" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Kamis, 14 Oktober 2010

Klepon

Awalnya sudah lama pengen bikin klepon.....ehhh...kok ya pas banget, ika posting klepon di FB. jadi aja makin semangat bikin. Tapi perjuangannya bikin klepon.......bukan pada kleponnya ya, tapi marut kelapanya...hiks...hiks.... susahnya marut kelapa. Sebetulnya gak perlu repot-repot sih, karena dipasar itu ada tukang marut kelapa, kita tinggal pilih kelapanya...minta penjualnya marutin pake alat...serrrr....selesai deh. Tapi...berhubung semangat dah membara, tak ada kendaraan buat ke pasar, ditukang sayurpun tak ada kelapa parut...jadilah aku memarut kelapa sendiri demi untuk sebuah makanan yang bernama KLEPON......



Klepon
Source : Indonesian Dishes and Desserts, Femina Cookbook Series (translated by me)

Bahan-bahannya :
20 lbr daun suji dan daun pandan (aku : pake pasta pandan)
250 ml air hangat
250 gr tepung ketan
100 gr gula merah,potong kecil
1/2 bh kelapa muda, parut dan bubuhi dengan sedikit garam

Cara membuat :
  1. Tumbuk daun suji dan pandan, campur dengan air, aduk dan saring.
  2. Tambahkan tepung dan uleni sampai kalis dan adonan bisa di bentuk.
  3. Buat bola-bola kecil dari adonan. pipihkan. Letakkan gula merah yang dipotong kecil ditengah adonan, tutup kembali dan bentuk lagi menjadi bulatan kecil.
  4. Panaskan air dalam panci, tunggu sampai mendidih. Masukkan klepon kedalam air dan jika sudah naik ke permukaan itu berarti klepon sudah matang. Angkat.
  5. Gulingkan pada parutan kelapa, dan hidangkan.

Tips!!!!!!
Pada saat menambahkan air pada adonan, lebih baik dituangkan sedikit demi sedikit hingga adonan cukup kalis dan dapat dibentuk.

Stay....cooking with love....

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...