" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 05 Mei 2017

Baking Seru dan Mudah Dengan Mixer Vicenza (Banana Boston Cream Cake)

Bismillah,
Alhamdulillah akhirnya setelah sekian lama saya bisa kembali menulis di blog ini. semoga blog ini masih memberikan maanfaat ya... :)

Ceritanya 2 minggu yang lalu Saya berkunjung ke event yang kalo saya tidak salah adalah event tahunan yaitu Big Bad Wolf Book Sale. Event dimana buku-buku baik dalam negri maupun luar negri di jual dengan harga yang miring (diskonnya sekitar 60-80%). gak mau ngelewatkan kesempata ini dong, secara buku-buku masakan dari luar nya menarik-menarik banget dan harganya nggak bikin kantong bolong, kecuali kalo kalap trus borong sekeranjang siiiiih... tetep jebol tuh kantong....hehehhe. 

The Humming Bird Bakery Home Sweet Home, inilah salah satu buku yang saya beli. 100 resep cake, cupcake, pie, dan aneka dessert manis lainnya siap dicoba di buku ini. Karena penasaran, nggak pake nunggu lama saya coba salah satu resep dalam buku ini, Bingung bener milih resep mana yang mau dicobain, keliatannya enak semuaaaa...heheh, dan tampilannya sangan menggoda hati..cantiiik!. Akhirnya saya pilih Banana Boston Cream Cake yang merupakan salah satu varian cake dengan kombinasi buah pisang. Bikinnya simple sih, nggak ada yang susah cuma memang butuh kesabaran karena stepnya lumayan banyak. 








Yang special lagi, baking Saya kali ini ditemani dengan mixer Vicenza VSM100 (Stand Mixer). Mixer yang hadir dengan 7 tingkat kecepatan ini sangat ideal untuk mencampur, mengocok dan mengaduk. Tujuh pilihan juga memudahkan saat hendak mengatur pencampuran adonan menjadi lebih merata. Dengan daya listrik 350 watt dan kapasitas besar 4,2 liter mixer ini dapat membuat adonan lebih banyak secara sekaligus dan menghemat waktu. Bodinya dan berbagai aksesorisnya dibalut dari stainless steel yang tak hanya memberikan tampilan modern namun juga membuatnya anti karat dan tahan lama. Mixer ini dilengkapi dengan 1 pengaduk adonan, 1 buah penghancur dan 1 pengocok yang terbuat dari bahan stainless steel. Pengaduk adonan mempermudah semua kerja keras dalam menguleni adonan berat, seperti roti dan pizza. Pengaduk adonan akan mendistribusikan ragi secara merata sehingga gluten tepung akan mengembang dengan maksimal. Mixer memiliki desain yang simpel dengan warna putih. Pengocok dan pengaduk adonan dapat dipisahkan dari badan mixer sehingga dapat dibersihkan dengan cepat dan mudah. Seru kaaaannnn..... !!!!

Yuk ahhh... langsung aja cek resepnya! 
Btw, saya bukan penyuka manis, jadi resep yang ada dalam buku jumlah takaran gulanya selalu saya kurangi.


Banana Boston Cream Cake
Source : The Humming Bird Bakery Home Sweet Home
(Saya terjemahkan dari resep asli)


Bahan-bahan (untuk cake) : 100 gr mentega tawar, suhu ruang 150 gr gula kastor 2 btr telur 1 bh pisang, tumbuk 125 gr soured Cream (Saya ganti pakai set yogurt) 1 sdt ekstrak vanili 300 gr tepung terigu 1/2 sdt garam 3/4 sdt baking powder 1 sdt Baking Soda
Cara membuat (untuk cake) :
  1. Panaskan oven sampai 170 deg celcius. siapkan loyang cake dengan diameter 20 cm. yang sudah dialasi dengan kertas roti dan dioleh mentega. sisihkan.
  2. Menggunakan mixer, kocok mentega dan gula bersama sampai ringan dan mengembang. Tambahkan telur satu per satu aduk rata .
  3. Dalam tempat terpisah, campurkan pisang yang sudah dihaluskan dan ekstrak vanila. ayak tepung, garam, baking powder dan baking soda.
  4. Dengan kecepatan sedang, tuangkan campuran soured cream ke dalam campuran mentega dan gula dan aduk rata untuk memastikan semua bahan tercampur. Tambahkan bahan kering dan aduk hingga adonan rata.
  5. Bagi adonan antara dua loyang dan oven selama 25-35 menit. Periksa kue yang dimasak dengan tusuk sate. cake harus ringan dan memantul kembali saat sedikit ditekan.
  6. Angkat dari oven dan biarkan dingin dengan sempurna.
Bahan-bahan (untuk custard)

