" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 11 Mei 2012

All About Tahu & Tempe


Postingan ini harusnya sudah nampang di blog bulan yang lalu, tapi......karena kesibukan kemalasan saya, baru terposting sekarang....^^. Tahu & Tempe adalah tema Monthly Event Pawon Ibu #9. Wiiihh....ternyata tidak diragukan ketersohoran tahu dan tempe, setoran ibu-ibu Pawon Ibu untuk event kali itu benar-benar dahsyattt. Mau makan ayam, daging, ikan...pasti temannya si double T ini. Dah jadi menu wajib kayakknya buat orang Indonesia. Khusuzon saya sebagai orang jawa. Sipppp....kita mulai satu persatu ya.... *begini nih nasib setor borongan...hhhffftttt.

Tahu telor

Ingredients :
300 gr tahu putih, potong kotak goreng sebentar hingga berubah warna tapi tidak sampai berkulit
3 btr telur
1/4 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk.

Bumbu kacang :
2 sdm kacang tanah,goreng
2 siung bawang putih, goreng
2 bh cabe rawit, goreng
1/4 sdt garam
1 1/2 sdt gula merah sisir
1 sdm kecap manis
75 ml air

Pelengkap :
Timun, potong kotak kecil
Toge pendek
Daun seledri, iris halus
Bawang merah goreng

Method :

  1. Campur telor, lada, dan garam. Kocok rata, bagi 2 bagian. Bagi tahu menjadi 2 bagian. Masukkan setiap bagian ke dalam adonan telur.
  2. Goreng tiap bagian telur dan tahu ke dalam minyak masak hingga matang kedua sisinya.
  3. Lakukan hal yang sama dengan bagian kedua.
  4. Sisihkan.
  5. Haluskan kacang tanahh goreng, bawang putih dan cabe. Tambahkan kecap, garam dan gula merah. Haluskan kembali, tuangi air matang.
  6. Sajikan tahu telur dengan bumbu kacang dan pelengkapnya....


Pepes Tahu GPL GPR (ala bunda, gak pake lama, gak pake ribet...^^)

Ingredients :
300 gr Tahu putih, hancurkan dengan garpu
Jamur Tiram secukupnya, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
Garam secukupnya
2 lbr daun salam, sobek-sobek
1 bh serai, iris serong

Method :
Campur semua bahan, letakkan di pinggan tahan panas,lalu kukus hingga matang.

See....gak pake lama gak pake ribet kan..hehhehe, dan yang penting anak-anak DOYAN!!!







Setelahnya, tahu gejrot. Makanan khas Cirebon ini, walau simple tapi rasanya....bbbrrrrr....pedeshh manteb. Kenapa ya dinamakan tahu gejrot. Dari hasil tanya-tanya ma mbak google, konon katanya disebut tahu gejrot karena pada saat menghidangkannya bumbu cair yang dituang lewat botol itu berbunyi "gejrot...gejrot.." karena dituangkan selama beberapa kali. hehheheh...ntah bener begitu ato nggak, buat saya yang penting rasanya... :D


Tahu Gejrot

Ingredients :
Tahu goreng, potong-potong

Saus :
2 bh bawang merah
3 bh cabe rawit
50 gr gula merah
1/2 sdt garam
5 mata asam jawa
1 sdm kecap
150 ml air

Method :
Haluskan bahan saus, kecuali kecap dan air. didihkan air, tuang bumbu halus, masak sampai mendidih kembali tambahkan kecap, angkat.
potong-potong tahu, siram dengan saus.




Setelah melancong ke Cirebon, maju lagi ke Semarang. Ada makanan yang namanya nggak kalah unik, Tahu Gimbal. Gimbal adalah sejenis bakwan udang yang digoreng lebar namun dalam penyajiannya gimbal akan dipotong dalam ukuran kecil. Biasanya tahu gimbal juga disajikan dengan lontong dan telur ceplok. Tetapi untuk resep yang saya coba tidak menggunakan dua bahan tersebut. Silahkan menambahkannnya sesuai keinginan.

