" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 28 Mei 2012

Martabak Manis Coklat Keju

Tadi siang sewaktu jalan berdua ma adek, adek minta dibeliin martabak manis. Tapi Bundanya nggak ngasih, padahal males aja mau turunnya....cuacanya panas banget. Akhirnya ngerayu adek, dan ngejanjiin untuk bikin sendiri nanti sore. Karena kebetulan Ayah juga lagi cuti, jadi bisa ngemil bareng2 sore hari. Dan, Alhamdulillah.... hasil martabak manisnya benar-benar memuaskan. Yang paling suka liat serat cantiknya itu lho, duh...nggak rugi ngerayu adek....dan pilih bikin martabak manis sendiri..^^.


Martabak Manis
Source : Sedap

Ingredients :
Bahan dasar kulit martabak :
500 gr tepung protein sedang
1 sdt baking powder
150 gr gula pasir (Yulyan : aku pake 120 gr)
2 btr telur, kocok lepas
1/4 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
650 ml air

Bahan taburan:
Meisis coklat
Keju cheddar, parut
Susu kental manis

Bahan olesan :
Margarine secukupnya

Method :
  1. Kulit : ayak tepung terigu dan baking powder. Masukkan gula pasir, aduk rata. Tambahkan telur, vanili bubuk dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah 15 menit sampai lembut. Diamkan 1 jam.
  3. Timbang 300 gr adonan. Tambahkan 1/4 sdt baking powder, aduk rata.
  4. Tuang di cetakan martabak manis (Yulyan : pake HPC) yang telah dipanaskan dengan api sedang selama 15 menit. Biarkan berbusa. Kecilkan api. Biarkan sampai berlubang. Tutup dan biarkan hingga matang. Angkat.
  5. Oles martabak dengan margarine, taburi keju, meisis dan susu kental manis. Potong 2 bagian lalu Tumpuk. 

Stay cooking with love...

-eeyand-

8 komentar:

  1. salam kenal mbak yulyan..mbak saya mau tanya, itu pemakaian baking powdernya satu tahap atau dua tahap ya? soalnya di resep dibilang ayang tepuk dan baking powder, setelah itu tepungnya dicampur telur dsb, habis itu didiamkan 1 jam, dan pas mau dibuat ditambahkan lagi 1/4 sdt baking powder....berarti pemakaian baking powdernya 11/4 sdt dunk ya mbak? terima kasih atas bantuannya mbak, sebab anak saya juga minta dibuatkan, secara disini susah banget dapat martabak, jarang yang jual...mbak pakai loyang ukuran berapa? terima kasih mbak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak widya...moga2 saya nggak telat mbalesnya ya... Iya mbak, jadi pemakaian BP nya dua tahap. Yang tertulis di Ingredients adalah BP yang dicampur dengan tepung terigu dll untuk tahap pertama. Untuk penambahan BP yang tahap kedua, itu adalah 1/4 sdt untuk setiap 300 gr adonan yang telah didiamkan i jam tersebut. Mudah2an jelas ya... happy cooking..^^

      Hapus
  2. mba....aku nyoba pake resep mba yulyan, tp punyaku kok bantat ya??? :(
    trus...emang ga pake ragi ya mba???
    makasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa...bantatnya kenapa ya???? apa nggak dikasih BP lagi saat mau di masaknya? iya mbak...nggak pake ragi, tapi pake baking powder

      Hapus
  3. Mba, itu loyang HCP apa ya? thx

    BalasHapus
  4. Mbak, resepnya mantap,hasilnya enak empuk, lebih empuk drpd pemakian baking soda,saya tadi mencoba 1/4 resep,alhasil cuman jadi 1 loyan dan itupun dihabiskan anak cewek saya, yang lainnya gigit jadi, btw salam kenal dari saya mbak

    BalasHapus
  5. Hi mba salam kenal.. Aku silent reader blog mba nih. Aku coba bikin resep ini slny berada jauh dr tukang martabak :( tp ko hasil nya bantet ya?:(( apa yg salah ya?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...