" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 25 Januari 2012

Kacang Telur

Kemaren waktu eyangnya beli kacang atom, adek suka banget ngemilinnya. Tapi sengaja dibatasi ma bundanya karena udah pasti ada vetsin didalamnya. Gimana nggak,orang rasanya aja gurih bangettt. Dan....bisa ditebaklah, pasti gondok kalo dilarang...hehehe, biarin aja dari pada dia makan vetsin mending nangis. Akhirnya bunda ngejanjiin dia bakal dibikinin cemilan yang kayak gitu, ya...mau gak mau...pagi-pagi dah nguplek ma si kacang telur. 




Hasilnya enyaaakkkk...renyah dan gurih, ukuran gulanya sengaja dikurangi karena aku nggak mau terlalu manis. Waaahhhh...anak-anak langsung ngeganyem mulu gak berhenti-berhenti. Kata adek "ini nggak ada vetsinnya ya bun, nggak pedes ya"...xixiixixii...jadi seneng ngeliatnya. Paling puas kalo masak trus anak-anak suka dan antusias makannya....wooowww...priceless!!!!!


Kacang Telur
Source : http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=100


Bahan:

500 gr kacang tanah
2 btr telur
200 gr gula pasir (Yulyan : aku pake 150 gr)
1 sdt garam halus
½ sdt vanili
450 gr tepung terigu
1 ltr minyak goreng


Cara membuatnya:
  1. Cuci bersih kacang tanah, tiriskan, taruh dalam nampan, biarkan kering.
    Kocok telur, gula dan garam hingga kental. Sisihkan.
  2. Ambil sebagian kacang, beri 3 sendok makan adonan telur, aduk rata. Taburi dengan tepung terigu, ratakan hingga kacang berbulir-bulir terbalut tepung. Lakukan 2 hingga 3 kali proses ini, sehingga lapisan tepung cukup tebalnya. Ambil lagi sebagian kacang, proses pelapisan lagi, demikian seterusnya hingga kacang terbalut tepung semua.
  3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng kacang hingga kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. Kemas dalam toples.


Note :
  • Sebelum kacang diolah, sebaiknya pilih kacang dengan ukuran yang seragam atau minimal hampir sama, jadi waktu digoreng kematangan kacang biar bisa sama.
  • Saat melapisi kacang dengan adonan telur dan tepung, selalu pisahkan kacang yang menempel. Agar kacang bisa terbalut dengan sempurna.
  • Sebelum menggoreng, ada baiknya kacang di ayak dulu dengan menggunakan ayakan yang besar atau cetakan cendol. Sehingga remahan sisa tepung yang tidak menempel pada kacang bisa hilang dan tidak mengotori minyak saat menggoreng.
  • Goreng dengan minyak sedang, jangan terlalu besar karena kacang yang berada didalam bisa jadi belum matang, dan aduk terus kacang saat menggoreng agar tidak gosong.
  • Supaya kacang lebih renyah dan kesat, oven sebentar kacang setelah digoreng. Tapi kalau pun tidak juga tidak mengapa. Hanya saja kacang yang dioven jadi lebih renyah dan garing.
Stay cooking with love...

-eeyand-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...