" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Selasa, 02 November 2010

Kue Bangket Jahe Kayu Manis



It's NCC Bangket Week......!!!!!!, akhirnya....bisa juga ikutan eventnya NCC kali ini. Sempet maju mundur juga pas mau ikutan.... maklum pendatang baru, masih belum lama ikutan milis nya NCC..jadi rada minder juga karena pada jago masak semua. Dan ternyata....bikinnya butuh perjuangan!!!!!!! Kue bangket yang ini adalah percobaan ke-2 ku setelah yang pertama aku berhasil mengubah kue bangket menjadi martabak ongol-ongol, loh kok bisa???????


Jadi ceritanya begini.... setelah baca-baca resep yang udah di share, aku pengen banget nyobain kue jahe manis yang di share mbak Puspita Widowati dari majalah sedap. Tapi karena aku suka sekali dengan kayu manis, maka aku berinisiatif untuk mengkombinasikan dengan kayu manis. Tapi.....berhubung pendatang baru, dan rada gak pede untuk utak-atik resep sendiri....mulailah aku ber-googling ria.... dan dapet yang aku mau.Kombinasi kue bangket antara Jahe dan Kayu Manis. Dalam resep yang aku dapat itu, dengan jumlah tepung sagu yang sama 500 gr, dia menggunakan 350 ml santan dan 4 butir telur. Awalnya mikir..... kok jauh banget bedanya ma resep yang dishare ma mbak Puspita Widowati ya... yang hanya menggunakan 175 ml santan dan 1 kuning telur. Tapi...karena semangat ikutan Bangket week nya dah membara...gak apa-apa lah dicoba aja... Dan ternyata, adonannya jadi encer kayak adonan martabak manis....hiks...hiks....rasanya pengen gulung-gulung di lantai dapur....




Karena masih gak rela bahan yang sudah terpakai begitu banyak harus terbuang, tanpa pikir panjang masukin aja adonannya ke wajan double pan, ehh...jadinya mirip kayak martabak tapi teksturnya kayak ongol-ongol... yahhh... tapi tetep aja besoknya masuk ke tong sampah karena gak ada yang makan.


Baiklah....besok aku akan coba lagi!!!!! Sudahlah kembali keresepnya mbak Puspita Widowati saja, dengan sedikit menambahkan kayu manis, dan ternyata percobaan kedua juga gak mulus-mulus banget. Karena oven yang aku pake oven listrik dan gak gede-gede amat, adonan yang udah jadi harus dioven bergantian sampai 3 kali. 


Pengovenan pertama dan kedua, adonannya...mbleber.....jadi cetakan yang tadinya bentuk bunga berubah jadi bunga keinjek.... mmmhhhhhh.... dah sedih lagi, masak gagal lagi sih... akhirnya adonan yang ketiga di-hold sampai..mood nya kembali lagi. Mikir-mikir..mikir.. kenapa ya...coba nanyain ke milis...kok ternyata juga belum ada yang nge-reply..akhirnya berusaha untuk menerka-nerka dan kayaknya ovennya terlalu panas. Dan untuk adonan yang ketiga....yippiii...gak mbleber... senangnya.... akhirnya bisa juga... dan karena diovennya lama dan suhunya gak panas banget...textur nya jadi renyah dan lumer dimulut.....
wah...kok tulisannya jadi panjang gini ya??????? curhat.com nihh....






Kue Bangket Jahe kayu Manis
Source : Puspita Widowati, from majalah sedap
Bahan:

175 ml santan
100 gr gula merah
50 gr jahe, diparut (aku: pake 2 sdt jahe bubuk)
100 gr margarine
100 gr gula halus
1 kuning telur
500 gr kanji, sangrai 15 menit diatas api kecil
(aku: menambahkan pada adonan 1 sdt kayu manis bubuk)

Cara membuat:
1.       Rebus gula merah, jahe dan santan lalu saring. Dinginkan.
2.       Kocok margarine, gula halus dan kuning telur hingga lembut
3.       Masukkan kanji, aduk rata. Tambahkan rebusan gula. Aduk rata
4.       Tipiskan adonan lalu cetak. Oven sampai matang. Oven selama 20 menit.

Stay...Cooking With love..

-eeyand-





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...