" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Minggu, 05 Juni 2011

Gemblong Ketan Hitam (Getas)

Tiba-tiba jadi kangen ma jajanan rumah yang satu ini, express bikinnya. Tadinya nggak mau ngasih judul "Gemblong ketan hitam" karena aku tau di Surabaya namanya bukan itu. Cumaaa.....luppaaa!!! Dan akhirnya diingetin ma temenku pas aku upload ke FB. Kalo di surabaya, tempat asalku, namanya Getas. Emang ya, beda kota beda nama...padahal rasanya ya mirip-miriplah, kan dibikinnya juga dari tepung ketan, cuma yang satu item yang satunya lagi putih. Dan kalo ngangenin makanan asal kampung sendiri tuh jadinya nikmatttt banget pas dah makannya....nyeemmm...puasssss!!!!!!




Gemblong Ketan Hitam (Getas)

Source : Majalah Sedap
Ingredients :
200 gr tepung Ketan Hitam
100 gr kelapa muda, parut kasar (krn bikinnya ngedadak aku pake kelapa kering)
1/2 sdt garam
150 ml santan
minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis :
100 grm gula pasir
50 gr air

Method:
1. Campur ketan, kelapa parut, dan garam. Aduk rata. Tuang sedikit-sedikit santan sambil diaduk sampai kalis.
2. Bentuk bulat pipih.
3. goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Dinginkan
4. Pelapis : panaskan gula pasir dan air sambil diaduk sampai berbusa dan kental.
5. Masukkan gemblong. Aduk sampai berbalut. Matikan api. Aduk sampai terbalut gula dan kering.



Stay cooking with love...


-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...