" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Minggu, 22 Januari 2012

Choux Pastry And Fruit Pie


Xixiixixixiiii... *ketawa dulu ahhh... ^^, postingan baking kali ini dalam rangka habis menghabiskan.. *maksudnya???. Iya...habis yang satu ketambahan yang lain...gituuuuuu..aja...dan sampe sekarang aku posting ini masih ada tuh...sisa habis menghabiskannya dan gak tau lagi bagaimana mengkaryakannya. Hahahaha....bingung???? jadi inilah ceritanya..... *layar dibuka.. :D

Bearawal dari Pumpkin Pie yang tempo hari pernah aku bikin, setelah selesai..ternyata crust nya masih ada sisa.... kucetaklah di cetakan pie yang kecil-kecil, kali aja bisa dibikin apa... gitu ntar. Setelah si pumpkin pie itu abis.... jadi mikir, ini crust yang udah dipanggang mau dibikin apa ya??? ya udah...bikin fruit pie aja lah... dengan buah-buahan yang ada di rumah aja. Kebetulan ada apel, jeruk dan strawberry...ya itu aja yang dipake. Tinggal dibuatin vla...selesai sudah. Ehhhh.... fruit pie selesai, vlanya masih sisa...huuuuhhhh...kenapa juga bikinnya kebanyakan.....jadi mikir lagi deh diapain sisa vla ini. Dan terpikirlah untuk bikin choux pastry  a.k.a kue sus. Setelah kue sus selesai dibikin....dan vla juga dah dikaryakan, kue sus nya yang masih sisa... *hadooowww...mulau lieur dehhh!!!!!...dan akhirnya...harrreeeee inniiiii!!!!!!!! aku bikinin lagi vla coklat *biar gak bosen...buat ngisi si kue sus yang masih sisa. Dan....masih ada lanjutannya... *nangissss geru-geruuu!!!..... vla coklatnnya bikinnya kebanyakan lagiiii.....dan masih ada sisa sampe sekarang... *hwaaaaaa....garuk-garuk tembok...  Gak tau deh...sampe kapan nih selesainya...haduuuwwww.

Ya...begitulah ceritanya...saling sambung menyambung menjadi satu....dan belum tau kapan kelarnya. Kali kalo vla coklatnya masuk tong sampah baru selesai... *gak tegaaaaa!!!!!!!.  Ya sudlahhh.... bahas resepnya ajahhh..yukkkkk!!!!



Kue sus yang dibikin kali ini aku sengaja coba resep punya mbak Riana Ambarsari yang diambil dari Milis Dapur Bunda, bedanya ada pada jenis tepung dan tambahan garam didalamnya. Kalo aku biasanya pake tepung segitiga (protein sedang) tapi resep yang ini pake tepungnya yang cakra (protein tinggi) dan ditambahkan garam pada adonannya. Secara texture aku lebih suka sama yang ini, lebih kokoh dan renyah. Tapi rada kurang suka dengan tambahan garamnya, menurutku jadi lebih asin...secara sekeluarga gak begitu doyan asin. Tapi setelah dicampur vla dan siraman coklat diatasnya....rasa asinnya jadi rada "ter-balance".

Choux Pastry

(Sumber: Milis DapurBunda)
Bahan:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

Isi : Vla Napoleon

Bahan Vla :
800 cc susu
100 gr gula kastor (modified. Original recipe: 200 gr)
5 btr kuning telur
50 gr tepung maizena
100 cc whipping cream
1 sdm mentega tawar
5 sdm Rhum/Brandy (optional) (Yulyan : aku ganti essens almond)


Method:
  1. Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Biarkan hingga adonan agak hangat.
  3. Panaskan oven 200 derajat Celcius. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
  4. Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
  5. Isi sesuai selera.

