr setiap hari selama 4 minggu.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan kekebalan tubuh.

7. Membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker. Flaxseed mengandung tiga unsus pokok yang berperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan, asam lemak Omega-3 dan serat.

Para ilmuan dari Duke University Medical Center USA telah mengeluarkan hasil penelitian bahwa makanan yang mengandung Flaxseed cenderung mengecilkan ukuran dan keganasan tumor. Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus yang secara genetik mengindap kanker prostat.

Flaxseed memang tidak ditanam di Indonesia, namun flxseed siap pakai sudah ada di beberapa swalayan besar yang ada di Jakarta. Flaxseed banyak dicampurkan dalam adonan biskuit atau roti sehat. Bisa dibeli di toko bahan kue yang besar. Sayangnya, harga per kemasan flxseed masih relatif mahal. (Source : food.detik.com)

Wowww....what a super food!!!! Back to the recipe... resep waffle ini sendiri sudah pernah saya posting diblog ini sebelumnya. Jadi yang mau tau resepnya silahkan klik di SINI.



Another super breakfast!!!!.... masih sebangsa dengan waffle, pancake yang satu ini juga nggak kalah super. Tambahan saus yogurt mangga sebagai topping menjadikan pancake ini makin istimewa. Makanan sehat itu nggak selalu nggak enak.... ini buktinya!!!!


Whole Wheat Pancake With Yogurt Mango Sauce

Ingredients :

200 gr tepung terigu protein sedang
100 gr whole wheat flour
2 sdm flaxseed bubuk
3 sdm brown sugar
1 sdt garam
2 sdt BPDA
2 btr telur
500 ml susu cair
4 sdm minyak zaitun

Yogurt Mango Sauce : (Blender semua bahan hingga rata)
250 gr daging buah mangga harum manis
100 gr set plain yogurt
1 sdm madu

Method :

Campur tepung terigu, whole wheat flor, flaxseed, brown sugar, garam, dan BPDA. Aduk rata, sisihkan.
Diwadah lain campur telur, susu cair dan minyak zaitun, kocok dengan wisk hingga rata.
Campurkan adonan susu dengan tepung, aduk hingga rata dengan wisk.
Panaskan wajan anti lengket, tuang satu sendok sayur adonan. Biarkan hingga permukaannya berongga. Kemudian balik pancake dan masak hingga matang kedua sisinya.
Sajikan pancake dengan sausnya dan taburan mangga.



Well.... semoga yang simple and cepat ini bisa jadi inspirasi menu sarapan teman-teman. Stay cooking with love...

-eeyand-



Selasa, 26 November 2013

Cilok


Yang satu ini jajanan murah meriah tapi ngangenin, didaerah saya dulu Surabaya disebutnya pentol. Seringnya dimakan pake saos tomat ato sambel yang warna merahnya begitu menakutkan.. :D. Yang saya buat ini adalah cilok polos, alias nggak pake isi. Cuma tepung yang dibumbui lalu direbus. Rasanya kenyel-kenyel enak aja.... resepnya saya ambil dari resep yang disharing Bunda Ricke Indriani di Facebook. Thanks dah sharing resepnya ya bun.... semua orang rumah suka!!!!!! ;)


Cilok
Source : Mbak Ricke Indriani

Ingredients:
200 gram tepung sagu tani 
200 gram tepung terigu 
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt dashi
1/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang , iris halus
400 ml air 

Air secukupnya untuk merebus cilok

Pelengkap:
Sambal kacang
Saus sambal botolan
Kecap manis

Method:
Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.
Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. ( Note :
pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
Ambil sedikit adonan bulatkan sebesar bakso.
Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Biarkan agak lama direbus setelah mengambang. Sekitar 15 menit. Angkat. 
Sajikan dengan pelengkap sambal kacang, saus sambal botolan dan kecap manis bila suka.

Note : kalo nggak pengen ribet bikin sambal kacangnya, bisa juga pake bumbu pecel yang siap pakai, rasanya tetep enak kok!!



Stay cooking with love....

-eeyand-

Tomato Slices With Simple Vanilla Syrup


Quick Post!!!!!!! Ini cemilan sehat yang sering saya makan waktu kecil dulu. Simple banget, tomat dipotong-potong campur gula sedikit lalu dicampur. Sebelum dimakan, masukin dulu ke lemari es...wuihhh rasanya seger bangettttt!. Untuk yang ini, saya coba sedikit merubah gulanya menjadi sirup vanila. Jadi tinggal tuang-tuang aja ke irisan tomatnya, dan plussss wangi vanila tentu, yuk cek resepnya!!.


