" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 14 Desember 2012

Roll Me Up

*Bbbbrrrrrr.....*, disini lagi hujan hawanya dinginnnnn... bawaannya jadi pengen nempel di bantal dan krukupan selimut. Tapi!!!! saya sudah berjanji sama temen-temen Pawon Ibu untuk posting resep Monthly Event Bulan ini yang temanya "Roll Me Up" dimana saya sendiri yang jadi host nya. Karena di group dah ada yang nanyain, "Bu, mana resepnya nih?", padahal sebagai bagian dari Tim Admin saya yang suka nanyain itu ke temen-temen lain yang setor tanpa resep. Ehhhhh.... lah kok saya begitu juga... gubarkkk. *timpukkepalapakebantal*.

*Nyruput teh anget*..... awalnya saya nggak nyangka bakal bisa setoran lebih dari satu untuk bulan ini. Malahan takut nggak bisa ikut meramaikan. Ehh.... ternyata sudah dapet 4 setoran, nggak kerasa... beneran gas poll rem blong kata temen-temen.. :D. Sedikit cerita, bulan ini rencananya Abang mau sunat tepatnya sih liburan sekolah besok. Pas beberapa teman tau tentang hal ini, saya rada bingung dengan pertanyaan mereka yang 100% sama semua. Ya.... 100%!!!!. pertanyaan itu adalah ..."Emang udah mau?". Dan saya selalu jawab.. "Harus mau!", hehe. Bukannya memaksa, tapi ini demi kebaikan dia juga karena usianya tahun depan sudah 8 tahun, dan sekarang ini waktunya sudah cukup buat dia untuk disunat. Jadi...... yang kuat ya bang, sakitnya dikit kok!!! (Bunda bo'ong...kan bunda nggak pernah ngerasain.. hehe).

Dan, karena salah satu kesibukan dan kesibukan lain-lain itulah tadinya saya nggak tau bisa ikutan ME bulan ini atau nggak. Tapi ternyata diluar dugaan, ini tidak lain karena saya begitu cintaaaaaaa dengan Pawon Ibu dan teman-teman didalamnya... *nggombal* :D.


Jangan puyeng ya liat foto saya diatas yang penuh dengan makanan yang melingker-melingker, karena memang bulan Ini Pawon ibu lagi ngadain Event dengan tema segala sesuatu yang digulung!!!!. Kecuali kasur gulung, selimut gulung, bantal gulung.....(haduhhh...pengaruh hawa dingin nih!). Yang jelas makanan yang prosesnya dengan digulung. Yang ada dipikiran saya saat itu adalah roti isi sosis, karena itu yang sering saya buat untuk anak-anak. Tapi kan nggak seru ya kalo cuma roti... cari yang lebih seru napa!!, basi bangetttt!!. Ya sudah kita ganti rotinya dengan puff pastry, lebih seru nggak?? *garukgarukkepala*. Yang jelas lebih simple, dan berkelas.. :D. Dan yang lebih penting lagi dari semua itu adalah, anak-anak suka, that's it!!!



No recipe required!!! yup.... tidak butuh resep, cemilan ini sangat simple dan cepat. Kemarin saya buat untuk cemilan weekend ayah dan anak-anak. Saat mereka pergi potong rambut saya baru bikin, selesai mereka pulang potong rambut cemilan ini sudah ada dimeja. Paling nunggu sebentar buat di foto dulu sama bunda.

Sausage Roll

Ingredients :
Puff Pastry
Sosis
Kuning telur
Wijen

Method :
Potong sosis menjadi dua bagian, lalu potong lembaran puff pastry sesuai dengan ukuran sosis. letakkan sosis di salah satu sisi puff pastry yang sudah dipotong, lalu gulung hingga seluruh sosis tertutup. Letakkan diatas loyang yang sudah dioles margarine atau dialasi kertas roti. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur, lalu taburi dengan wijen. Oven selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 200 deg C hingga matang. Sajikan dengan saus atau sambal botolan, atau bisa juga dengan mayones. Simple kan???


Lanjut ke resep kedua, saya bikin Rolade tapi sedikit diberi sentuhan istimewa dengan ditambahkannya brokoli dan oatmeal ditambah siraman saus barbeque *nyamm* . Buat ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur, ini salah satu trik untuk menyembunyikan sayur didalam daging. Tapi tidak buat anak saya, dia akan tetap bertanya, "Sayurnya apa bun?". Alhamdulillah anak-anak saya bukan termasuk anak-anak yang susah makan sayur, kecuali adek yang udah bete duluan kalo liat sawi, karena dia susahhhhhhhhh.... buat menelannya.



