" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Sabtu, 02 Oktober 2010

Muffin Pandan Almond

Masih dengan muffin lagi..... setelah postingan yang lalu dengan Oatmeal Strawberry Muffin sekarang kembali lagi dengan varian yang berbeda. Muffin fever nih... gara-gara buku muffin yang aku beli waktu bulan puasa kemaren, jadinya rajin banget bikin muffin, tapi kenapa tidak kalo hasilnya ternyata uendhangg.....
resep asli dari muffin ini sebetulnya menggunakan kenari, tapiiiiii........berhubung stock yang ada dilemari cuma ada almond, ya sudahlah kenarinya di substitute dengan almond....























Muffin Pandan Almond
Original Recipes : Muffin Pandan Kenari
Source : Aneka Muffin, Seri Masak Femina Prima Rasa

Bahan-bahan :
350 gr tepung serbaguna, ayak
1/2 sdt garam
1 1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
150 gr gula pasir
75 gr kenari, cincang kasar (aku : nggak pake)
50 gr margarin, lelehkan
2 butir telur (@ 70 gr)
50 ml air daun pandan suji, (air daun pandan suji dibuat dari 25 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan, dipotong-potong,ditambah 50 ml air, diblender hingga halus, lalu disaring) (aku : p keake pasta pandan ditambah 50 ml air)
175 ml santan kental, siap pakai.
25 gr kenari cincang kasar, untuk taburan. (aku : pake almond)

Cara membuat :

  1. Panaskan oven pada suhu 200 C. Siapkan loyang muffin berlubang 12 volume @ 100 ml, alasi setiap lubang dengan mangkuk kertas. Dalam mangkuk besar, campur tepung terigu, garam, baking powder, soda kue, gula pasir, dan kenari (aku : nggak pake), aduk rata,sisihkan.
  2. Campur margarin leleh, telur, air daun pandan-suji (aku : pake pasta pandan ditambah air), dan santan dalam wadah lain, kocok menggunakan pengocok kawat hingga rata.
  3. Tuang campuran telur ke dalam mangkuk berisi campuran terigu, aduk menggunakan sendok kayu / spatula asal tercampur (5 kali).
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh, taburi atasnya dengan kenari cincang (aku : pake almond).
  5. Masukkan loyang kedalam oven, panggang selama kurang lebih 25 menit hingga matang. keluarkan loyang dari oven, biarkan selama 5 menit. Pndahkan muffin ke atas rak kawat, biarkan hingga hangat, sajikan segera.
Cara mengaduk muffin yang asal tercampur ini menjadikan hasil muffin nya mempunyai tekstur yang tidak halus seperti cake, tetapi berlubang kecil-kecil rata dan lembab. Jika adonan terlalu lama diaduk justru akan terbentuk gluten yang mengakibatkan muffin menjadi bantat, teksturnya kasar dan penuh lubang.

Stay....Cooking With Love

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...