250 ml susu utuh
1 sdt ekstrak vanili
3 btr kuning telur
50 gr gula kastor
15 gr tepung terigu
15 gr tepung maizena

Cara membuat (untuk custard)
  1. Rebus susu dan vanilla ekstrak.
  2. Dalam mangkuk, campurkan kuning telur dengan gula, tepung dan tepung maizena sampai membentuk pasta. Anda juga bisa menambahkan sejumlah kecil susu untuk mengencerkan campuran tepung.
  3. Setelah susu siap, tuangkan perlahan ke dalam mangkuk dengan campuran telur dan kocok sampai benar-benar tergabung.
  4. Tuangkan kembali ke dalam panci dan masak dengan api sedang, aduk terus, hingga membentuk cream yang kental. Prosesnya tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit.
  5. Setelah dimasak, tuangkan custard ke dalam mangkuk dan tutup dengan cling wrap untuk mencegah pembentukan lapisan kulit.
Note : Untuk adonan Custard ini saya tambahkan pisang yang dihaluskan biar rasa pisangnya makin terasa dan untuk tepung terigu dan maizenanya saya juga tambahkan masing-masing 1/2 sdm. tapi ini optional yaaaaa... :)





Bahan (untuk ganache) 

300 gr dark cooking chocolate 
300ml krim kental

Metode (untuk ganache) 

Tuangkan krim ke dalam panci masak di atas api sedang dan didihkan. 
Pecah cokelat menjadi potongan kecil ke dalam mangkuk. 
saat cream telah panas, tuang ke atas coklat dan biarkan selama beberapa menit. 
aduk rata untuk melelehkan semua coklat.

Menghias Cake
 
Setelah cake dan custard telah dingin, mulailah merakitnya. Tempatkan salah satu cake pada piring dan tuangkan custard di atasnya. Ratakan dengan pisau palet dan pastikan seluruh permukaannya tertutup. Tumpuk atasnya dengan cake lainnya. Bungkus kue dalam cling wrap dan taruh di lemari es untuk selama 45 menit lagi. Setelah itu selesai, keluarkan kue dari lemari es dan lepaskan cling wrapnya. letakkan cake di rak kawat yang telah ditata di atas loyang dan tuangkan ganache ke atas nya, pastikan seluruh kue sudah tercakup. Ulangi prosedur jika diperlukan. Terakhir, beri hiasan coklat serut diatasnya.

















I'm not the master in decorating a cake.... jadi tolong dimaafkan penampilan cake yang apa adanya ini... hahhaha. yang penting rasanya enak, itu sudah cukup banget lah.. :D. Tekstur dari cake ini padat ya...tapi nggak bantet, nggak kayak cake yang ringan membul2 itu. Kenyang banget makan se slice aja. 
BTW, itu tier cake juga dari Vicenza lho,,,, elegany banget ya.. simple tapi cantiiiik. cocok juga buat taruh cupcake2 unyu. Ini aslinya susun 3, tapi bisa banget dipakai sesuai keperluan. Nih contohnya saya pakai juga buat cupcake... dihias dengan bunga-bunga dan dedaunan bisa jadi cakep banget untuk center piece di acara-acara special.



Oke deeeh... sekian dulu sharing nya hari ini... semoga bermanfaat ya.. Stay cooking with love!!

-eeyand-

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...