" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Minggu, 19 September 2010

Donat Kentang

Hallooo...... dah lama nih nggak posting-posting lagi di blog, jadi kangen.... akhirnya cari-cari koleksi foto yang resepnya belum di posting...hehehhee. Dan...nemu deh, resep yang sudah jadi favorit anak-anak... Donat Kentang..



Donat Kentang
Source :  100 Resep Makanan Sehat untuk Balita, Tuti Soenardi

Bahan:
1/2 kg kentang, kukus dan haluskan
1/2 kg tepung terigu
4 sdm gula
4 sdm mentega
4 butir  kuning telur
1 butir putih telur
1 sdt garam
4 sdm susu bubuk
10 gram ragi instan (aku : pake fermipan 1 sachet, kalo gak salah 11 gram)
Minyak untuk menggoreng

Hiasan : (kalo yang ini sesuai selera aja...)
Icing Sugar
White Cooking Chocolate
Keju parut
Almond slice
Gula warna-warni
Meises coklat
Stawberry and Blueberry jam


Cara membuat :
  1. Campurkan tepung terigu dengan kuning telur, gula, garam, ragi instan, serta susu, aduk rata.
  2. Masukkan pula kentang, mentega, uleni sampai kalis (tidak lengket ditangan) (aku : saking semangatnya...pake dibanting-banting hehheee...tapi adonannya jadi cepet kalis lho..)
  3. Diamkan sampai mengembang (aku : didiamkan 20-30 menit)
  4. Setelah mengembang, ratakan dengan kayu giling setebal 1 cm, dan cetak dengan menggunakan cetakan donat, kemudian di goreng. (aku : kudiemin sebentar lagi....jadi adonannya ngembang lagi baru digoreng)
  5. Setelah dingin hias sesuai selera...
And hasilnya.....yum..yum.. empukkkk, biasanya porsi resep diatas, untuk keluargaku bisa untuk 2-3 hari (hehhehee....maklum keluarga kecil, tapi bikinnya porsi besar...jadi selalu nginep di lemari es..xixixiiii) tapi dengan menyimpannya di tempat yang kedap udara sampai hari ke-3 donatnya tetep empuk lho gak jadi keras... (ini asli gak bohong... biar anget lagi, aku suka masukin donat nye ke magic jar...soalnya kalo digoreng lagi jadi berminyak...gak bagus buat anak-anak).

Selamat mencoba... Stay Cooking With Love..


-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...