Tomato Slices With Simple Vanilla Syrup

Ingredients :
Tomat segar, potong tipis.

Bahan syrup:
200 gr gula pasir
200 ml air
1 bh vanilla, belah, serut bijinya

Method :
Untuk membuat syrup, campur semua bahan dan rebus hingga mendidih, angkat. Letakkan tomat didalam gelas, lalu tuangi syrup vanila secukupnya. Sajikan dingin.



Stay cooking with love.....

-eeyand-

Kamis, 21 November 2013

Chocolate Almond Kisses Pao



Ini adalah setoran untuk Monthly Event Pawon Ibu bulan lalu. Dan saya baru bisa posting sekarang, beberapa hari yang lalu setelah long weekend 1 Miharram kemaren, semua orang rumah pada sakit. Mulai dari adek, ayah, abang dan terakhir bundanya. Hasilnya, mau posting-posting di blog malessss banget. Dan baru ada semangat hari ini. Well... langsung aja check resepnya, karena saya sedang kehilangan kata-kata karena lama nggak nge blog.


Chocolate Almond Kisses Pao
Source : sajiansedap.com

Bahan Kulit:
250 gram tepung terigu protein rendah 
65 gram tepung tang mien 
50 gram gula tepung 
20 gram susu bubuk 
6 gram (11/2 sendok teh) ragi instan 
1/2 sendok teh baking powder 
1 putih telur 
150 ml air es 
30 gram mentega putih 
1/2 sendok teh garam 

Bahan Isi:
chocolate almond kisses

Cara membuat:
Buat kulit, campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi instan, dan baking powder. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 40 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi. Bentuk bulat. Letakkan di atas kertas roti. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang.

Chocolate Almond Kisses



Stay Cooking with love.....

-eeyand-

Jumat, 08 November 2013

Be Good With Yogurt Inspired Food


27 Oktober 2013Indonesian Food Blogger bersama Heavenly Blush mengadakan acara Resto Review yang diadakan di salah satu outlet Heavenly Blush yang terletak di Pondok Indah Mall 2 lantai 3 (Restaurant Row). Saya termasuk 1 dari 19 food blogger yang mendapat kesempatan buat icip-icip plus jepret-jepret menu yang telah kami pilih sebelumnya, karena selain me-review menu yang kami cicipi kami juga ditantang untuk "mendandani" menu tersebut dan memotretnya. Foodie Blogger bangettttt bukan??? sebelum makan, foto duluuuu!!!, tapi bedanya yang ini nggak pake masak.. makanan langsung terhidang di depan mata.

Kalau saat itu ditanya siapa yang selalu punya stock yogurt di lemari es nya masing-masing, saya akan angkat tangan tinggi-tinggi kalau perlu naik kursi biar keliatan..hehehhe. Ya, I LOVE YOGURT!!!!. Saya biasa mengkonsumsinya dengan menambahkannya pada adonan muffins, cake, cookies, puding, diblender dengan buah segar seperti mangga atau strawberry, dan juga sebagai salad dressing. Jadi... pas dapat kesempatan icip-icip menu nya Heavenly Blush dah pasti semangat dan seneng bangettttt!!!!

Menu yang bisa dipilih ada 3 macam, yang pertama Oven Baked Norwegian Salmon with Yogurt Sauce, kedua Japanese Beef with Yogurt Wasabi Salad, dan ketiga Yogurt Chicken Breast Baked. Sesuai tema acara, Be Good with Yogurt Inspired Food, semua makanan yang disajikan  sudah pasti mengandung yogurt yang manfaatnya dapat memperlancar dan membuat pencernaan menjadi sehat. Tidak hanya menyehatkan pencernaan, makanan yang disajikan juga dimasak secara sehat, karena tidak digoreng, tidak menggunakan bahan pengawet, dan tidak mengandung MSG. Toppp banget dehhh!!! aman buat anak-anak, jaman sekarang susah banget cari makanan yang nggak pake MSG.

About Heavenly Blush


Heavenly Blush adalah merk dagang milik PT Heavenly Nutrition Indonesia yang memproduksi makanan dan minuman sehat yang terbuat dari yogurt. Berdiri di bulan Desember 2008, Heavenly Blush membuka outlet pertamanya di Pondok Indah Mall 2. Produk yang dijual pada awal berdiri Heavenly Blush adalah frozen yogurt. Sampai saat ini Heavenly Blush memiliki 3 outlet di Pondok Indah Mall 2, Mal Kelapa Gading 3, dan Plaza Indonesia.

