" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 15 Februari 2012

Nasi Udang


Masuk bulan Februari, saatnya meramaikan kembali Indonesian Food Party. Kali ini aku pilih makanan dari kotaku sendiri, Surabaya..yaitu Nasi Udang. Di Surabaya ada penjual nasi udang yang kondang gulindang. Namanya Nasi Udang Bu Rudi....walahhh...kalo mau beli sambal setannya untuk dibawa pulang... antrinyyaaaa puanjanggggg!!! sampe harus nunggu berjam-jam karena saking banyaknya. Saking kondangnya, Nasi udang Bu Rudi dan sambal setannya ini akhirnya jadi oleh-oleh khas Surabaya. Nah, daripada makan nasi udangnya nunggu mudik..mending bikin sendiri aja..yukkk!!!


Nasi Udang
Source : Jajanan Jawa Timur,seri masak femina PRIMARASA

Bahan :
300 gr udang peci / udang ukuran kecil (yulyan : pakenya udang jerbung, biar manteb gigitnya.. ^^)
1 sdt cuka 5% (yulyan : pake jeruk nipis)
5 sdm tepung beras
Minyak goreng
1 sdm tepung terigu
300 ml air

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt garam
4 siung bawang putih

Pelengkap :
Sambal setan
Serundeng
Lalap mentah


Cara Membuat :

  1. Bersihkan udang, buang kepala dan kotorannya, biarkan kulitnya. olesi dengan campuran bumbu halus, masukkan cuka, aduk rata. Taburkan 3 sdm tepung beras, aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan.Maukkan udang, goreng hingga kering, angkat, tiriskan.
  3. Campur sisa bumbu udang dalam mangkuk dengan 2 sdm tepung beras dan tepung terigu, tuangi air, aduk rata.
  4. Panaskan kembali minyak goreng yang banyak di dalam wajan, masukkan adonan bumbu sedikit demi sedikit. Aduk-aduk hingga menjadi remah yang kering, angkat tiriskan. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  5. Penyajian : Taruh nasi putih diatas piring saji, beri udang goreng, taburi remah-remah kering. Hidangkan selagi hangat dengan pelengkap sambal setan dan serundeng serta lalap mentah.
Nasi Udang ini memang sangat terkenal dengan sambal setannya. Mengapa dinamakan sambal setan??? mungkin untuk menunjukkan betapa pedasnya sambal tersebut. Dan bener banget, asli pedesssss sambelnya... dijamin gak ngantuk abis makan nih sambel. Bahan utama sambel setan ini adalah cabe rawit merah yang memang pedasnya super. Nah kalo yang aku bikin sendiri ini lebih tepatnya dibilang sambel anak setan...ehehhe...soalnya pedesnya disesuaikan dengan seleraku yang biasa-biasa saja, jadi cabenya aku campur dengan cabe merah besar. Dari pada abis makan keluar asap dimulut dan ditelinga...xiixix...ya gak???


Sambal Setan

Bahan-bahan :
100 gr cabe rawir merah
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt garam
75 ml minyak goreng

Cara membuat :
Kukus atau rebus cabe rawit, bawang merah dan bawang putih hingga lunak. Angkat,taruh diatas cobek tambahkan garam, gerus kasar. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis sambal hingga seluruh bahan matang dan agak berminya.

Selain sambal setan, salah satu pelengkap nasi udang yaitu serundeng. Serundeng adalah kelapaparut yang dicampur dengan bumbu halus lalu disangrai hingga kering dan renyah. Selain disajikan dengan nasi udang, serundeng bisa juga digunakan untuk taburan diatas nasi, makanan kecil seperti ketan atau makanan berkuah seperti lontong sayur.


Serundeng

Bahan-bahan :
1/2 butir kelapa, parut memanjang

Bumbu halus :
3 bh cabe merah
6 btr bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1 sdt gula merah
1/2 sdm garam

Cara membuat :
Campur kelapa dan bumbu halus hingga rata.Panaskan wajan diatas api, masukkan campuran kelapa parut dan bumbu. Tambahkan daun jeruk dan lengkuas. Aduk. Masak terus diatas api kecil sambil diaduk hingga kelapa kering dan renyah, angkat.

Stay cooking with love....

-eeyand- 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...