" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 25 Juli 2012

Ice Cream Mangga Dan Poffertjes Pisang

Musim mangga!!!!!!!! yak....betul banget, disini lagi musim mangga, harga mangga lagi murah dan banyakkkk banget yang jual. Selain enak buat dimakan langsung, mangga juga enak buat dibikin yang seger-seger, dan kalo ngomongin yang seger-seger...pas banget momen nya ma bulan puasa.


Karena ngeliat mangga yang super manis, saya jadi pengen banget bikin ice cream. Kebayang kayaknya nyusss banget ya.... dan kebetulan lagi di lemari es ada stock krim kental. Klop lah.... mangga yang saya gunakan untuk ice cream ini adalah mangga gedong gincu. Manisnya nggak kalah ma mangga harum manis, bedanya mangga gedong gincu agak sedikit berserat. Kalaupun mau diganti dengan mangga harum manis juga sah-sah aja...pasti sama enaknya. Asalkan jangan pake mangga yang masih asam ya...kalo yang itu enak dibikin rujak...^^


Ice Cream Mangga

Ingredients:
250 ml krim kental
250 ml susu cair
5 btr kuning telur
100 gr gula pasir
2/3 cup puree mangga
2 sdt air jeruk lemon
Sedikit pewarna kuning (optional)
Mangga yang dipotong kotak kecil secukupnya

Method :

  1. Campur susu dan krim dalam panci, masak hingga mendidih. Segera matikan, sisihkan.
  2. Campur kuning telur dan gula pasir, kocok hingga kental dan mengembang, lalu tambahkan campuran susu sedikit demi sedikit sambil dikocok rata dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan pewarna kuning jika menggunakannya. Kocok rata.
  3. Kembali panaskan campuran susu dan telur, hingga hangat kurleb 77 deg C, sambil terus diaduk. Ingat jangan sampai mendidih. Angkat.
  4. Masukkan puree mangga dan air jeruk lemon, aduk hingga rata. Masukkan kedalam lemari es hingga semalam, tapi jangan meletakkannya di freezer.
  5. Setelah disimpan semalam, masukkan kedalam ice cream maker, dan ikuti petunjuk alatnya. Sesaat sebelum diangkat, masukkan potongan mangga didalamnya. 
  6. Kembali tuangkan dalam wadah tertutup dansimpan di dalam freezer.
Tips : Jika tidak mempunyai ice cream maker, setelah step 4, masukkan ice cream kedalam freezer hingga beku. Lalu keluarkan, dan blender hingga lembut. Lalu masukkan lagi kedalam freezer, dan ulangi lagi step sebelumnya hingga tekstur ice cream menjadi lembut.


Sebetulnya ini adalah menu sarapan yang saya buat untuk keluarga saya sebelum puasa kemarin. Tapi masih belum sempat untuk mempostingnya. Tapi menu ini juga bisa dijadikan menu ta'jil. Coklat bisa diganti dengan gula bubuk, lebih praktis dan nggak pake repot... ^^

Poffertjes Pisang

Ingredients :
100 gr whole wheat flour
100 gr tepung terigu
1 sdt ragi instant
25 gr gula palem
1/4 sdt garam
2 btr telur, kocok lepas
300 ml susu low fat, hangatkan
30 gr rice bran oil
2 btr pisang ambon, haluskan

Method :
  1. Campur tepung, ragi, gula, dan garam, aduk hingga rata, sisihkan.
  2. Campurkan telur dan susu, aduk hingga rata. Tuangkan sedikit demi sedikit kedalam adonan tepung, aduk hingga licin.
  3. Tambahkan pisang aduk rata. Diamkan selama 20 menit.
  4. Setelah didiamkan, tambahkan minyak, aduk rata.
  5. Panaskan cetakan poffertjes, lalu tuangkan adonan 3/4 cetakan. Tunggu hingga permukaannya berpori dan matang, lalu angkat.
  6. Sajikan dengan saus coklet atau taburan gula bubuk.

Okey...selamat menjalankan ibadah puasa, semoga menu diatas bisa menjadi inspirasi berbuka. Stay cooking with love.....

-eeyand-

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...