Seiring dengan permintaan dan kebutuhan konsumen, Heavenly Blush mengembangkan produknya, tidak hanya frozen yogurt, diproduksi juga yogurt drink, salad dengan yogurt dressing, cake yogurt, sandwich yogurt, steak dengan yogurt sauce, soup yogurt, dan makanan berat lain dengan campuran yogurt didalamnya.


Moto “Wellness Yogurt Specialist” yang digunakan Heavenly Blush merupakan suatu komitmen untuk selalu menyajikan makanan dan minuman sehat yang akan membuat masyarakat hidup dalam taraf kesehatan yang lebih tinggi. Hal ini terlihat dari semua hidangan/ produk Heavenly Blush dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, tidak digoreng, dan tidak menggunakan MSG.

Kamis, 17 Oktober 2013

Ikan Nila Merah Acar Kuning


Acar Kuning adalah salah satu olahan ikan yang jadi favorite di rumah, semuanya suka dan nggak pernah ada bosannya. Jenis ikan yang sering saya buat acar kuning adalah ikan nila merah, ikan mas, dan kakap merah. Tapi saya lebih merekomendasikan yang nila merah, mengapa??? kalo pake ikan mas banyak durinya, anak-anak bakalan ribet banget makannya. Sedangkan kalo pake kakap merah, alasannya cuma satu.. mahal!!! hehehhe. Sedangkan dari segi rasa semuanya oke!!! dengan satu syarat, ikan yang digunakan harus FRESH!!!

Ikan Nila Merah

Ikan nila adalah jenis ikan konsumsi air tawar yang berasal dari Afrika. Jenis nya ada macam, yaitu ikan nila hitam dan merah. Ikan nila hitam mempunyai penampakan yang hampir sama dengan ikan mujair, karena keduanya berasal dari genus yang sama, Oreochromis. sedangkan Perbedaan nya terlihat jelas dari warna tubuh ikan. Ikan nila hitam memiliki warna agak kemerahan, sedangkan ikan mujair memiliki warna agak kehitaman dan bercorak garis yang lebih tebal. 

Di daerah tempat tinggal saya, ikan nila merah lebih banyak ditemui dibandingkan dengan ikan nila hitam. Biasanya dijual dalam keadaan hidup, dan dari segi harga ikan nila merupan ikan jenis konsumsi yang cukup murah. 

Jenis sayur yang digunakan untuk acar kuning
biasanya adalah wortel dan timun


Ikan Nila Merah Acar Kuning


Ingredients :

1 kg ikan nila merah
1 bh jeruk nipis
Garam secukupnya
1 bh serai, geprek, simpulkan
5 bh daun jeruk
3 iris lengkuas
2 bh timun, potong korek api
1 bh wortel ukuran besar, potong korek api
10 bh cabe rawit
5 siung bawang merah, potong dua bagian
2 bh jeruk nipis, ambil airnya
Garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
15 bh bawang merah
6 bh bawang putih
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe
5 bh kemiri


Method :

Bersihkan ikan, lalu lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
Panaskan minyak, lalu goreng ikan hingga matang. Sisihkan.
Panaskan wajan, beri sedikit minyak lalu tumis bumbu halus. Tambahkan lengkuas, daun jeruk dan serai, masak hingga bumbu matang.
Masukkan wortel dan timun, aduk hingga agak layu. Tambahkan cabe rawit dan bawang merah, aduk rata. 
Beri sedikit air hingga agak kental, lalu masak hingga mendidih.
Bumbui dengan gula dan garam. aduk rata dan terakhir tambahkan air jeruk nipis.
Masak hingga mendidih, Tuang bumbu diatas ikan. Sajikan.



Stay cooking with love...

-eeyand-

Rabu, 16 Oktober 2013

Ketoprak


Quick Post!!!! Masih punya ketupat sisa kemaren, sedangkan opor dkk nya sudah pada abis. Biar nggak mubazir, hari ini menunya Ketoprak, gampang dan enak..... yukkk!!!!