Tahu Gimbal
Source : Kitab masakan kumpulan resep sepanjang masa

Ingredients:
Gimbal Udang :
100 gr udang kecil, buang kepalanya
1 sdm air jeruk nipis
1 btg daun bawang
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/4 penyedap rasa (I Omit this)
100 gr tepung terigu
150 ml air

Bumbu kacang :
100 gr kacang tanah goreng
8 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih
2 sdm kecap manis
2 sdm gula merah
1 sdt garam
200 ml air matang

Pelengkap :
2 bh tahu putih yang besar, goreng, potong dadu
100 gr touge, seduh air panas, tiriskan
100 gr kol, iris halus
4 sdm bawang goreng

Method :

  1. Gimbal udang : lumuri udang dengan air jeruk nipis, biarkan 15 menit. Campurkan tepung terigu, garam, penyedap rasa, air dan udang. Aduk rata. Ambil adonan satu sendok makan, goreng hingga matang, angkat tirskan.
  2. Bumbu Kacang : haluskan kacang tanah, cabe rawit, bawang putih, gula merah, dan garam. Campurkan dengan air dan kecap. Aduk rata.
  3. Tata kol, touge, tahu, dan gimbal diatas piring saji, siram dengan bumbu kacang dan taburi dengan bawang merah goreng.
Lanjut ke pertempean. Yang pertama ada Trancam Tempe. Trancam adalah sejenis urap sayuran tetapi perbedaannya yaitu sayuran yang digunakan dalam trancam adalah sayuran mentah. Seperti timun, kacang panjang, daun kemangi, dan touge pendek. Tetapi untuk yang satu ini, sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu kelapaparut itu ditambahkan dengan tempe yang dipotong dadu lalu digoreng. Woww...rasanya yang pasti makin enak dan cocok banget. Bisa ngabisin nasi sebakul dehhhh... ^^

Trancam Tempe

Ingredients :
Tempe, potong kotak, goreng.
Timun, potong kotak kecil
Kacang panjang, iris tipis
Touge pendek
Daun kemangi

Bumbu urap :
1/2 bh kelapa, parut.
3 bh cabe merah (atau sesuai selera)
1 siung bawang putih
1 bh daun jeruk, buang tulang daunnya
1 ruas jari kencur
garam secukupnya
gula secukupnya

Method :
Bumbu urap : haluskan bumbu urap, lalu campur dengan kelapa parut. Kukus sebentar hingga masak. Campur semua bahan trancam tambahkan bumbu urap, aduk rata. Sajikan.


Next!!!!!!......Tempe Penyet Sambel Jlantah. Duuuhhhh...yang ini favorite bangettttttt!!!!. Kalo lagi males makan dibikinin ini juga langsung lahap makannya. Inget banget waktu hamil anak pertama, menu ini beneran jadi menu favorite, seringggg banget bikinnya. Jadi....Jlantah adalah istilah orang jawa menyebut minyak bekas menggoreng. Kenapa disebut sambal jlantah, karena sambal tersebut setelah diuleg halus lalu kituangi minyak panas. Dasar sambelnya sendiri adalah sambal bawang, tapi siraman minyak bekas menggoreng si tempe dan sensasi tempe dan daun kemangi yang dipenyet persis diatas sambelnya, bikin segera memboyong sepiring nasi hangat kemeja makan..mmm...mantab!!!!!

Tempe Penyet Sambel Jlantah

Ingredients:
Tempe goreng
Daun Kemangi

Sambal :
1 siung Bawang putih
2 bh cabe merah
3 bh cabe rawit
garam secukupnya
2 sdm jlantah panas

Method :
Haluskan bawang putih, cabe merah dan cabe rawit di dalam cobek, tuangkan jlantah panas aduk rata. Tambahkan tempe goreng dan daun kemangi diatasnya, lalu tekan dengan ulekan. Sajikan dengan nasi hangat.






Dan yang terakhir adalah Rempeyek Tempe. Sama saja dengan rempeyek pada umumnya, hanya saja bahannya diganti dengan tempe. Nggak kalah enak kok rasanya. Cobain yukkk!!!!

Rempeyek Tempe

Ingredients :
2 cup tepung beras
1 cup tepung tapioka
1 btr telur
3 bh daun jeruk,iris tipis
250 ml santan (atau tambahkan sesuai dengan kekentalan yang diinginkan)
200 gr tempe, potong korek api

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 lbr daun jeruk
1/4 sdt ketumbar bubuk
1/2 ruas jari kunyit
4 bh kemiri
garam secukupnya.

Method :
Campur semua bahan kecuali tempe, aduk hingga halus dan tidak berindilan. Ambil sebagian adonan, taruh di mangkok yang lebih kecil lalu beri sebagian dari tempe, masak dengan cara menyendokkan adonan dan menuangkannya pada sisi wajan. Siram-siram dengan minyaknya hingga bisa terlepas. Goreng hingga renyah. Setelah adonan yang didalam mangkuk kecil habis,kembali isi dengan sedikit adonan dan tempe, dan ulangi tahapan berikutnya hingga adonan habis.

Salam double T...^^, Stay cooking with love.....

-eeyand-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...