" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Kamis, 12 Juni 2014

Laksa Ayam & Tuna Sandwich



Saat Saya terburu-buru atau tidak punya waktu banyak didapur karena ada keperluan lain yang harus dilakukan, menu favorite Saya adalah memasak satu menu yang sudah termasuk sayur dan lauk. Contohnya soto ayam, sop ayam, soto bandung, sop iga, dan laksa ayam ini. Tapi kalo ayam okelah yaaa.... dia nggak butuh waktu lama dalam memasaknya, cepat empuk dagingnya. Tapi kalo daging seperti pada soto bandung??? daging kan butuh lama memasaknya dibanding ayam, apalagi anak-anak Saya yang maunya kalo makan daging, dagingnya nggak boleh "ngelawan" saat digigit. Ya salah satu cara masak daging yang cepat ya pake panci presto, atau kalo panci prestonya tidak punya dan daya kerjanya sudah menurun kayak punya Saya... salah satu cara yang Saya gunakan adalah dengan slow cooker. 

Slow cooker ini bebar-benar mempermudah Saya dalam memasak didapur. Sebagai contoh soto bandung tadi ya... Saya tinggal masukkan daging dan air beserta bumbu yang telah didihkan, masukkan ke slow cooker pada malam hari saat mau tidur. Pagi harinya, daging sudah empuk tinggal tambahkan sayuran dan komponen lainnya.... SELESAI!!!. Pokoknya terbantu banget deh... jadi bisa dipertimbangkan untuk memasukkan slow cooker kedalam list perabot dapur kita karena fungsinya yang sangat signifikan didalam membantu kita memasak. *bukan promo ya.... just sharing.. heheh.







Laksa Ayam ini pun juga sangat cepat membuatnya, bumbunya sederhana tapi hasilnya bikin anak-anak makan jadi lahap. Kalo mau nambah lauk bisa tambahin tahu yang udah digoreng, cemplungin aja di kuahnya dimasak bareng ayam, atau kalo mau nambah lagi bisa dikasih telor rebus. Ya pokoknya gimana selera dan maunya kita. Karena masak itu beda dengan baking atau bikin kue, masak itu lebih ke selera kalo menurut Saya. Karena kita bisa menambahkan berbagai macam komponen yang kita mau tanpa harus saklek dengan resep. Pemakaian garam dan gula juga sesuai selera, bisa jadi berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Just have some fun and play with your dish. 

Berbeda dengan biki  kue, cookies misalnya. Kita mesti taat resep dulu sebelum bermain-main dengannya. Karena perbedaan jumlah tepung, butter atau cairan seperti susu misalnya, itu akan sangat mempengaruhi hasil dari cookies yang dibuat. Tapi bukan bearti nggak bisa bereksperimen dengan hal tersebut, sangat bisa tentunya... dan kalopun gagal itu adalah pengalaman kita untuk bisa belajar lebih lagi, nggak serta merta dibuat puas dengan hasil yang didapat. ;)




Ngomongin laksa kok jadi ngalor ngidul yaaakkk... nggak apa-apalah semoga ngalor ngidulnya tetap bermanfaat ya... Masih dengan yang simple dan mudah, dihari yang sama...Saya juga menyiapkan sarapan yang nggak kalah simple. Tuna Sandwich.... dan ini adalah salah satu sandwich kesukaan anak-anak. Bikinnya gampang bangeeeettttt dan yang paling penting cepat untuk sebuah pagi yang menuntut kita gerak cepat dalam segala hal. Karena banyak yang harus diurusi emak-emak kalo pagi ya... jadi kalo bisa bikin sarapannya yang simple-simple.


Agar nggak repot, bisa pakai Tuna Mayonaise yang siap pakai. Biasanya dijual dalam kemasan kaleng. Tingga bakar rotinya, oles tuna dan lengkapi dengan lettuce atau selada, timun dan tomat. Bisa ditambahkan kentang goreng supaya makin kenyang...hehehhe. Tapi kalaupun mau pake tuna spead yang bikin sendiri juga bisa. Ngobrolin soal Tuna sandwich, resep ini ada di dalam buku Bento Karakter Unik yang saya tulis dengan sahabat saya Ika Damayanti. Disana sandwich ini Saya bentuk dengan model bunga imut dan lucu, dan Saya beri Judul "Flowery Little Girls". 





Bagi yang belum punya bukunya... yuukk mampir ke toko buku buat beli. Banyak sekali inspirasi bento lucu yang bisa digunakan sebagai inspirasi bekal unik anak kita.


Laksa Ayam

Ingredients:
1/2 ekor ayam
1 ltr air
100 ml santan instant
2 btg serai, diambil putihnya, memarkan
5 lembar daun jeruk
Gula dan garam secukupnya sesuai selera
minyak untuk menumis, secukupnya

Bumbu Halus:
8 siung bawang merah 
2 siung bawang putih 
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe 
1/2 sdm ketumbar 
1/2 sdt lada bubuk 
1/4 sdt jintan 
2 bh cabe merah besar
1 sdt terasi

Pelengkap:
Bihun
Touge, seduh dengan air panas
Baun bawang, iris tipis
Bawang merah goreng

Method:
Didihkan air bersama ayam. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan kedalam rebusan ayam. Masak sampai ayam lunak. Masukkan santan, garam, dan gula. Masak sampai matang. Angkat ayam, suwir-suwir dan sajikan laksa bersama pelengkap.



Sandwich Tuna

Ingrediets :
6 lbr roti gandum
margarine untuk olesan
Tuna spread, jika ingin lebih praktis gunakan tuna spread siap pakai yang banyak dijual dalam kemasan kaleng di supermarket.
Daun selada

Tuna Spread :
1 kaleng tuna dalam air, tiriskan air rendamannya.
5 sdm mayones
1 sdm saus tomat
1 sdt parsley cincang

Method : 
Ambil satu lembar roti gandum, oles kedua sisinya dengan margarine, lalu grill diatas wajan hingga kedua permukaannya kecoklatan. Lakukan semua roti hingga habis.
Amil Satu lembar roti oleskan tuna spread, lalu letakkan daun selada diatasnya. Ambil lagi satu lembar roti gandum yang lain, lalu oles salah satu sisinya dengan tuna spread letakkan diatasnya irisan tomat dan timun. lalu tangkupkan keduanya dan ditambah satu lembar lagi diatas irisan tomat dan timun. Iris sandwich menjadi 4 bagian lalu sajikan bersama kentang goreng dan saus tomat.


Stay cooking with love....

-eeyand-

5 komentar:

  1. Pengen nyoba bkin, eh coba makan hehehe..... :)

    BalasHapus
  2. Mba.. slow cookernya yg bagus merk apa? Jd pengen beli jg biar hemat tenaga didapur hihi.. malam masak besok pagi tinggal sreng2 hihi..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...