Ketoprak



Ingredients :


2 buah tahu putih 
1/2 sendok teh garam 
2 siung bawang putih, haluskan
100 ml air 
4 buah lontong, potong-potong
100 gram taoge, seduh
100 gram bihun, seduh
4 sendok teh kecap manis untuk penyajian 
8 sendok teh bawang merah goreng untuk taburan 
100 gram kerupuk kanji, goreng
1 buah ketimun, potong 4 bagian, iris
minyak untuk menggoreng 

Bahan Sambal Kacang:
150 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
6 buah cabai rawit merah, rebus
1 siung bawang putih 
1 sendok teh garam 
25 gram gula merah, sisir halus
25 ml air asam (dari 2 sendok teh asam jawa dan 3 sendok makan air) 
150 ml air 



Method :


Rendam tahu dalam larutan garam, bawang putih, dan air. Goreng sampai matang. Potong-potong.
Sambal kacang: ulek cabai rawit merah, bawang putih, garam, dan gula merah. Masukkan kacang tanah. Ulek rata. Tambahkan air dan air asam. Ulek rata.
Sajikan lontong, potongan tahu, taoge, bihun, dan sambal kacang. Tambahkan kecap manis.
Sajikan setelah ditabur bawang merah goreng dan kerupuk kanji.




Stay cooking with love...

-eeyand-

Selasa, 15 Oktober 2013

Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam

Selamat Hari Raya Idul Adha 1434 H, Taqaballahu Minna Wa Minkum. 



Hari libur, artinya harinya cemilan. Kalo libur nggak ada cemilan di meja kok rasa-rasanya kurang sempurna ya. Dan ini dia cake yang saya buat untuk hari ini, menemani si lontong opor dkk masakan khas lebaran. Cake ini adalah hasil pengkaryaan pisang yang saya beli di Sentul City hari Sabtu lalu. Kebetulan anak-anak pengen main outbond disana, dan pulangnya beli pisang ambon satu sisir besar-besar dengan harga hanya Rp. 10.000,-. Banyak bangettttt yang jualan pisang disana, pisangnya juga bagus-bagus... jadi kalo kebetulan mampir kesana jangan lupa beli pisang ya.. ;)

Karena masih sisa, dan sudah mulai lembek.... tadi malam Ayah request minta si pisang diolah aja jadi kue. Baiklah.... selesai sarapan pagi pulang shalat ied, browsing-browsing resep sebentar, ketemu yang cocok, langsung deh puter mixer. Saya sengaja cari resepnya yang pake tepung ketan hitam, karena lagi pengen banget makan kue ketan hitam. Legitnya itu lhoooo..... duhhh gak nahan deh!!!! Kalau biasanya bikin bolu kukus ketan hitam, kali ini pengen nyoba varian yang lain. Dan benar saja, si item ini emang bener-bener eksotisssss!!! wenaaakkkk!!!!. Bagi yang pengen nyoba bikin bolu kukus ketan hitam silahkan liat resepnya di SINI.



Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam


Ingredients :


200 gram margarin 
125 gram gula pasir halus 
150 gram pisang ambon kupas, dihaluskan
4 butir telur 
75 gram tepung terigu protein sedang 
100 gram tepung ketan hitam 
25 gram cokelat bubuk 
1 sdt baking powder 


Method :


Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
Masukkan pisang ambon. Kocok rata. Tambahkan sisa tepung terigu, tepung ketan hitam, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
Tuang di loyang tulban diameter 22 menit.
Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.



Resep yang ini recommended banget ya, saya bukan penyuka manis dan menurut saya manisnya cake ini pas!!! awalnya mau mengurangi jumlah gulanya karena takut kemanisan, tapi pas dipikir-pikir kan ada bubuk cokelatnya yang notabene pait jadi saya pikir nggak akan terlalu manis lah. Dan ternyata perkiraan saya tepat!!!! Selain itu moistnya juga bikin saya suka, karena dari cara pembuatannya cake ini termasuk yang butter type, jadi sudah pasti hasilnya moist.

Well....menyinggung Outbond nya anak-anak tadi, hari Sbtu kemaren mereka bener-bener have fun!!!!. Walaupun cuacanya panas, keringat dimana-mana tapi mereka enjoy dengan kegiatan outdoor nya kali ini. Sepertinya sudah bosen ya jalan-jalan ke Mall, nggak ada tantangannya. Paling cuma adem doang, jadi kalau yang bosen sama Mall...mungkin aktivitas yang satu ini bisa jadi pilihan buat putra-putri nya.







Have a nice day and stay cooking with love.....

