" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 04 Juli 2012

Sate Kerang


Satu hari sebelum deadline, baru bisa setor IDFB Challenge #5. Temanya kali ini adalah SATE, asli bingung mau setor apa....secara saya sendiri jarang banget bikin sate. Karena yang khas dari Surabaya tempat tinggal saya adalah sate madura, sate kerang, dan sate klopo (itu yang saya tau), jadi pilihan saya nggak jauh-jauh dari ketiganya. Tapi dari ketiganya ya cuma sate kerang yang paling simple. Dan pas bangettttttttt.... jam 12 siang baru bisa ke tukang sayur lha kok ndilalah ada kerang dara. Itu namanya gayung bersambut... hehhehh. Jadilah hari ini saya bikin sate kerang.


Resepnya dapet dari mami...jadi sate kerang ini adalah resep keluarga saya. Bikinnya simple dan nggak pake lama. Kalau mau lebih simple lagi cari kerang yang sudah dikupas, kalo masih bercangkang...mmmm... dijamin bakalan seharian di dapur. Tangan dah pegel nyungkil -dehhh...bahasanya.. :D- daging kerangnya tapi hasilnya nggak banyak-banyak. Jadi saran saya, cari kerang yang sudah dikupas...kecuali kalo emang nggak ada, mending nggak buat kalo saya...hahhahhaha.

Sate Kerang

Ingredients :
250 gr kerang dara yng sudah di kupas
3 lbr daun jeruk
Gula dan garam secukupnya sesuai selera

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
2 bh cabe merah, jika ingin lebih pedas bisa ditambahkan sesuai selera
1 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe

Method :

  1. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga matang dan harum. 
  2. Masukkan kerang, tambahkan gula dan garam. Tumis hingga kesat dan kerang matang. Bisa juga ditambahkan sedikit air, jika bumbu telah kesat tapi kerang masih keras.
  3. Lalu tusuk kerang dengan menggunakan tusuk sate, lakukan hingga semua kerang habis.
  4. Hidangkan.

Kalau di Surabaya sendiri, biasanya sate kerang dihidangkan bersama lontong balap atau lontong kupang. Sayangnya saya nggak doyang ma lontong kupang, jadi kalau ada tukang jual lontong kupang biasanya yang dibeli cuma sate kerangnya. Stay cooking with love......

-eeyand-

2 komentar:

  1. Fotonya makin bagus2 dehhhh.. :)
    Thanks udah ikutan ya, tiada kesan tanpa keikutsertaanmu. Hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak tika..... duh tersanjunggg dehhhh kalo yang ngomong bagus suhu nya FP... *blushing

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...