 Vla Napoleon: 
  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok kuning telur dengan garpu, cairkan dengan sedikit susu, sisihkan.
  2. Didihkan Susu dan gula, masukkan campuran maizena, aduk rata, kecilkan api.
  3. ‘Pancing’ larutan kuning telur dengan sedikit adonan susu panas (lihat Note), lalu masukkan larutan kuning telur ke dalam campuran susu, aduk rata.
  4. Masukkan whipping cream, aduk lagi dan didihkan sekali lagi.
  5. Angkat dari api, masukkan 1 sdm mentega, aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata (permukaan vla jadi mengkilat).
  6. Aduk hingga uapnya hilang, masukkan Rhum/Brandy (kalo pakai). Dinginkan.

Bikin kue sus tuh gampang-gampang susah yaa.... gampangnya, bahan gampang dicari..gak ada yang susah satu pun. Susahnya, waktu ngovennya harus bener-bener pas...supaya dia nggak ngambek alias mimpes pada saat keluar dari oven. Dan Mbak Riana Ambarsari berbagi tips nih.... tentang gimana caranya biar sukses bikin kue sus, yang saya copas langsung dari blog beliau...Thank's ya mbak!!!!! *salim...^^

  • Resep kulit sus ini yang paling enak so far menurut saya sih. Merekah cantik, ‘menul-menul’, dan gampang banget bikinnya!
  • Selama manggang, oven jangan dibuka-buka ya. Nanti dia gak mau kokoh kulitnya.
  • Timing yang tepat sangat penting untuk ngedapetin kulit yang kokoh dan gak melembek ketika dingin. Kalo udah lewat 25 menit di permukaan kue masih ada mentega berbuih-buih, jangan dikeluarkan dulu dari oven. Tunggu sampe udah gak ada buih mentega lagi yang keluar, baru angkat kue dari oven.
  • Setelah dikeluarkan dari oven, segera pindahkan kue sus ke rak kawat, supaya bagian bawahnya gak beruap dan malah jadi lembek. Kalo gak ada rak kawat, yah gimana kek caranya supaya bagian bawahnya tuh bisa kontak langsung sama udara.
  • Tusuk-tusuk kue sus dengan tusuk gigi di beberapa tempat setelah dikeluarkan dari oven untuk memudahkan keluarnya uap air.
  • Cara mengisi kue sus: gunting dikit kulitnya, semprotkan isi dengan menggunakan plastik segitiga. Sruuutt….!


Untuk Fruit Pienya sendiri, crust nya aku pake resep crust dari Pumpkin Pie. Vlanya bisa pake Vla Napoleon diatas. Buahnya sendiri bisa di custom sesuai keinginan...ato pake buah kalengan juga okey...suka-suka aja. Cuma untuk crust yang satu ini, lebih baik pengisian vla nya pas mau makan aja...soalnya bakalan cepet lembek kalo kelamaan. 

Fruit Pie

Crust :
150 gr biskuit tawar (yulyan : pake biskuit gandum)
125 gr mentega tawar (yulyan : dah kehabisan stock butter...jadi aku ganti aja pake margarine)
3 sdm putih telur ayam
125 gr oatmeal
3 sdm brown sugar
1/8 sdt garam (yulyan : karena dah pake margarine yang notabene asin, jadi garamnya ku omit)

isi : 
1 resep Vla Napoleon
Buah-buahan sesuai selera.

Method :
  1. Crust : masukkan biskuit dan oatmeal dalam food processor, proses hingga halus.
  2. Campur bisluit bersama mentega, putih telur, brown sugar, dan garam. Aduk rata hingga adonan berbutir seperti pasir.
  3. Masukkan dalam loyang pie bongkar pasang (atau cetakan pie yang kecil-kecil), ratakan sambil sedikit ditekan-tekan. Tusuk-tusuk bagian permukaannya dengan garpu. Oven dengan suhu 180 deg C selama kurang lebih 15 menit.
  4. Masukkan Vla kedalam kantong segitiga, gunting ujungnya dan semprotkan kedalam pie. Hias dengan buah-buahan segar sesuai selera.

Well.....have nice day fellows....and Stay cooking with love...

-eeyand-

1 komentar:

  1. nice article, very helpfull & usefull. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...