-eeyand-

Jumat, 11 Oktober 2013

Puding Coklat Cincau

Beberapa hari yang lalu Aurora berbagi resep puding coklat di FB. Pas liat resepnya, kebetulan semua bahan-bahannya ada di lemari, pikir saya.... boleh juga nih di contek buat bekal snack anak-anak sekolah. Dan, akhirnya baru keturutan tadi malam bikinnya. Setelah semua bahan siap, maka komporpun dinyalakan. Dari resep yang dishare Aurora, puding ini menggunakan agar-agar dan sedikit jelly bubuk untuk campurannya, sama dengan resep puding yang biasa saya gunakan. Hanya saja saya terbiasa mencampurkan 1:1 bungkus agar-agar dan jelly bubuk. Karena kalau cuma dipakai sedikit, saya males banget menyimpan sisanya yang belum tau kapan akan terpakai lagi. Jadi lebih baik sekali habis saja, toh saya juga suka dengan tekstur yang dihasilkan kombinasi dua bahan ini dengan ukuran yang sama-sama satu bungkus itu.




Setelah mencampurkan susu, agar-agar dan jelly bubuk kedalam panci, saya rada bingung. Kenapa??? kok susunya nggak berubah warna jadi coklat? sedangkan jelly yang saya gunakan adalah jelly coklat. Masih terheran-heran saya coba lihat lagi bungkus jelly yang memang berwarna coklat itu dan belum masuk tong sampah. Pas dilihat lagi... ADUH!!!!!!! Ini jelly rasa cincauuuuuuuuu!!!!!! *gubrakkkk, lahhhh...gimana nih, cincau campur coklat???? *bingung. Akhirnya karena sudah terlanjur satu bungkus sudah masuk semua,...ya mau gimana lagi, show must go on!!!. Dan setelah matang, rasanya ternyata sangat tidak mengecewakan... enakkkkkk!!!!. Jadilah si Accidental Puding Coklat Cincau...




Untuk ukuran resepnya sendiri, saya sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan stock bahan-bahan saya. Tetapi secara garis besar, bahan-bahan nya sama dengan yang di share Aurora. Thanks Buat inspirasinya ya bu!!!!

Puding Coklat Cincau

Ingredients :

1 bks agar-agar putih
1 bks jelly bubuk rasa cincau
1000 ml susu cair
2 sdm coklat bubuk
80 gr gula pasir (atau sesuai selera saja)
150 gr dark cooking chocolate
150 ml UHT whipped cream

Method :

Campur agar-agar, jelly, susu, coklat bubuk, dan gula pasir. Masak dengan terus diaduk.
Saat akan mendidih, masukkan dark cooking chocolate, adum kembali hingga larut dan mendidih.
Matikan api, masukkan whipped cream, aduk rata.
Segera tuang ke cetakan, dan biarkan hingga dingin.
Masukkan ke dalam lemari es hingga benar-benar mengeras.
Hias dengan Whipped cream dan parutan coklat, sajikan.




Karena saya pakai dark cooking chocolate nya cukup banyak, jadi rasa pudingnya nyoklaaaatt bangeeeddhdhhhh!!!! suka dehhh.... Stay cooking with love...

-eeyand-

Pandan Coconut Cake


Quick Post!!!!! Hasil baking hari ini, rencananya buat camilan weekend besok. Warna cakenya rada gunjrengggg karena masukin pasta nya nggak pake ukuran tapi langsung byurrr aja ke adonan. Alhasil, beginilah jadinya... hehhehe. Nggak apa-apalah, rada-rada menor dikit, yang penting enak... :D




Pandan Coconut Cake
Source : Sedap Khusus Pemula 69/XIII/2012

Ingredients :

5 kuning telur
2 putih telur
1 sdt emulsifer (optional)
75 gr gula pasir
100 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
30 gr kelapa kering
50 gr maegarine, lelehkan
50 gr santan kental instant
1/8 sdt essens pandan
5 tetes pewarna hijau tua
2 sdm kelapa kering unutk taburan

Method :

Kocok telur, gula pasir dan emulsifer sampai mengembang
Tambahkan tepung terigu, maizena dan kelapa kering sambil diaduk rata.
Masukkan campuran margarine, santan, essens pandan, dan pewarna hijau tua sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Tuang adonan dalam loyang 24x10x6 cm yang telah dioles margarine dan dialas kertas roti.
Tabur kelapa kering. Oven dengan api bawah suhu 190 deg C 25 menit hingga matang.



