" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Kamis, 26 Agustus 2010

Lima Langkah Siapkan Menu Sehat Keluarga

Tak mudah memang bagi seorang ibu untuk menyiapkan menu makanan sehat sehari-hari bagi seluruh anggota keluarga, apalagi bila anak Anda adalah tipe pemilih makanan, tak doyan sayur, atau malas makan. 

Namun, membiarkan dengan memberikan makanan apa saja sesuai dengan keinginan masing-masing, termasuk suami, dan tidak mengindahkan kandungan gizi pada makanan tentu juga bukanlah solusi yang tepat. Maka itu, diperlukan perencanaan dan siasat untuk menyiapkan masakan yang sehat bagi keluarga tercinta. Berikut lima langkah mempersiapkan menu sehat bagi keluarga.


Jika Anda memang tak memiliki waktu cukup menyiapkan makan malam, Anda bisa memasak makanan sehat untuk sarapan.

1. Tulislah perencanaan menu masakan selama seminggu. Contohnya Anda ingin memasak ayam pada hari Senin, daging pada Selasa, ikan pada Rabu, tumis seafood pada Kamis, dan soto pada Jumat. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kapan harus membeli, menyimpan dan mengelurkan bahan makanan itu dari kulkas. Perencanaan menu ini juga membantu Anda terhindar dari makanan basi atau kedaluwarsa. Atau, Anda juga tak perlu terburu-buru pergi ke warung untuk membeli bahan-bahan yang kurang.

2. Masaklah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Jika Anda hendak mengolah daging, masaklah dengan dipanggang atau dibakar ketimbang digoreng dalam minyak. Jika keluarga Anda tak begitu gemar daging, Anda bisa juga menggantikannya dengan makanan lain yang juga kaya protein seperti telur, berbagai produk susu, kedelai seperti tahu, kacang-kacangan dan buncis. Daripada membeli bumbu jadi di supermarket yang telah melalui proses kimiawi, lebih baik Anda membuat sendiri racikan bumbu di rumah.

3. Siapkan bahan makanan berbahan dasar gandum seperti pasta, nasi merah, dan roti gandum. Memasukkan makanan berbahan dasar gandum ke dalam menu keluarga sehari-hari sangatlah baik karena gandum mengandung serat yang bagus bagi sistem pencernaan tubuh.

4. Selalu sediakan buah dan sayur di rumah. Jika tak sempat membelinya, Anda bisa membeli buah kalengan lalu memasukkannya ke kulkas, tapi pilih yang tidak mengandung gula atau garam. Kemudian, carilah berbagai resep kreatif makanan mengandung buah untuk disajikan setiap harinya sehingga keluarga tak merasa bosan, misalkan saja es buah, agar-agar buah, rujak, dan jus buah.

5. Pilihlah susu yang bebas atau rendah lemak guna menambah kalsium dan protein. Jika ada anggota keluarga yang alergi terhadap susu sapi, ganti dengan yoghurt atau susu kedelai. Selain itu, sebisa mungkin hindarilah konsumsi soda.(rps/MI)




Stay....Cooking With Love..... 

Beating Heart





-eeyand-
Smiley

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...