" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Selasa, 14 Juni 2011

Sup Ikan Gurame (Gouramy Fish Soup)


Setelah sebulan ini anak-anak penuh dengan liburan, finally they give up!!!!! Kedua anakku sejak dua hari yang lalu panas. Bundanya dah berasa kayak suster aja, kontrol tiap kamar, ngukur suhu badan mereka, kasih obat, siapin makanan...dannnnn semoga bundanya masih punya cukup kekuatan untuk merawat mereka sampai mereka sembuh...Amin.

Satu hal kalo anak lagi sakit, mereka harus makan makanan yang nggak bikin penyakit mereka makin parah tapi mereka tetap mau -nggak berharap lahap.. :(- memakannya. Yang goreng-gorengan, santan-santanan...mesti dibuang jauh-jauh untuk sementara waktu. Atau kalopun masak, pasti itu buat bundanya...^^. Akhirnya pilihannya pasti ke sup. Sup ayam sudah, trusss....kepikiran untuk ganti sup ikan, soalnya adek suka sekali ikan. Dan....Alhamdulillah, walaupun nggak bersemangat -yaa....namanya juga lagi sakit- at least mereka masih mau makan. Cepet sebuh ya abang, adek....^^.




Masak itu lebih "mudah" dibandingkan dengan Baking. Maksudnya, asalkan ada resep bahan-bahannya tanpa ukuran yang pasti, hanya berdasarkan indra pengecapan saja..kemungkinan besar JADI. Beda sama bikin kue, rada tricky...jangankan nggak ada ukuran pastinya, terkadang resepnya dah okey, tapi bisa juga nggak jadi karena cara pengolahannya atau tekniknya yang salah. Jadi untuk postingan kali ini, aku lebih cenderung untuk sharing tentang ide dan ingredients nya. Tapi untuk ukurannya...just use your feeling measurement...^^.


Ingredients :
Fillet Ikan Gurame, potong kotak lumuri dengan sedikit lada, garam, dan air jeruk nipis. Diamkan beberapa saat lalu cuci hingga bersih.
Bakso ikan, bagi empat bagian
Wortel, potong-potong
Daun bawang
Seledri
Tomat
Air/ kaldu
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
Lada bubuk
Pala bubuk
Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu:
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis


Method :
1. Tumis bumbu hingga harum, lalu tambahkan air tunggu hingga mendidih.
2. Masukkan wortel dan bakso ikan, masak hingga matang.
3. Masukkan ikan, daun bawang, seledri dan tomat,masak kembali hingga air mendidih.
4. Tambahkan garam, gula, lada dan pala bubuk, masak sebentar lalu matikan api
5. Sajikan.
Untuk orang dewasa, sup ini bisa disajikan dengan tambahan cabai iris dan air jeruk nipis.

Stay cooking with love...

-eeyand-

2 komentar:

  1. Ini nampaknya juga gampang ya Bun bikinnya ... coba aaahhhh .... eh tapinya kok wortel dimasukin dulu ya. bukannya lebih enak kalo dimasukin terakhir, biar ga terlalu matang dan masih seger gitu biar vitaminnya ga banyak yang kebuang :)

    BalasHapus
  2. Iya den, yang ini juga gampang....wortelnya dimasukin duluan karena tingkat kematangan wortellebih lama daripada ikan...dua-duanya jangan dimasak terlalu lama juga, kalo ikannya dimasak terlalu lama juga akhirnya ancur dan nggak kenyal lagi... begitu bu... Selamat mencoba...^^

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...