" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 22 Februari 2012

Gado-Gado Surabaya


Yuppp...kembali meramaikan IFP bulan Februari...mau setor makanan kesukaanku. Gado-gado surabaya...rasanya sangat berbeda dengan gado-gado jakarta, yang ini cenderung manis gurih gitu...dan bumbunya dimasak bukan diulek kayak gado-gado jakarta.


Resepnya bumbunya aku ambil dari resepnya Mbak Pepy Indonesia Eats tapi sayurannya aku sesuaikan sendiri dengan selera. Gado-gadi ini biasanya dimakan dengan lontong, dan karena waktu bikin cari lontong di pasar nggak ada, akhirnya bikinlah aku lontong sendiri. Lebih tepatnya lontong express...karena bikinnya nggak pake lama kayak lontong pada umumnya.


Gado-Gado Surabaya

Ingredients :
Lontong
Touge, rebus
Kol, iris tipis, rebus
Timun, iris tipis
Kentang, rebus
Telur, rebus
Daun selada
Tempe goreng
Tahu goreng



Pelengkap :
Krupuk udang
Emping

Bumbu Kacang :
10 siung bawang putih, goreng
300 gr kacang tanah, goreng
1000 ml santan
10 bh cabe merah, buang bijinya
1 sdt terasi
65 gr gula merah
2-3 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air.

Sambal :
10 bh cabe rawit, rebus
Garam secukupnya


Method :

  1. Bumbu kacang : campur bawang putih, kacang tanah, cabe merah, gula, terasi dan santan di dalam blender. Blender hingga halus.
  2. Panaskan wajan, masak bumbu kacang diatas api kecil, aduk sesekali hingga mendidih.
  3. Masak terus bumbu kacang hingga airnya sedikit berkurang dan permukaannya agak berminyak. Tambahkan larutan tepung beras, aduk rata. Masak kembali hingga mendidih.
  4. Sambal : haluskan semua bahan sambal, sisihkan.
  5. Penyajian : tata lontong, tahu, tempe dan semua sayuran, siram bumbu kacang. Tambahkan telur, bawang merah goreng, emping dan krupuk udang. Sajikan dengan sambalnya.

Nah..untuk lontongnya sendiri, aku rebus dengan menggunakan panci pressure cooker.....jadi cuma makan waktu kurang lebih 45 menit untuk merebusnya. Cumaaaa...yang namanya express dimana-mana beda ma yang aslinya ya... kalo kita makan lontong itu kan ada wangi khas lontong ya. walaupun sama-sama dari beras...tapi rasanya beda dengan nasi. Nahhh...karena yang ini masaknya cepat...jadi aroma lontongnya kurang terasa...dan rasanyapun lebih ke nasi padat. Walaupun texturenya dah lontong banget. Tapi kalau hanya untuk sarapan keluarga untuk weekend...bilehlah bikin lontong dengan cara ini...daripada gado-gadonya dimakan pake nasi...jadi gak nyambung...^^

Lontong

Ingredients :
2 cup beras, cuci bersih
2 1/2 cup air
Daun pisang dan lidi/tusuk gigi secukupnya.

Method :
  1. Didihkan air didalam panci, masukkan beras, aduk hingga air berkurang dan beras menjadi setengah matang.
  2. bungkus nasi kedalam daun pisang, semat dengan lidi atau tusuk gigi.
  3. Masukkan kedalam pressure cooker, tambahkan air hingga smua lontong benar2 terendam.
  4. Masak selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang. Angkat lontong dan tiriskan.
Stay cooking with love...

-eeyand-


4 komentar:

  1. huaaa mau.... Btw gado-gado padang enak juga lho. Terus ini pernah aku modif pk kacang mede lbh mantaff juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah bikin gado-gado padang mbak pep, gimana rasanya. Wahhh.....pastinya lebih manteb kalopake kacang mede... naiik tahta jadi gado-gado ningrat tuhh... :D

      Hapus
    2. mbak, aku nyoba bikin lontongnya tp kok gagal ya. Masih kayak nasi gitu, apa pas ngisi lontongnya itu hrs dipadetin dan ngasih lidinya dipasin gitu?

      Hapus
    3. iya, masukin ke daunnya harus padat.

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...