" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Kamis, 17 Januari 2013

Cerita Liburan Sekolah

Wow.... hujannya belum berhenti juga, Ayah sudah berangkat ke kantor, Abang juga sudah ke sekolah. Tinggal Adek yang masih menikmati dinginnya udara pagi hari ini di atas kasurnya. Sudah lama juga belum update blog, karena masih sibuk dengan urusan anak-anak dan lainnya tapi aktivitas masak dan bikin kue sih jalan terus.. ^^. Dan Alhamdulillah, akhirnya liburan kemarin Abang jadi juga di sunat, walaupun perjuangannya menuju kamar operasi...hhhfffttttt..... beratttttt!!!!!! banyak banget a..i..u..e..o.. nya, yang mules lah, yang mau muntah lah.. yang nanti lah... sampe hampir aja sunatnya diundur, karena dokter anastesinya nggak bisa nunggu lagi. Dan akhirnyaaaaa..... setelah beberapa detik saat dokter anastesi berhasil memasukkan obat biusnya.. *plekk... langsung tidur, dan waktunya dokter bedah umum pun bekerja. Setelah kurang lebih satu jam, abang sudah ada di ruang pemulihan. "Yeaaayyyy..... Abang di sunat euyy!!!!!"... :D.


Beberapa hari sebelum disunat, Abang dan Adek sempet praktek bikin waffle. Jadi awal ceritanya, waktu jalan-jalan ke toko buku si Abang minta buku angry birds... bukan sembarang angry birds karena ternyata didalamnya itu isinya resep-resep masakan. Wkkwkwkkkk.....Ayahnya mendelik kebingungan waktu dia milin itu.. "Abang ngapain beli buku resep? dirumah buku resep Bunda juga udah banyak, mending cari buku yang lain aja", "Nggak mau!!! pokoknya Abang maunya yang ini!!"... ya sudahlah... Bundanya sih cuma senyum-senyum aja, ternyata keranjinganku ngumpulin resep nular ke Abang.. :D.

Dan setelah sekian lama memndam hasrat, akhirnya tiba juga kesempatan Abang nyoba salah satu resep di buku itu. Saya pilihin aja yang mudah dan bisa dikerjakan sendiri oleh mereka. Dan pilihannya jatuh pada waffle. Semua proses mereka kerjakan berdua, Bundanya hanya mengarahkan dan moto-moto.... kecuali pada bagian yang berhubungan dengan kompor, saya masih belum bisa lepas total. Well..... they really have fun... ^^.



Memasak itu menjadi sebuah hal yang ternyata cukup menyenangkan buat anak-anak, terutama untuk anak-anak saya. Mereka selalu antusias pengen ikut ambil bagian saat saya memasak, kalau ditanya kenapa.. si Adek punya jawaban yang cukup bikin saya meleleh.. "Adek pengen dapet pahala.." katanya... hehheh... ^^.
Dan ini ada dua resep yang sempat saya foto selama liburan kemaren, keduanya simple banget...



Kroket, simple??? ya.. simple, karena saya pake mash potato yang siap pakai. Tinggal tambah air panas jadi deh.. ^^. Hanya saja penggunaan air panasnya saya kurangi dari petunjuk kemasannya. Pedomannya adalah saat dia sudah cukup untuk dipulung dan tidak terlalu lembek atau keras. Isiannya bisa macam-macam sesuai selera, daging, ayam, ikan... as you like!!. Dan di supermarket, varian mash potato itu cukup beragam, ada yang dengan wortel, atau brokoli. Ini bisa jadi nilai plus didalam kita membuat kroket, karena sudah ada kandungan sayur didalamnya. Hanya saja, saya belum pernah menemukan didalam ingredients nya yang MSG Free, jadi cukup sesekali aja menggunakan cara simple ini... ^^


Sedangkan untuk puding rotinya, dapat inspirasi dari buku Mastering The Art of Baking, rotinya dioles dulu dengan mentega dan selai. Karena selai yang ada di rumah selai raspberry, ya pakenya yang itu aja. Jadi setelah roti dipotong empat bagian, lalu oles dengan mentega dan selai, tangkupkan lalu atur dalam pinggan tahan panas. Nah, untuk cairannya saya punya pedomam 180 ml cairan untuk 1 btr telor. Dan cairannya bisa dikombinasikan antara susu cair dan cream, dan kalau rotinya banyak cairannya tinggal ditambah aja dengan pedoman yang sama. Jangan lupa menambahkan vanili extract agar tidak amis.


So... cukup sekian cerita saya tentang liburan sekolah kemaren. Dan sekarang kembali menjalani hari-hari yang sibuk dengan jadwal yang padat, ditengah guyuran hujan yang hampir tiap hari turun. Tetap semangatttttt and.....Stay cooking with love....

-eeyand-

7 komentar:

  1. hmmmm...asyiknyaaaaaa yg bikin waffle, ngiler deh lihat foto foto kece mbak Iyan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... anak-anak sukaaaa sekali dengan kegiatan masak, mungkin karena pengaruh bundanya kali ya.. ^^. Makasih pujiannya... foto2 mbak hesti juga aduhai....

      Hapus
  2. vanili extract bukannya mengandung alkohol mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah beli di sebuah supermarket mbak, merk nya ja**, setelah liat ingredients nya ternyata ada kandungan alkoholnya. Sejak itu gak pernah beli vanilla extract lagi. Pas ke TBK, saya nanya ke penjualnya dan penjualnya memastikan bahwa vanilla extract yang dia jual non alkohol. Jadi kalo boleh saran, pastikan ke penjualnya mbak apakah mengandung alkohol atau tidak. Atau lebih amannya pakai vanilla bean, tetapi harganya lebih mahal.

      Hapus
  3. Liburan memang selalu menyenangkan friend,
    mampir dong ke tempat wisata di Belitung... siapa tahu dapat kisah yang lain. :-)

    PULAU LENGKUAS BELITUNG ISLAND

    BalasHapus
  4. Kalian butuh bantuan untuk merencanakan perjalanan wisata, kami akan dengan senang hati membantu kalian. Kami menyediakan berbagai macam paket wisata Jawa dan Bali, dengan fasilitas armada yang baru dan bersih juga crew yang ramah - ramah menjadikan perjalanan kalian berkesan dan pastinya beda dengan yang lainnya.
    Semua paket kami sudah free dokumentasi yah, ada DSLR ada Kamera Underwater.

    Kami melayani paket wisata :
    1. Malang - Batu
    2. Yogyakarta - Gunung Kidul
    3. Banyuwangi
    4. Bali
    5. Ziarah wali
    6. Study Tour & Outbound
    7. Dll sesuai permintaan

    Ada promo menarik, bagi yang merefrensikan kami untuk menjadi agen perjalanan kalian dapatkan "CASHBACK".
    Untuk harga bisa di nego kok, jadi jangan takut harga mahal.

    untuk info bisa Hub.
    SMS / WA : 085730077308
    BBM : 7ECC7D00

    mau lihat history tour kami bisa langsung folow Instagram kami yah
    halo_indonesia

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...