Have a good long weekend  and Stay cooking with love.....

-eeyand-

Kamis, 10 Oktober 2013

Chunky Banana Almond Oats Muffins



Muffin yang satu ini beneran bikin saya pengen makan mulu, kenapa??? kalo biasanya saya bikin muffin pisangnya dihaluskan dan dicampur ke adonan, yang ini saya coba potong-potong dadu dan masuk ke adonan tanpa dihaluskan. Jadinya uhuuuyyy banget!!!!! Jenis pisang yang dipakai juga yang teksturnya agak keras ya, jadi bukan yang lembek kayak pisang ambon gitu. 

Penambahan saus karamel sendiri bisa jadi pilihan buat menikmati muffin ini, kalo nggak pun juga nggak apa-apa, dimakan begitu aja udah enak kok. Manis dari pisang dan gurih dari almond merupakan perpaduan yang cocok banget. Jadi, layak coba deh... buat yang satu ini!!!.





Chunky Banana Almond Oats Muffins

Ingredients:

150 gr tepung terigu serbaguna
100 gr Oatmeal 
75 gr gula pasir
1 sdt baking powder
½ sdt baking soda
¼ sdt garam
300 gr yogurt tawar
2 butir telur
100 gr minyak zaitun
¼ sdt vanili bubuk
300 gr buah pisang uli, potong dadu kecil
Almond Flakes secukupnya untuk taburan


Method:

Panaskan oven pada suhu 200 derajat C. siapkan Loyang muffin, alasi semua lubang dengan mangkuk kertas, sisihkan. 

Dalam mangkok besar, campur tepung terigu, oatmeal, gula pasir, baking powder, baking soda,dan garam aduk rata,sisihkan.

Campur yogurt, telur, minyak, dan vanili dalam mangkuk lain, kocok dengan menggunakan wisk.

Tuang campuran yogurt kedalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk asal campur menggunakan sendok kayu/spatula.

Tambahkan pisang yang telah dipotong-potong, aduk rata.

Tuang adonan kedalam cetakan muffin ¾ penuh, lalu taburi dengan almond. Masukkan ke dalam oven, panggang selama 25-30 menit hingga matang.

Keluarkan muffin dari oven, diamkan selama 5 menit, keluarkan muffin dari Loyang, pindahkan ke atas rak kawat. Sajikan.




Stay cooking with love.....

-eeyand-

Kerang Rebus Sambal Kacang Nanas


Bulan lalu Pawon Ibu punya Monthly Event dengan tema Aneka Rupa Sambal. Dan... kebetulan juga, bulan lalu saya dapat project untuk mengerjakan cover majalah Martha Stewart Living Indonesia edisi Oktober 2013, dengan tema Kerang. Trus apa hubungannya??? hubungannya ya jadilah sebuah sajian yang penampakannya seperti foto diatas. Sambal Kacang Nanas yang matching banget dimakan bareng kerang rebus.

Untuk kerangnya sendiri bisa kerang apa saja, kerang darah, hijau, atau kepa/tahu seperti yang saya buat ini. Beri sedikit garam dan bawang putih yang digeprek untuk merebusnya agar aroma nya lebih nikmat.


Kerang Rebus Sambal Kacang Nanas

Ingredients :
50 gr bawang bombai, cincang
1 bh bawang putih
3 bh cabe rawit, atau sesuai selera
150 gr nanas, blender dengan 150 ml air
1 sdm selai kacang chunky
1 sdm saos cabai
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk lemon
margarine dan minyak secukupnya untuk menumis.

Method :
Panaskan sedikit margarine dan minyak, tumis cabe, bawang putih dan bawang bombai hingga harum.
Masukkan selai kacang, dan saos cabai, aduk rata. tambahkan jus nanas aduk rata.
Bumbui dengan garam, gula dan air jeruk lemon, aduk rata. masak hingga meletup-letup dan kental. Angkat, sajikan bersama kerang rebus.


Kerang Santan Asam Pedas, yang tampil sebagai cover Majalah Martha Stewart Living Indonesia Edisi Oktober 2013

Terima kasih buat MSL Indonesia, Mbak Fifi buat kepercayaan yang diberikan kepada saya. Stay Cooking With Love friends!!!!!

