" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 26 September 2011

Scone

Wahhh...saking banyaknya yang belum di posting, sampai bingung mana yang mau di posting duluan. Ya begini nih kalo rajin bikin project but so lazy to post. Akhirnya ketumpukan terus ma project yang baru....huuuffft... *ambil nafas panjang. Okelah...satu persatu. Dimulai dari Scone.


Scone biasanya disajikan untuk teman minum teh disore hari. Sekilas tentang tradisi minum teh sore... Di Inggris, kebiasaan minum teh dimulai pada abad ke-17. Teh begitu digemari, sampai-sampai para bangsawan Inggris minum teh hingga 40 cangkir dalam sehari. Kadang-kadang teh dicampur sedikit susu, untuk kesehatan, bahkan untuk menyembuhkan penyakit. Minum teh aemakin populer karena Ratu Anne (tahun 1665-1714) lebih memilih minum teh dibandingkan dengan ale (minuman tradisional Inggris) sebagai minuman saat sarapan. Masyarakat Inggris pada waktu itu dapat menikmati teh yang di Eropa harganya mahal,karena mendapat suplai dari negeri-negeri jajahannya -penghasil teh terbaik di dunia- seperti India dan Ceylon (Srilanka).

Sekitar abad 19, seorang wanita bangsawan Inggris menciptakan kebiasaan minum teh sore yang disebut dengan Tea Time (pada pukul tiga atau empat sampai pukul lima sore). Teh disajikan dengan tata cara tertentu, ditemani kue-kue gurih dan manis, diantaranya Scone yang dilengkapi dengan conserve strawberry (selai buatan rumah yang tidak terlalu halus). Untuk menghadiri Tea Time para wanita bangsawan ini juga memiliki "aturan" tertentu dalam berpakaian. (Source : Pesta sore Cocktail & High Tea Terlezat, Seri masak Femina PRIMARASA)




Scone
Source : Pesta sore Cocktail & High Tea Terlezat, Seri masak Femina PRIMARASA

Ingredients :
300 gr tepung terigu protein sedang
50 gr gula pasir
1 sdt baking powder
1/8 sdt garam
75 g mentega
1 btr telur
120 ml krim kental
1 sdt vanili
putih telur untuk olesan

Method :

  1. Taruh tepung terigu , gula pasir, baking powder, garam, dan mentega dalam mangkuk. Potong-potong dengan pisau pastry hingga berupa remahan kasar. 
  2. Tambahkan telur, krim kental, dan vanili, aduk rata. Uleni hingga kalis.
  3. Gilas diantara 2 lbr plastih hingga setebal 1 cm. Cetak bulat adonan diameter 5 cm.
  4. Taruh didalam loyang, olesi permukaannya dengan putih telur.
  5. Panggang dalam oven bersuhu 180 deg C hingga matang (kurleb 25 menit).
  6. Keluarkan dari Oven, sajikan dengan conserve strawberry.
Stay cooking with love....

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...