" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Selasa, 12 Juli 2011

Mochi Ubi Ungu

Ada sisa ubi ungu waktu bikin Bolu Kukus Ubi Ungu kemaren, dibikin apa ya....???? MOCHI....dah lama juga pengen nyobain bikin...ternyata, yang paling susah dari resep ini adalah...waktu masukin adonan isi nya...halah2...lengeketnya​...rada tricky memang... cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan bantuan plastik atau dengan cara membasahi tangan pada saat membentuk mochi nya.





Mochi Ubi Ungu


Ingredients :
Bahan kulit:
200 gr tepung ketan
15 gr tepung beras
100 gr gula pasir
200 ml air
1/4 sdt garam
10 gr mentega putih
4 tetes pewarna ungu

Bahan isi :
150 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
100 ml susu cair
25 gr gula pasir

Bahan taburan:
25 gr maizena, sangrai 5 menit dengan api kecil, dinginkan.



Method:
1. Isi : campur semua bahan isi (bisa juga diblender biar benar2 halus), masak sambil diaduk sampai lembut. Angkat bentuk bola2. Sisihkan
2. Kulit: campur air, gula, garam, pewarna, dan mentega putih, aduk rata. (Dalam tahapan ini, tentu saja mentega tidak akan ikut tercampur dan larut. Hal ini tidak mengapa karena mentega akan larut dan tercampur pada tahapan berikutnya)
3. Tuang ke campuran tepung ketan dan tepung beras, aduk rata.
4. Saring dengan saringan halus sampai rata. Masukkan kedalam mangkuk tahan panas. (aku nggak pake tak saring...kalo ngaduknya pakai wisk bisa halus juga kok...^^)
5. Kukus 25 menit diatas api sedang. Angkat, aduk dengan sendok kayu. Kukus lagi 15 menit (tahapan pengukusan yang kedua ini aku skip)
6. Angkat dan mixer 2 menit dengan mixer spiral sampai lembut. Biarkan dingin.
7. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi, bentuk bola-bola. Gulingkan diatas maizena. Kuas agar tepung tidak terlalu tebal.





Stay cooking with love.....


-eeyand-

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. mbak meinekueche...sorry banget, aku nggak tau pencet apa,tau2 komennya mbak ilang... :(, tapi aku dah baca komennya kok mbak. Bisa nggak mentega putihnya diganti dengan mentega yang biasa??? gitu kan...karena mbak takut ma mentega putih... :D, ada trauma mbak???. Dari semua resep mochi yang PERNAH aku baca, semuanya pake mentega putih. Mungking dikarenakan mentega putih nyaris tidak mempunyai komposisi air, jadi nggak becek. Karena adonannya ini cukup lengket ya mbak....jadi kalo di ganti ma butter ya bisa aja...tapi pasti akan ada perbedaan pada hasil akhirnya.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...