" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Minggu, 27 Januari 2013

Vanilla Extract

Beberapa hari yang lalu ada sebuah komentar di blog saya ini dari Mbak Auliya yang menanyakan tentang halal tidaknya Vanilla Extract. Ini pertanyaan dari mbak Auliya.

vanili extract bukannya mengandung alkohol mbak?

Dan ini jawaban dari saya waktu itu

saya pernah beli di sebuah supermarket mbak, merk nya ja**, setelah liat ingredients nya ternyata ada kandungan alkoholnya. Sejak itu gak pernah beli vanilla extract lagi. Pas ke TBK, saya nanya ke penjualnya dan penjualnya memastikan bahwa vanilla extract yang dia jual non alkohol. Jadi kalo boleh saran, pastikan ke penjualnya mbak apakah mengandung alkohol atau tidak. Atau lebih amannya pakai vanilla bean, tetapi harganya lebih mahal.


Nah, kebetulan kemaren saya mampir ke TBK yang dimaksud. Karena ingun memastikan kembali apa yang sudah pernah di katakan ke saya, saya coba untuk bertanya lagi. Dan ternyata..... setelah saya tanya ke mbak penjaganya dia bilang, mengandung alkohol.... *dhoweeennnkkkkk. 

"Lho mbak kok dulu saya pernah tanya dibilang halal?"... sambil rada gondok
"Wa... kurang tau bu, tapi kalo vanilla ekstrak memang ada alkoholnya" jawab si embaknya.

Idiiihhhhhh...... lha dulu saya tanya katanya halal, makanya saya mau beli. Karena saya pernah beli dengan merk Java di supermarket, nggak liat-liat Ingredients nya. Pas dilihat di rumah nggak taunya ada kandungan alkohol. Spontan jadi keselllll...... saya masih ingat wajah si embak yang dulu itu, cuma kemaren waktu saya kesana dianya nggak ada.

So.... ada nggak Vanilla extract yang halal???? setelah googling ternyata ada lho.... dan ini hasil googling saya.

Picture source : vanillamart.co.uk
10 Fold Madagascan Vanilla Extract (Alcohol Free)

HALAL & KOSHER CERTIFIED

Available in Pack Sizes of 100ml, 250ml & 1 Litre
Our unique, extremely concentrated, industrial strength 10 Fold Vanilla Extract is made using Glycerin (Palm/Rapeseed Origin- Suitable for Vegetarians & Vegans) and Madagascan Vanilla Pods. This dark brown syrupy vanilla extract is ideal for professional and home use and combined with low dosing levels offers the ultimate vanilla extract experience (Recommended Dosage: 1/7th of Normal Vanilla Extract). This product does not contain any alcohol.
This Vanilla extract is certified Kosher Pareve by the Orthodox Union and Halal Certified by the Halal Quality Control, The Hague, The Netherlands.
The item is shipped in PET containers with tamper-evident caps.
images.jpg

Storing Vanilla Extract  
This product should be consumed within the best before date on the pack. Store in a cool, dry place. Do NOT refrigerate. 

Tapi saya nggak tau apakah di Indonesia ada yang jual ini ato nggak, dan akhirnya kemarin saya beli vanilla bean aja, walaupun sedikit mahal tapi hati tenang. Well..... terima kasih mbak Auliya, karena komentar mbak membuat saya tahu apa yang selama ini saya pikir benar, dan ternyata setelah di pastikan lagi ternyata tidak. 


Jadi sebelumnya saya mohon maaf.... untuk semua resep saya yang menggunakan Vanilla Extract, silahkan diganti dengan menggunakan bubuk vanilla (tapi kalo bubuk vanilla sih bukan vanilla asli, tetapi imitasi dan sebaiknya kurangi jumlahnya karena kalau kebanyakan bisa pahit) atau Vanilla bean. Kecuali jika Vanilla Extract yang anda pakai sudah pasti kehalalannya. 


Stay cooking with love...

-eeyand-

13 komentar:

  1. Hi Yulyan..saya komen in English ya, bahasa indonesia tidak mahir sangat..actually you can do your own vanilla extract, without alcohol..just soak the vanilla beans in glycerine..itu sudah pasti halal..saya buat sendiri vanilla extract sebab sukar untuk beli yang non alcohol..hope the little tip helps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you jehanne... i'll try!!!!!

      Hapus
  2. hai mbak eeyand, salam kenal. nggak sengaja mampir di blog ini dan kebetulan bahas soal vanilla extract. saya waktu itu pernah menanyakan status kehalalan produk ini pas kursus di NCC, tp bu fatmah nggak berani berkomentar, hanya belio bilang memilih nggak pake. setelah baca posting ini, jadi yakin deh....tp terpaksa membuang sebotol penuh vanilla extract yang saya beli di TBK, berubung ga ada keterangan bahan2nya juga. hal yang sama dengan cream of tartar. dulu asal beli, setelah itu baru baca asal-usulnya produk tersebut. hikhik. anyway, makasihhhh ya mbak eeyand.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mbak nanik, menurut Jehhane yang komen diatas, kita bisa bikin sendiri vanilla extract. Tapi ngerendemnya pake glycerin bukan alkohol. Yukkk nyoba bikin..^^

      Hapus
  3. Glycerin ada dua jenis yaitu dari hewani dan nabati. Dari hewani kebanyakan diambil dri lemak babi, sedang nabati biasanya hasil dri proses penbuatan biodisel atau minyak goreng dri cpo. Jadi vanili yg diekstrak dg glycerin belum tentu halal, tergantung jenis glycerinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa... terima kasih banyak buat infonya. Harus lebih berhati-hati ya..

      Hapus
  4. mba.. beli vanillai beannya dimana ya ? mohon info nya.. thx a lot ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bantu jawab coba di search di google dg keyword kaskus vanilla.. disana ada yg jual vanilla bean murah.. nama tokonya kl gasalah bailefung

      Hapus
  5. Terimakasih Ibu atas pengetahuannya, Salam Vanilla Bean :-)

    BalasHapus
  6. ada juga yang jual vanilla bean dan extract vanilla halal di fb. ini alamtnya https://www.facebook.com/koni.setiawan

    BalasHapus
  7. Ibu, resep vanilla ekstrak yang ternyata bisa dibuat dengan vegetable glycerin food grade ataupun corn syrup sebagai pengganti alkohol. Terimakasih atas informasinya.

    BalasHapus
  8. kalau beli ekstrak vanila yang ada alkoholnya dimana ya? terimakasih

    BalasHapus
  9. Penjelasan lain tentang Halal Vanilla Extract,
    http://bahankuesehat.blogspot.com/2014/10/ekstrak-vanili-bukan-hanya-pewangi-kue.html

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...