" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 06 Februari 2013

Oat Cheese Apple Muffin


Muffin ini saya buat dua hari yang lalu untuk sarapan, hari Senin.. hari yang menurut saya selalu menjadi hari yang tersibuk. Mungkin karena efek kemarennya hari minggu kali ya....abis santai karena liburan, kemudian kembali bertemu rutinitas, jadinya terasa agak berat dibandingkan hari yang lain. Dan akhirnya baru bisa posting di blog malam ini.

Sedikit bercerita tentang banjir yang kembali terjadi di Jatiasih hari Senin malam yang lalu, karena luapan sungai bekasi beberapa perumahan terendam oleh banjir. Dan yang paling parah adalah perumahan Pondok Gede Permai yang menurut kabarnya ketinggian banjir mencapai 4 meter. Kebetulan tempat banjir itu tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya. Dan paginya, hari Selasa...sekolah anak-anak pun diliburkan karena ikut terkena banjir. 

Saya dan teman-teman hari itu memutuskan untuk sedikit memberi bantuan dengan membuat nasi bungkus untuk para korban banjir. kemudian saya merenung, tak bisa membayangkan jika saya berada pada posisi mereka. Rumah yang terkena banjir menyisakan lumpur yang begitu tebal, keadaan rumah yang kotor, porak poranda, dan entah apakan masih ada barang yang bisa diselamatkan oleh mereka atau tidak, dan masih banyak lagi kesulitan yang harus mereka hadapi. Subhanallah..... bersyukur atas segala nikmat yang saat ini saya dapat!!!! itu yang bisa saya lakukan, karena disaat yang sama ada orang yang tidak dapat merasakannya. Semoga bencana ini segera usai dan mereka dapat menjalani kehidupan mereka kembali dengan lebih baik...Amin.



Kembali berbicara tentang muffin, resep asli dari muffin ini saya ambil dari buku Anela Muffin, Primarasa. Hanya saja saya mengganti beberapa bahan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan saya. Seperti menggantikan sebagian tepung dengan oatmeal, mengurangi takaran gula, mengganti walnut dengan almond, dan butter saya ganti dengan sun flower oil. 

Hasilnya, perfecto!!!!!! semua suka.... dan pastinya Ayah lebih suka karena saya mengganti sebagian tepung terigunya dengan oatmeal. Satu hal tentang mengganti bahan didalam resep adalah, kita harus memastikan bahwa bahan penggatinya mempunyai karakteristik yang sama dan ukuran yang sama dari bahan sebelumnya. Sebagai contoh, saya menggantikan butter yang dilelehkan dengan sun flower oil, dimana keduanya mempunyai karakteristik yang sama. tepung dengan oatmeal, dan lain sebagainya. 

Ini salah satu cara agar kita bisa memberikan sentuhan "health" pada makanan ataupun cemilan yang kita santap. Jika ingin lebih tau tentang bahan-bahan pengganti yang lebih sehat untuk kue.... coba baca artikel yang cukup bagus ini, Bahan-bahan Sehat Untuk Adonan Kue (1)Bahan-bahan Sehat Untuk Adonan Kue (2). 


Cream cheese diatas mempunyai kalori yang cukup besar, salah satu solusi sehatmya bisa diganti dengan cream cheese rendah kalori, atau kalau saya lebih prefer menggantinya dengan set plain yogurt. Agar pada saat makan tidak ada "rasa bersalah" kepada perut dan paha yang semakin melebar.. hehehhe. But overall, it's highly recommended!!! 



Stay cooking with love...

-eeyand-

4 komentar:

  1. pagi2 udh liat makanan enak, jadi ngiler
    salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali...terima kasih.

      Hapus
  2. Sore mba, aku suka sekali lihat blog mba yulyan. Fokus dan total sekali penyuguhannya. Saya suka sekali masak, walau belum terlalu jago hehehe. setelah lihat blog mba, jd semakin suka masak dan mau coba resep2nya. Saya juga baca, mba rumahnya di dekat villa nusa indah ya waahh senangnya, saya di villa soalnya. Mau dong mba diajarin masak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiyaaaa???? di vila berapa? aku di vila 3, yukkk...dengan senang hati kalo mau belajar bareng2...saya juga nggak jago2 amat kok, hehee.. aniwei thx dah mampir di sini ya mbak navika, salam kenal...

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...