Rolade Daging Brokoli Oatmeal

Ingredients :
300 gr daging giling
100 gr brokoli, potong kuntum, seduh air panas
3 sdm oatmeal
1 btr telur
100 gr bawang bombai, cincang
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt garam
1/3 sdt gula pasir
1/2 sdm kecap inggris
4 btr telur untuk kulitnya, dadar menjadi dua lembar kulit.

Saus barbeque :
300 ml air kaldu
1/4 bh bawang bombai, iris tipis
4 sdm saus barbeque
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdt air


Method :

  1. dengan menggunakan food processor, campur daging, brokoli, oatmeal, dan telur. Proses hingga benar-benar halus. Bumbui dengan lada, garam, gula, kecap inggris dan bawang bombai cincang, aduk rata. Bagi dua bagian yang sama.
  2. Ambil satu buah telur dadar, ratakan adonan daging dipermukaannya, lalu gulung dang bungkus dengan aluminium foil. Lakukan hal yang sama untuk sisa daging yang lain.
  3. Kukus didalam kukusan yang telah dipanaskan selama kurang lebih 30 menit hingga matang, potong-potong saat sudah dingin.
  4. Saus barbeque : panaskan margarine, tumis bawang bombai hingga harum, lalu tambahkan air kaldu, saus barbeque, lada, garam, dan gula, aduk rata, masak hingga mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali. Angkat.
  5. Sajikan Rolade dengan siraman saus barbeque diatasnya.

Nah.... yang ini kembali lagi dengan si puff pastry. Karena setelah bikin Sausage roll weekend kemaren puff pastry nya masih sisa, karena cuma kepake satu lembar. Dipikir-pikir, dari pengalaman saya selama ini kalo puff patry udah dibuka dan dibiarin ngendon mulu di kulkas...penampakannya dah nggak asik lagi. Ini beberapa penyebab nya kenapa si puff pastry itu nggak asik lagi. Pertama, saya tidak punya tempat kedap udara yang cukup lebar yang bisa menggantikan tempat puff pastry yang dari kardus itu. Dimana kalo plastik pembungkus kardusnya udah dibuka, maka saat si kardus masuk kulkas..otomatis dia bakalan letoy dan lembab karena basah. Kedua, kulkas saya kecil, jadi dengan adanya si kardus puff pastry yang rada lebar itu jadi berebut tempat dengan penghuni yang lain. Alhasil... kemasannya bisa penyak sana penyok sini. Ketiga, kalo saya udah kehilangan mood si puff pastry ini bener-bener jadi penghuni terlama di kulkas, dan sampai akhirnya dia harus berakhir di tempat sampah karena saya lupa kalo tanggal kadaluarsanya sudah lewat *doenkkk*, dan Keempat, ini sebetulnya masalah saya dan belum tentu anda alami juga... (penting g sih bahasannya?) :p.

Back to the recipe.... but actually still no recipe required. Kalo anda tinggal jauh dari Bandung, dan kangen dengan salah satu oleh-oleh khas bandung. Cemilan yang satu ini bisa dibilang KW 1 nya molen pisang. Ya... kalo hanya untuk mengobati rasa rindu, cukuplah....dari pada harus jauh-jauh ke Bandung, cukup dengan waktu 30-45 menit udah bisa menikmati Molen Pisang KW 1 buatan sendiri. 

Banana Cheese Roll

Ingredients :
Puff pastry
Pisang Raja, kukus, potong dua bagian
Keju Cheddar, potong kotak panjang
Kuning telur
Keju Cheddar parut, untuk taburan

Method :
Potong puff pastry sesuai ukuran pisang, lalu letakkan pisang diatasnya, tambahkan keju yang sudah dipotong, lipat sisi puff pastry lalu gulung. Oles dengan kuning telur, taburi keju, lalu oven dengan suhu 200 deg C selama kurang lebih 30 menit hingga matang.

Sebetulnya kalau mau pake adonan pastry sendiri pasti bakalan lebih enak kali ya.... cuma berasa ribetttt... hehehe, saya lebih suka yang simple. Walaupun sebagai pecinta baking, it's worth to try.... itung-itung belajar gitu. Mudah-mudahan malesnya nggak mampir... :D 


The last!!!!!! episode penghabisan puff pastry. 

Raisin Almond Roll

Ingredients :
Puff pastry
Margarine
Gula Palem
Kayu manis bubuk
Almond flakes, remas-remas
Kismis

Method :
ambil satu lembar puff pastry, lalu plesi dengan margarine. Taburkan merata di seluruh permukaannya secara bergantian, gula palem, kayu manis bubuk, almond, dan kismis. lalu gulung. Potong-potong selebar 2 cm, lalu pipihkan dengan menggunakan rolling pin. Letakkan diatas loyang yang telah dioles margarine atau dialas kertas roti. Oven selama kurang lebih 20 menit dengan suhu 200 deg C hingga matang.



Yuppp... selesai sudah posting setoran untuk bulan ini. Stay cooking with love friends!!!!

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...