" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 02 September 2013

Kepiting Bumbu Kuning


Kemaren, saya mengajak anak-anak belanja di Fresh Market Kota Wisata, suasana pasarnya cukup nyaman untuk ngajak bocah. Dari pada jalan-jalannya ke mal terus, ya sekali-kali amis-amisan di pasar. Pas liat kepiting... Adek tarik-tarik jilbab Bunda.

"Bunda..bunda... masak kepiting dong!!! ".

Kalau ada makanan yang minta Adek, rasanya pantang buat nolak... maklum, soalnya anak saya yang bungsu ini perawakannya mungil dan moody banget selera makannya. Jadi pas dia mau, saya usahakan untuk nuruti. Asalkan nggak macem-macem aja mintanya sih pasti dikabulin deh... ^^. Dan, jenis masakan seafood yang paling sering masak adalah bumbu kuning ini. Anak-anak sukaaaaaaa..... dan nggak ribet pula bikinnya. Yukk ah.. cek resepnya.

Kepiting Bumbu Kuning

Ingredients :
1 kg kepiting, belah dua, bersihkan.
1 btg daun bawang
1 sdm air jeruk lemon
2 lbr daun jeruk
Garam, lada dan gula secukupnya
Air
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
2 bh bawanng putih
6 bh bawang merah
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe

Method :
Cuci bersih kepiting yang sudah dibelah dua (jadi kepitingnya udah mati ya, bukan masih hidup), lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan sebentar. Masak air hingga mendidih, masukkan jahe geprek dan sedikit garam. Masukkan kepiting rebus sebentar saja kurang lebih 2 menit. Angkat.
Buka cangkang diatasnya bersihkan kotorannya, lalu cuci kembali. Tiriskan.
Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, masak hingga bumbu matang.
Masukkan kepiting aduk-aduk sebentar. Tambahkan sedikit air masak hingga bumbu meresap.
Bumbui dengan garam, lada dan gula secukupnya, aduk kembali.
Masukkan daun bawang yang sudang diiris tipis, dan air jeruk lemon.
Aduk sebentar dan masak hingga bumbu mengental.
Angkat, sajikan.



Masakan ini juga cocok untuk udang, ikan, cumi atau kerang. Enakkkk!!!! 
Stay cooking with love...

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...