" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Selasa, 18 September 2012

Pumpkin Bread


Roti ini di buat dari hasil oleh-oleh dari mudik. Dapet labu satu buah dari Mbah di Majalengka. Setelah dibikin Pumpkin Muffin, trus giliran yang satu ini dicobain. Sayangnya labu yang saya dapat sedikit berair gitu teksturnya. Nggak bisa lembut dan kesat. Jadi dengan ukuran adonan sesuai resep, hasilnya adonannya terlalu lembek dan lengket sekali di tangan. Akhirnya, jadi ditambah-tambah tepung lagi biar bisa kalis. Dah ketebak dong gimana kalo nggak taat resep, tapi...untunglah...walaupun lumayan ditambah banyak tepungnya, tapi hasilnya masih empuk. Fuuiihhh...legaaa!!!!!!.


Pumpkin Bread
Source : Aneka Roti, seri masak femina PRIMARASA

400 gr tepung terigu protein tinggi
1 1/2 sdt ragi instant
75 gr gula pasir
3 sdm susu bubuk
1 btr telur
100 ml susu cair
250 gr daging labu kuning, kukus, haluskan
1/2 sdt garam
75 gr mentega/margarine

Olesan dan taburan :
1 kuning telur, campur dengan 2 sdm susu cair
2 sdm gula pasir kasar untuk taburan
2 sdm mentega






Cara membuat :

  1. Taruh tepung terigu, ragi instant, gula, dan susu bubuk dalam mangkuk, aduk rata. Kocok telur, campur dengan susu cair, aduk rata.
  2. Masukkan labu halus dan campuran telur-susu ke dalam campuran tepung, uleni hingga rata. Tambahkan garam dan mentega, uleni diatas meja bertabur tepung hingga adonan kalis (Yulyan : pake mixer menguleninya)
  3. bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk. Tutup mangkuk dengan plastik, diamkan hingga adonan mengembang 2 kali semula (30 menit). Olesi bagian dalam 3 buah loyang ukuran 18 x 6 1/2 x 6 1/2 cm dengan margarine. Panaskan oven pada suhu 200 deg C.
  4. Kempiskan adonan dengan cara ditinju. Potong dan timbang adonan @40 gr, bulatkan, taruh diatas meja bertabur tepung sesuai urutan. ambil satu buah adonan yang sudah mengembang. pipihkan gulung memanjang hingga padat.
  5. Masukkan gulungan adonan ke dalam loyang, susun berdekatan hingga loyang terisi penuh dengan gulungan adonan. Biarkan adonan hingga mengembang kembali 2 kali semula (30 menit). Olesi permukaan adonan dengan campuran kuning telur-susu, lalu taburi gula pasir.
  6. Masukkan loyang kedalam oven, panggang hingga matang (30 menit) dan kecoklatan. Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan roti dengan mentega/margarine. Keluarkan roti dari loyang, taruh diatas rak kawat hingga dingin.
Selain tanpa rasa, saya juga membuat variasi roti ini dengan memberikan isian coklat masak. Rasanya jadi lebih yummy dong ya...dan anak-anak jelasss...lebih suka yang ada isi coklatnya dari pada yang polos. Sedangkan untuk taburannya, gula pasir saya ganti dengan wijen. Dan resep ini sangat cocok untuk menu sarapan atau menu bekal sekolah anak-anak.



Stay cooking with love....

-eeyand-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...