" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Selasa, 15 Oktober 2013

Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam

Selamat Hari Raya Idul Adha 1434 H, Taqaballahu Minna Wa Minkum. 



Hari libur, artinya harinya cemilan. Kalo libur nggak ada cemilan di meja kok rasa-rasanya kurang sempurna ya. Dan ini dia cake yang saya buat untuk hari ini, menemani si lontong opor dkk masakan khas lebaran. Cake ini adalah hasil pengkaryaan pisang yang saya beli di Sentul City hari Sabtu lalu. Kebetulan anak-anak pengen main outbond disana, dan pulangnya beli pisang ambon satu sisir besar-besar dengan harga hanya Rp. 10.000,-. Banyak bangettttt yang jualan pisang disana, pisangnya juga bagus-bagus... jadi kalo kebetulan mampir kesana jangan lupa beli pisang ya.. ;)

Karena masih sisa, dan sudah mulai lembek.... tadi malam Ayah request minta si pisang diolah aja jadi kue. Baiklah.... selesai sarapan pagi pulang shalat ied, browsing-browsing resep sebentar, ketemu yang cocok, langsung deh puter mixer. Saya sengaja cari resepnya yang pake tepung ketan hitam, karena lagi pengen banget makan kue ketan hitam. Legitnya itu lhoooo..... duhhh gak nahan deh!!!! Kalau biasanya bikin bolu kukus ketan hitam, kali ini pengen nyoba varian yang lain. Dan benar saja, si item ini emang bener-bener eksotisssss!!! wenaaakkkk!!!!. Bagi yang pengen nyoba bikin bolu kukus ketan hitam silahkan liat resepnya di SINI.



Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam


Ingredients :


200 gram margarin 
125 gram gula pasir halus 
150 gram pisang ambon kupas, dihaluskan
4 butir telur 
75 gram tepung terigu protein sedang 
100 gram tepung ketan hitam 
25 gram cokelat bubuk 
1 sdt baking powder 


Method :


Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
Masukkan pisang ambon. Kocok rata. Tambahkan sisa tepung terigu, tepung ketan hitam, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
Tuang di loyang tulban diameter 22 menit.
Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.



Resep yang ini recommended banget ya, saya bukan penyuka manis dan menurut saya manisnya cake ini pas!!! awalnya mau mengurangi jumlah gulanya karena takut kemanisan, tapi pas dipikir-pikir kan ada bubuk cokelatnya yang notabene pait jadi saya pikir nggak akan terlalu manis lah. Dan ternyata perkiraan saya tepat!!!! Selain itu moistnya juga bikin saya suka, karena dari cara pembuatannya cake ini termasuk yang butter type, jadi sudah pasti hasilnya moist.

Well....menyinggung Outbond nya anak-anak tadi, hari Sbtu kemaren mereka bener-bener have fun!!!!. Walaupun cuacanya panas, keringat dimana-mana tapi mereka enjoy dengan kegiatan outdoor nya kali ini. Sepertinya sudah bosen ya jalan-jalan ke Mall, nggak ada tantangannya. Paling cuma adem doang, jadi kalau yang bosen sama Mall...mungkin aktivitas yang satu ini bisa jadi pilihan buat putra-putri nya.







Have a nice day and stay cooking with love.....

-eeyand-

1 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...