-eeyand-

Senin, 30 September 2013

Cassava Coconut Yogurt Cookies


Happy 2nd Anniversary IDFB!!!!!! setelah tahun lalu nggak bisa ikutan tantangan di uktah IDFB, tahun ini menyempatkan diri untuk ikut tantangannya, walaupun setornya mepeeet banget. Pertama kali baca tantangan ultah IDFB tahun ini, langsung penasaran.... temanya adalah Singkong dan Yogurt. Bagaimana memadukan singkong dan yogurt menjadi hidangan yang yummy, singkongnya sendiri bisa tape singkong, tepung singkong, ataupun singkong mentah yang belum diolah.

Singkong merupakan makanan murah meriah yang banyak sekali dijumpai di Indonesia. Walaupun harganya murah, ternyata singkong mengandung manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan kita. Diantaranya adalah:
  • Dilansir dari Nutrition and You, singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat dibandingkan kentang. Maka tak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, sebagian besar terdiri dari sukrosa.
  • Singkong lebih rendah lemak dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Walaupun begitu, singkong memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang.
  • Singkong kaya akan vitamin K yang memiliki peran dalam membangun masa tulang. Sehingga konsumsi singkong dapat menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, vitamin K akan melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.
  • Umbi yang lezat ini merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Riboflavin berperan dalam pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untukmengurangi anemia.
  • Singkong merupakan sumber mineral yang penting bag tubuh, antara lain seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong memiliki jumlah kalium yang cukup sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh dan mengatur tekanan darah.
  • Sebuah penelitian seperti dilansir Affleap menunjukkan manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan menjadi sumber serat yang bagus. Tak heran jika singkong dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengendalikan diabetes. Dengan catatan, singkong diolah dengan cara kukus atau rebus. (Sumber : www.vemale.com)
Jadi jangan salah... walaupun sering diidentikkan dengan makanan kampung, ternyata banyak sekali kandungan gizi dalam singkong.


Lalu bagaimana dengan yogurt??? coba cek gambar dibawah ini yang menerangkan begituuuu banyak manfaat yogurt.

Nah, sekarang kebayang kan gimana kalau kedua bahan makanan itu dijadikan satu dalam sebuah hidangan, pasti banyak sekali manfaat kesehatan yang kita dapatkan. Sekarang ini sudah banyak sekali industri pangan yang mengolah singkong menjadi tepung singkong. Dimana tepung ini dibuat dari singkong yang dihaluskan, lalu dibuang airnya, kemudian dikeringkan. Banyak sekali olahan yang bisa kita buat dari tepung singkong ini. Salah satunya untuk cookies seperti yang saya buat ini. Bisa juga digunakan untuk aneka jajan pasar, atau juga untuk mie. Karena tepung singkong ini tidak mengandung gluten, maka tepung ini bisa jadi pilihan bahan makanan untuk mereka yang intoleran terhadap gluten. Dan resep ini bisa jadi salah satu pilihannya.


Cassava Coconut Yogurt Cookies

Ingredients
300 gr tepung singkong
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt vanilla
125 gr margarine
150 gr gula halus
3 kuning telur
1 putih telur
125 gr set plain yogurt
100 gr kelapa kering
Almond untuk hiasan secukupnya

Method :
Campur tepung singkong, baking soda, dan vanilla. Aduk rata, sisihkan
Kocok margarine dan gula hingga lembut dan mengembang (kurleb 30 menit), masukkan telur, kocok rata. 
Tambahkan yogurt, kocok kembali hingga rata.
Masukkan campuran tepung, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata, lalu tambahkan kelapa kering aduk kembali hingga rata.
Tipiskan adonan dengan menggunakan rolling pin, lalu cetak sesuai selera. Beri almond diatasnya.
Oven denga suhu 150 deg C selama 25 menit hingga matang.
Dinginkan diatas rak kawat, lalu masukkan kedalam wadah kedap udara.





Selamat ulang tahun Food Blogger Indonesia, terus berkreasi, menciptakan ide-ide baru yang segar dalam memasak, dan tetap semangat belajar tanpa kenal lelah!!! Bravo IDFB!!!!

Stay cooking with love.....

