" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Minggu, 12 April 2015

Kelezatan Kupat Tahu Saat Menuju Garut

Pemandangan di Situ Bagendit, Garut


GARUT, sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya di timur dan Kabupaten Sumedang di Selatan serta Kabupaten Cianjur dan Bandung di barat. Mempunyai pesona alam yang sangat indah. 

Ini adalah perjalanan pertama Saya ke Garut, Saya berangkat dari Bandung karena sebelumnya menginap dulu di tempat kakak Ipar. Tujuan utama adalah ke Gunung Papandayan. Rasanya sudah tidak sabar aja ingin melihat pemandangan yang menyejukkan mata disana. 

Diperjalanan menuju Gunung Papandayan, Saya bersama keluarga menyempatkan diri untuk mampir makan kupat tahu di pinggir jalan di daerah Leles. Karena berangkatnya pagi dari Bandung jadi belum sempat sarapan. Duuuhhh..... itu makan kupat tahu buat sarapan berasa nikmaaaat banget. Bumbunya legit menggigit, kupatnya lembut dan gak keras, Saya sukaaa!!!!.



Setelah perut kenyang, kamipun melanjutkan perjalanan meuju Papandayan. Sesampainya disana, karena saat itu long weekend pagi-pagi parkiran sudah dipenuhi mobil pengunjung, rameeee sekali!!!. setelah dapat tempat parkir, kamipun jalan menuju ke puncak Papandayan. Belum sampai ke puncak, kami sudah disambut dengan pemandangan yang luar biasa, kabut turun beberapa kali menutupi jalan kami, namun itu jadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Sayangnya saat kami sedang menikmati keindahan itu, kami harus menyerah dengan hujan yang tiba-tiba turun begituuuuu deras. Jalanan setapak dan berbatu menjadi sulit bagi kami untuk menuruni Gunung. Tapi cukup puas dengan apa yang sudah kami nikmati disana, walaupun belum sempat untuk mengeksplor lebih jauh karena hujan. Mungkin lain waktu kami bisa punya kesempatan untuk mengunjungi kembali Papandayan.


Situ Bagendit, Garut

Situ Bagendit, Garut

Aneka macam Chocodot, D'jien dan Tas Kulit, Sukaregang
Hari berikutnya, setelah selesai sarapan dan beres-beres, kami check out dari Hotel menuju Sentra Kerajinan Kulit di Sukaregang, Jl. Ahmad Yani, Garut. Siap-aiap kacamata kuda kalo kesini yaaa...hehhehe. Karena bawaannya pengen boroooong itu tas, jaket, sandal, topi dan pernik-pernik lain dari kulit. Setelah dirasa cukup memuaskan keinginan untuk belanja, perjalanan kami lanjut ke salah satu pusat oleh-oleh Garut yang tersohor, D'jien. Disana kita dimanjakan dengan berbagai macam jenis coklat dan olahannya. Uniknya, coklat yang diberi merk Chocodot ini merupakan perpaduan antara coklat dan dodol garut. Rasa manis legit dan unik karena berpadu dengan dodol. Salah satu olahan coklat lainnya adalah Brodol. Hampir sama dengan Chocodot yang mengkombinasi coklat dan dodol. Brodol ini merupakan kombinasi dari Brownies dan dodol, yang pasti rasanya juga enak!!.

Puas belanja-belanja, perjalan Kami berlanjut ke tujuan berikutnya yaitu Situ Bagendit. Situ Bagendit adalah sebuah Danau yang berada di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Situ Bagendit menawarkan pemandangan Danau yang terhampar luas yang dikelilingi oleh gunung-gunung. 





Menaiki sampan adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan alam di Situ Bagendit, sambil menikmati air kelapa muda yang disajikan langsung dari batoknya yang bisa di beli di tengah-tengah danau.


Situ Bagendit, Garut




Setelah beberapa hari pulang dari Garut, Saya mencoba untuk membuat sendiri Kupat Tahu yang sempat Kami cicipi di Leles, Garut. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya sangat sederhana, dan bisa dipastikan anti gagal karena tingkat kesulitannya rendah. Yukkk kita bikin kupat tahu dirumah.. ;).

Bahan-bahan untuk membuat Kupat Tahu



Kupat Tahu

Bahan-bahan :
3 buah lontong/ketupat,potong-potong
5 bh tahu, goreng, potong-potong
150 gr touge, seduh air panas
2 bh timun (optional, boleh pake boleh tidak)
3 btng daun seledri, iris halus
Bawang merah goreng untuk taburan secukupnya

Bumbu Kacang :
150 gr kacang tanah, goreng
3 siung bawang putih, goreng utuh
3 bh cabe merah besar, atau sesuai selera tingkat pedasnya
1 sdt terasi matang
50 gr gula merah
2 sdt garam, atau sesuai selera
2 sdm air asam jawa
500 ml air

Pelengkap :
Krupuk
Sambal (rebus cabe, lalu haluskan dan tambahkan sedikit air dan garam)

Cara membuat :
1. Bumbu kacng : campur semua bahan bumbu dalam blender, lalu blender hingga halus. Panaskan wajan lalu masak bumbu dengan api sedang hingga matang dan berminyak.
2. Tata bahan-bahan kupat tahu dalam piring, siram dengan bumbu kacang, taburi dengan seledri dan bawang merah goreng.
3. Sajikan kupat tahu bersama krupuk dan sambal.





Stay Cooking with love....

-eeyand-


6 komentar:

  1. wahh mba aku tinggal d garut,knp gak coba ke waterboom darajat atau ke talaga bodas,bagus pemandangannya mbaa.. mari mampir ke garut lagi...

    BalasHapus
  2. wahh mba aku tinggal d garut,knp gak coba ke waterboom darajat atau ke talaga bodas,bagus pemandangannya mbaa.. mari mampir ke garut lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak vanissa... kemaren anak-anak nggak tertarik ke water boom. Telaga bodas ya... wah boleh tuh kalo pas ke garut lagi. Thx infonya yaa..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...