" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 29 Juli 2013

Parade Kue Lebaran (Part I)


Masih pada puasa?????? harus dong ya... nggak kerasa puasa udah mau selesai aja, semoga dihari-hari terakhir kita makin semangat ibadahnya, ya!!!!.  Ngomongin puasa, lebaran nggak akan jauh-jauh dari tradisi bikin cookies. Minimal satu atau dua macem lah...buat menuh-menuhin meja lebaran nanti. Dan inilah beberapa cookies yang saya buat untuk lebaran tahun ini....


Yang pertama adalah, Parmesan Cheese Stick. Resep aslinya saya ambil dari NCC, tapi sedikit saya rubah sesuai selera dengan menambahkan sedikit air dan keju. Resep yang saya cantumkan adalah untuk ukuran 2 resep. Jadi kalo mau bikin untuk sekedar ngemil-ngemil, pakai setengahnya saja.

Parmesan Cheese Stick

Ingredients :
600 gr tepung terigu
400 gr tepung sagu
2 sdt garam
8 butir telur
50 ml air dingin
60 gr margarine
250 gr keju parmesan


Method :
Campur tepung terigu, sagu, dan garam. aduk rata menggunakan spatula.
Buat cekungan ditengah dan masukkan telur. uleni hingga kalis (saya menggunakan mixer).
Masukkan keju, uleni hingga rata kembali. Tambahkan air, uleni.
Masukkan margarine, dan uleni terus hingga kalis.
Ambil sebagian adonan, lali tipiskan dengan menggunakan gilingan mie, hingga halus permukaannya.
setelah ditipiskan, giling dengan pisau mie yang berukuran paling lebar.
Goreng dalam minyak banyak hingga kecoklatan.


Note : Sebelum diolah, saya memarut keju parmesan sehari sebelumnya. Caranya dengan memarutnya tanpa menekan. Sehingga hasil parutannya lebih halus, setelah itu angin-anginkan selama sehari hingga keju agak kering. Setelah itu keju siap diolah.



Yang kedua adalah Cereal Doggies Cookies, kalau resep cookies unyu satu ini dah 2 kali saya posting. Yang satu versi pake milo, dan satu lagi versi pake cereal energen yang kacang hijau. Nah... kalo yang saya buat sekaran ini saya pake cereal energen yang coklat. Tasanya gurih dan tidak terlalu manis, anak-anak doyannnnnn!!!!. Cek resepnya di-SINI ya.... ;)


Yang ketiga yaitu, Sagu Keju Cornflakes. Yang satu inipun juga sudah pernah saya posting di sini. Apa yang membuat saya lebih jatuh cinta dengan yang satu ini dibandingkan sagu keju yang biasanya. Cornflakes!!!! yup.... cornflakes nya itu saat dimakan jadi ada kresss..kresss..nya gitu. Sedangkan sagu kejunya sendiri lumeeeerrrr dimulut. Kesukaan saya yang ini!!!!!.. :D Cek resepnya di-SINI yaaaaa...


Lanjuuuutttttt.... yang keempat, ada Almond Cheese Crisps. Apa itu?????? kalo yang ini ada ceritanya. Kemarin, pas liburan sekolah saya sekeluarga pulang ke Surabaya. Singkatnya, si Ayah dapet info kalo di Surabaya oleh-oleh yang lagi happening itu adalah Almond Cheese Chips, belinya di Olino's Bakery yang kebetulan tempatnya nggak jauh-jauh amat sama rumah mami. Tetapi sodaraaaaa.... ternyata setelah ditelepon kesana, ini kue mesti mesen dulu!!!! nggak langsung ada!!! *duhhh kahh.. Dalam hati, emang kayak apa sih kuenya kok sampe harus pesen dulu, dan tenyata juga nggak jodoh, karena saya keburu pulang. Huuuuuhhh.... penasaran, searching-searching...liat penampakan kuenya, kok bisa tipisssss gittu ya langsung keinget sama TUILES!!!. 

Berasa kepedean, akhirnya saya berkoar-koar ma si Ayah, mau bikin kue yg  kemaren gak sempet kebeli itu. 
Kata ayah, "emang bunda sudah pernah nyoba???"
"Belum... "
"Lha...terus, gimana bunda tau kalo yang bunda bikin itu sama kayak yang dijual di surabaya"
"Kan bunda bikinnya pake asumsi... :p"
*dhooowwweeeennnkkkkkkkk.....wennnkkk...weennnkkkk.... kata ayah. :D :D

Akhirnya, untuk membunuh *kejem amat yakkk bahasanya* rasa penasaran saya, saya minta tolong sama Ayah untuk membawa 1 toples kecil si kue ini ke kantor. Kebetulan ada teman kantor ayah yang sudah pernah nyobain yang versi aslinya, nah saya minta tolong dia buat bandingin sama versi KW pake asumsi buatan saya. hehhehehe...... sok kepedean gak siiihhh???? dan sampai saya posting disini, kue itu belum dicoba karena belum waktunya buka puasa.. :D

Yukk..... ricek dulu aja resepnya, mau sama atau tidak dengan versi aslinya, yang jelas rasanya enak that's it!!! 

Almond Cheese Crisps

Ingredients :
50 gr mentega
90 gr gula halus
2 putih telur
90 gr tepung terigu protein rendah
almond slice, secukupnya untuk taburan
keju cheddar parut, secukupnya untuk taburan

Method :
Campur mentega dan gula, kocok hingga lembut dan pucat.
masukkan putih telur, kocok rata.
ambil setengah sendok teh adonan, pipihkan diatas loyang yang dialasi kertas roti hingga membentuk lingkaran yang tipis dengan bantuan sendok.
Taburi dengan almond dan keju parut secukupnya.
Oven selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 220 deg C hingga kecoklatan.

Note : kesulitan saat membuatnya yaitu pada tahap pengovenan. Rada-rada tricky biar si "keripik" ini nggak gosong tapi kering. Jadi sering-sering cek oven aja ya... 


Dan yang terakhirrrrrr *finally* Peanut Butter Cookies, nggak perlu cerita panjang lebar kalo yang ini, langsung cek resep ajah yaaaaa... 

Peanut Butter Cookies

Ingredients :
150 gr tepung terigu protein rendah
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
115 gr mentega
110 gr gula pasir
1 btr telur
250 gr selai kacang crunchy

Method :
Campur tepung, baking soda dan garam, sisihkan.
Kocok mentega dan gula hingga lembut dan pucat, tambahkan telur dan selai kacang, kocok rata.
Tambahkan campuran tepung, aduk hingga rata.
Diamkan selama 30 menit di dalam lemari es hingga adonan set.
Ambil adonan sebanyak 1/2 sdm, bulatkan, lalu tekan menggunakan garpu.
Oven selama 20-25 menit dengan suhu 180 deg C hingga matang.

Selesai sudah edisi baking PART I ini, artinyaaaa.... masih ada kelanjutannya, ditunggu ya postingan selanjutnya. Stay cooking with love....

-eeyand-


1 komentar:

  1. permisi numpang promo

    Refiza Souvenir menyediakan berbagai macam souvenir tasbih, souvenir Buku Yasin, souvenir Buku Doa Menjelang Pernikahan, souvenir Buku Tasyakuran, Souvenir Buku Aqiqah, souvenir Buku 4 Bulanan, souvenir Buku Surah Al-Kahfi. cek katalog kita di www.refiza.com

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...