" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 30 November 2012

Roti Isi Kacang Merah

Ngeroti yukkkkkkkk!!!!! Gerahhh deh, di tag-in mulu di FB ma temen-temen yang sibuk nguleni adonan mengekarkan lengan..hehehhe. Jadinya yukkk kita ikutan ngeroti, dan roti yang aku buat ini menggunakan teknik Water Roux. Nggak pake pelembut roti atau apapun itu... tapi tekstur rotinya beneran lembutttttt, karena si water roux ini. Dulu dah pernah bikin roti water roux dengan topping gurih disini. sekarang nyoba yang topping manis.... nyalakan mixernya!!!!!



Bahan Isian Kacang Merah
Awal mula bikin roti ini adalah karena ada stok kacang merah kering yang sudah harus segera minta diolah. mikir-mikir... dibikin apaaa... yaa..... karena masih nggak punya ide, akhirnya aku rebus dengan air gula dan batang vanili. Baru setelahnya kepikir buat bikin roti isi kacang merah ini, yang terlintas diotak kacang merah yang udah direbus itu, aku blender halus tambah gula dan santan lalu masak sampai kering atau bisa dipulung.  Untuk memastikan, searching-searching... nanya ke mbah google, dapet inspirasinya dari sajiansedap disini. Dan ternyata hampir sama cuma beda di coklat aja. Dan akhirnya aku tiru juga dengan nambahin coklat dan garam. Tapi komposisinya ya cemplang-cemplung aja karena menyesuaikan jumlah kacang merahnya. Icip-icip, sudah cukup rasanya... matikan... dan ini penampakan isi kacang merahnya. sudah cukup pas konsistensinya buat dipulung dan dimasukkan ke dalam adonan.

Untuk adonan rotinya masih pake punya Mbak Hesti of Hesti's Kitchen hanya berbeda pada jumlah gulanya saja yang aku tambah



Roti Isi Kacang Merah 


Ingredients :

Bahan isi :
Kacang merah, rebus 
Gula
Garam
Santan
coklat bubuk
Batang vanili, belah, serut bijinya dengan ujung pisau.

Water roux :
50 gr tepung terigu protein tinggi
250 ml air
 

Bahan :

400 gr tepung protein tinggi
200 gr tepung protein sedang
120 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk full cream
1 butir telur + 1 kuning telur
10 gr ragi instan
200 gr water roux
200 ml air hangat
75 gr margarin
1 sdt garam

Method 
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. timbang tiap adonan 50 gr, bulatkan, lalu pipihkan, isi dengan bahan isian. lalu bulatkan kembali.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200 deg C
  5. Setelah matang, oles dengan margarine/butter agar permukaannya tetap moist.



Awalnya nyantai aja bikin bentuk bunga unbtuk rotinya, setelah dapet setengah menghela nafas panjang... lamaaaa... :'(. Dan akhirnya rotinya dibikin pake loyang loaf gini. caranya adonan dipipihkan hingga lebar, oles bahan isi, lalu gulung dan masukkan ke loyang loaf yang telas diolesi margarine. untuk waktu pengovenannya sendiri, tentu memakan lebih lama dibandingkan yang berbentuk bunga. Dan ini roti yang menggunakan metode yang sama tapi belum sempat aku posting disini. Adonan rotinya sama, hanya bedanya ada pada isian atau toppingnya. Untuk yang bertoping abon dipakai olesannya mayonaise, untuk yang kepang, cukup dengan taburan wijen. Dan yang satunya lagi adalah roti tawar aka tanpa isi.





Hujan-hujan gini emang paling enak ngeteh sambil gigit roti... yukkk bikin untuk weekend ini... ^^. Stay cooking with love....

-eeyand-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...