" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 20 Juli 2012

Cake Tape Keju Kenari

Alhamdulillah....kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Bulan yang penuh Rahmat dan ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan hari ini adalah hari pertama kita mulai berpuasa, mungkin ada sebagian yang sudah memulainya kemarin...tapi saya dan keluarga termasuk yang mengikuti keputusan dari Ulil Amri dan memulai puasa bersama-sama hari ini.


Semoga postingan saya yang bertepatan dengan hari pertama puasa ini nggak bikin pada kepengen ya....InsyaAllah nggak lah..^^....karena niatnya hanya ingin berbagi dan memberikan inspirasi. Jadi cake ini saya buat kemarin, sehari sebelum puasa. Entah kenapa saat ngeliat tape di tukang sayur kok tiba-tiba pengennnnnnn banget bikin cake tape yang penuh dengan taburan keju dan kacang. Nggak pake pikir panjang, ya langsung aja dibeli. Dan akhirnya dengan ilmu cemplang cemplung dengan bahan yang tersedia di dapur terciptalah Cake Tape Keju Kenari ini. 


Rasanya pas buat saya, nggak terlalu manis, dan kejunya terasa. Teksturnya padat tapi tidak keras...persis seperti yang saya inginkan. Tapi kalo dilihat difoto teksturnya ngeprul gitu ya...itu karena saat masih panas sudah dipaksa untuk dipotong. Gara-garanya ya tidak lain dan tidak bukan pengen cepet-cepet difoto karena mataharinya dah keburu tenggelam. Sebetulnya, sebelum baking dah nyoba cari-cari resep tapi dari kebanyakan resep yang saya baca kok jumlah tapenya dikit banget ya...dibandingkan tepungnya. Sedangkan yang saya pengen itu yang teksturnya agak padet gitu. Dan kerasa tapenya....!!!! Tapi so far...ilmu cemplang cemplungnya lumayan berhasil, rasanya tidak mengecewakan...minimal untuk lidah saya dan keluarga saya.




Dari jumlah bahan-bahan yang dipakai ini jadinya lumayan banyak juga, loyang kotak 24 cm penuh!!! hehheh... ya itung-itung bisa untuk cemilan berbuka nanti lah..... tinggal cari minumannya aja... hayukk diintip resepnya.


Cake Tape Keju Kenari


Ingredients :
250 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
250 gr butter
120 gr gula pasir
6 btr telur
350 gr tape singkong, ambil seratnya dan haluskan dengan garpu
150 gr keju cheddar, serut
100 gr kenari, oven lalu cincang


Method :

  1. Campur tepung, baking powder dan baking soda, aduk rata, sisihkan.
  2. Dalam wadah yang berbeda, campur butter dan gula pasir, kocok hingga putih dan lembut.
  3. Lalu masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
  4. Masukkan tape singkong dan sebagian keju, kocok kembali dengan kecepatan rendah hingga tape tercampur rata.
  5. Kemudian masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk perlahan. Tambahkan sebagian kenari dan aduk hingga seluruhnya tercampur dengan rata.
  6. Tuang kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti dan dioles margarine. Ratakan, lalu taburkan sisa keju dan kenari diatasnya.
  7. Oven selama kurang lebih 50-60 menit dengan suhu 180 deg C hingga matang. Tes dengan tusuk gigi dan pastikan tusuk gigi keluar dengan bersih.
  8. Dinginkan diatas rak kawat, potong-potong dan sajikan.
Marhaban Ya Ramadhan..... semoga Allah melancarkan puasa kita selama bulan Ramadhan ini, dan semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Nya dan menjadi timbangan kebaikan untuk kita di akhirat kelak . 



Stay cooking with love....


-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...