" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 12 Maret 2012

Kentang Panggang Dan "Oleh-Oleh" Dari Bandung

Setelah berkali-kali rencana ke Bandung gagal karena pada gantian sakit, finally.....weekend kemaren jadi juga ke Bandung. Dah lama banget nggak kesana, terakhir kesana pada saat Hari Raya Idul Adha....dah berapa bulan tuh???? Kasihan anak-anak dah lama nggak ketemu sama Eyang, Uwa,Om, dan sepupu-sepupunya. Selain bersilaturahim......hal yang saya suka dari Bandung, makanannya, wisata belanjanya...dan hawanya, walaupun sering bikin hidungku mampet karena alergi dingin..^^.

Buat saya pribadi, Bandung adalah tempat berburu properti.... ya, tempat favorite saya adalah Mutiara Kitchen, dan Daiso. Kemaren sempet nemu lagi satu tempat yang unik. Dia menjual barang-barang kerajinan khas Indonesia, seperti batik, hiasan dari kayu, tas batik, dan ada juga piring-piring dan gelas jadul disana. Memang harganya agak lumayan. Tapi buat pecinta kerajinan Indonesia, tempat ini boleh dijadikan referensi untuk belanja. Nama tokonya Pendopo Anjani di mall Paris Van Java Bandung. Dan inilah....hasil hunting saya di tiga tempat Daiso, Pendopo Anjani dan Mutiara Kitchen.


Setelah kaki pegel nganterin anak-anak main....waktunya ngisi perut dong. Didepan Game Amazon PVJ ada tempat makan namanya Dot Bravo. Yang paling bikin penasaran adalah Roti Tissue nya. Cuma sayang nggak sempet nganbil fotonya. Yogurt nya juga enak lho.... disebutnya Froyo...mungkin kependekan dari frozen yogurt ya.. I love both of them...^^
Mampir lagi di tempat makan berikutnya....Javana Food Market. Suka dengan konsepnya yang dibikin santai dan dengan menu yang nggak terlalu berat, tapi cukuplah buat ganjel-ganjel perut. Dan harganya juga nggak mahal-mahal amat. Yang paling unik colenaknya. Colenak "bule" kata saya sihhh.... soalnya colenaknya disajikan dengan puff pastry, guyuran santan kental, dan almond flakes. Unik...baru kali ini makan colenak model begini...


Dan hari ini...sudah harus bergelut lagi dengan rutintas... Alhamdulillah. Kembali nyiapin sarapan, bekal sekolah, makan siang, dan bla..bla...blaa....^^. Hari senin setelah liburan jadi terasa makin berat ya...hehhe. masih kebawa malesnya. Tapi mau nggak mau ya wajib...harrruuussss bangun pagi. Dan, inilah menu sarapan kami pagi ini. Kentang Panggang.... berisi kentang yang dicampur smoked chicken, dan saus keju..mmm...saya suka!!!! Dan yang terpenting semua orang rumah juga suka....!!!!


Kentang Panggang
Source : 20+ sarapan kentang & havermut, seri masak femina PRIMARASA

Ingredients:
750 gr kentang
100 ml susu cair
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
150 gr gdaging asap tebal, iris persegi 1 cm (yulyan : pake daging ayam asap)
100 gr bawang bombai, cincang kasar
150 ml krim kental
75 gr keju mozarella (yulyan : pake quick melt)
1 sdm keju cheddar parut
1 sdm peterseli cincang, untuk taburan


Method :
  1. Panaskan oven suhu 180 deg C. Kupas kentang, lalu iris melintang tipis1/2 - 3/4 cm. Rebus kentang bersama susu cair, garam, merica dan pala bubuk dalampanci hingga setengah matang +/- 5 menit, angkat kentang. Sisihkan sisa susunya.
  2. Siapkan 4 buah cetakan aluminium persegi ukuran 8x15 cm (yulyan : pake pinggan tahan panas). Olesi dengan margarine. Bagi rata dan susun kentang kedalam setiap cetakan, tambahkan juga daging asap dan bawang bombai.
  3. Jerang kembali panci susu, masukkan krim kental dan keju parut. Masak selama +/- 5 menit hingga keju meleleh dan cairan mengental., angkat, tuang kedalam cetakan berisi kentang.
  4. Taburi permukaannya dengan keju cheddar parut. Taruh cetakan diatas loyang datar, masukkan ke dalam oven.
  5. Panggang selama 15 menit hingga matang, nyalakan api bagian atas selama 5 menit hingga permukaannya kuning kecoklatan. angkat. Taburi dengan peterseli cincang, hidangkan selagi hangat.


Stay cooking with love....

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...