-eeyand-

Jumat, 27 September 2013

Rujak Serut Mangga Timun Wortel


Quick Post!!!... Dapet kiriman mangga dari sahabat saya, mangga ini hasil dari kebun sendiri. Salah satu mangga pemberiannya rada mengkel, dan langsung yang terpikir adalah dibikin rujak. Kebetulan lagi pengen rujak serut, dan dilemari es adanya cuma timun dan wortel. Baiklah mari kita campur semua bahannya dan dibikin rujak serut yang bisa menyegarkan siang yang panas ini.... :))

Rujak Serut Mangga Timun Wortel

Ingredients :
Mangga, serut
Timun, serut
Wortel, serut

Bumbu halus :
Gula pasir/ merah
Garam
Terasi
Cabe

Method :
Campur semua bahan dengan bumbu halus, aduk rata. Simpan sebentar di lemari es dan sajikan dingin.

Untuk ukuran bahannya suka-suka aja ya, sesuai selera masing-masing. Selamat weekend semua.... Stay cooking with love...

-eeyand-

Senin, 02 September 2013

Blueberry Oats Muffins & Featured in MORE Indonesia Magazine, July 2013


Ini adalah salah satu muffins favorite saya, rasanya??? No more to say... enak banget deh!!!. Sedikit cerita, bulan Juni kemaren saya diminta untuk mengisi rubrik resep di majalah MORE Indonesia. Temanya adalah Piknik. Wah... itu project yang paling tak terlupakan... karena temanya piknik, jadi settingannya pun dibuat out door. Saat itu saya ambil lokasi buat foto di Buperta Cibubur. Sudah pasti tempat ini cocok banget buat temanya. Saya berangkat pagi menjelang siang bersama anak-anak, potret memoteret berjalan lancar hingga saat kami mau pulang, tragedi itupun terjadi. 

Mobil saya mogokkkkkk!!!!!! ditengah hutan!!!!! Ya Allah Ya Rabb.... pengen nangis saat itu, mana bawa anak-anak lagi kan.... jadi penyebabnya adalah, saat saya sampai lokasi anak-anak masih didalam mobil. Saya sibuk denganobject foto, stayling sana-sini, dan saat Abang bertanya "Bun boleh hidupin radio?" saya jawab "Boleh..." tanpa berfikir lagi bahwa mobil dalam kondisi mati. Cukup lama dongggg saya motretnya, selesai motret beres-beres dibantuin mpok yang juga saya ajak, masuk mobil, stater.... Ceeezzzzzzzz!!!!!! 

Haaaaahhhhh!!!!! *panik... AKINYA SOAKKKKKK!!!!! *tepok jidat. Dua wanita dan dua anak terdampar di hutan dengan mobil mogok *nggak mau lagi deh!!!. Akhirnya dan akhirnya saya menelponlah ke bengkel mobil 24 jam yang bisa dipanggil. Menunggu..menunggu..menunggggguuuuuuuuu.... Alhamdulillah montirnya dateng. Dan akhirnya kami bisa pulang dengan selamat.... Alhamdulillah.... Tak akan terlupakan....

Well...... cek resepnya yukkkkkk... ^^

Blueberry Oats Muffins

Ingredients :
200 gr tepung terigu
150 gr oatmeal
100 gr gula pasir
¼ sdt garam
2 sdt baking powder
2 btr telur
300 gr plain set yogurt
150 ml canola oil
2 sdt kulit jeruk lemon parut
200 gr blueberry

Method :
Panaskan oven pada suhu 200oC, siapkan loyang muffin dan alasi dengan cup.
Siapkan wadah, campur tepung terigu, oatmeal, gula, garam dan baking powder, aduk rata, sisihkan. 
Dalam wadah lain campur telur, yogurt, minyak, dan kulit jeruk lemon, kocok dengan wisk hingga rata.
Masukkan campuran telur ke dalam campuran tepung, aduk balik asal rata. Tambahkan blue berry, aduk.
 Masukkan adonan ke dalam loyang muffin hingga hampir penuh, oven selama 25-30 menit hingga matang.
 Keluarkan muffin dari loyang, letakkan diatasa rak kawat.
 Sajikan.



Tips : jangan mengaduk adonan muffin terlalu lama, karena hal ini bisa menyebabkan muffin menjadi keras/bantat.


Featured in MORE Indoenesia July 2013
Sesi fotonya saat itu diambil 3 kali, di rumah, Buperta, dan rumah saudara teman Teh Nouny.. Thanks ya teteh!!!!! ;)


My boys..... saat menunggu pak montir datang.

Saat mobil mogok, dan akhirnya bantuan datang... Nggak lagi lagi dehhhh!!!!! Kapokkkk!!!!

Dannnnn... begitulah ceritanya, nggak bakalan lupa ma kejadian ini.. ^^. Stay cooking with love friends.....

-eeyand-

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...