" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 16 Maret 2012

Puding Strawberry Dan Roti Kentang Keju

Sampai hari ini Kaka masih sakit. Malahan adeknya sekarang ketularan jadi ikutan sakit juga... *pijit kepala. Hhhhfftttt....baru sebulan yang lalu adek keluar dari RS, sekarang dah harus sakit lagi.... *nafas panjang. Tidak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali berusaha dan bersabar dengan semua ini. Allah masih memberikan cobaan sakit ini kepada keluarga kami. Silih berganti, satu persatu.... dan InsyaAllah kami bisa melewati ini semua. Amin....... 

Dan.....disela-sela kesibukan merawat anak-anak, memasak, ngurus rumah, dll. Baking dan FP masih menjadi obat yang manjur melepas kepenatan. Walaupun abis baking dan foto-foto tempat cuci piring jadi penuh lagi...tapi hal ini cukup membuatku relax dan siap kembali untuk anak-anak. Biasanya anak-anak tidur setelah makan siang dan minum obat, disitulah kesempatan untuk menarik nafas, meluruskan punggung, siap untuk "me time!!!!!!".......


Hal apa yang paling memusingkan saat anak-anak sakit????? Kalo aku....selalu bingung masak apa!!!! apalagi kalo anak-anak dah gak doyan makan...bingung mau dibikinin apa!!. Kalo dituruti nggak mau makan ya...kapan sembuhnya. Jadinya mestii pintar-pintar memilihkan makanan dan cemilan buat mereka. Dan sedihnya, hal itu nggak selalu berhasil buatku...kadang dah capek-capek masak..ternyata mereka masih tetep nggak mau... hfffttttt.... *garuk-garuk kepala.


Kebetulan dah lama nggak bikin puding.... dan kebetulan banget strawberry di lemari es dah mulai layu...sebelum makin luayuuu buruan diolah. Jadilah pudding strawberry dengan bahan-bahan yang ada di rumah untuk anak-anak…..dan Alhamdulillah mereka mau.

Puding Strawberry

Ingredients:
300 gr strawberry, blender dengan 150 ml air
130 gr gula pasir atau sesuai selera
300 ml susu cair
200 ml susu evaporasi
1 bks agar-agar warna putih
1 sdt jeli bubuk
1 btr kuning telur.
2 tts pewarna merah tua

Saus strawberry :
150 gr strawberry, blender dengan sedikitttttt air
50 ml air
2 sdm selai strawberry
3 sdm gula pasir, atau sesuai selera.

Method :
Puding :
campurkan semua bahan, kecuali telur. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk.
Sesaat sebelum mendidih, ambil beberapa sendok puding, tuangkan kedalam kuning telur lalu aduk, masukkan kembali kedalam puding. Masak hingga mendidih. Masukkan puding kedalam gelas atau cetakan yang telah dibasahi air. Biarkan mengeras.

Saus strawberry :
campur semua bahan, masak hingga mengental.

Sajikan puding strawberry dengan sausnya.


Setelah puding terselesaikan dengan baik, mulai mikir lagi anak-anak mau dibikinin cemilan apa. Soalnya makannya masih nggak bagus, jadi cemilan mereka harus berisi. Yaaa.... walaupun nyemilnya nggak sehebat kalo lagi sehat, tapi at least lumayan lah bisa nambah-nambahin isi perut mereka. Dan....kayaknya roti-rotian lumayan berisi dan "ngganjel" ya..... ya sudahlah...aku bikinin aja roti kentang keju. Rotinya empuk, karena pake kentang didalamnya, dan rasanyanya gurih....nggak terlalu manis. Anak-anak makannya lebih suka dibelah kemudian dioles dengan selai kesukaan mereka masing-masing. Dan lumayan juga buat cemilan bundanya yang sedang dituntut untuk prima...^^.


Roti Kentang Keju
Source : Sedap, 3/XII/2011. Resep asli, Roti Kasur Kentang Keju Manis.

Ingredients :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
100 gr kentang, kukus, haluskan
20 gr susu bubuk
50 gr gula pasir
1 sdt ragi instant
1 btr telur
1 kuning telur
75 ml air es
75 gr margarine
1/2 sdt garam
1 sdm susu evaporated untuk olesan

Bahan taburan : (Yulyan : nggak pake, diganti dengan keju parut)
20 gr mentega tawar dingin
1 sdm susu bubuk
25 gr keju parut
30 gr tepung terigu protein sedang


Method :
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan kentang, telur, dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Masukkan margarine dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan, timbang masing-masing 40 gr. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit. Pipihkan, bentuk bulat.
  4. Letakkan diloyang bulat 22 cm tinggi 4 cm yang dioles margarine dan dialasi kertas roti dengan diberi jarak (Yulyan : bulatan adonan dimasukkan satu persatu dalam cetakan muffin yang diberi alas kertas cup). Diamkan 60 menit sampai mengembang.
  5. Taburan : campur mentega tawar, susu bubuk, keju parut, dan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Dinginkan dalam lemari es. (Yulyan : nggak pake)
  6. Oleskan susu evaporated. Taburkan bahan taburan (Yulyan : ditaburi dengan keju cheddar parut).
  7. Oven 25 menit dengan api bawah suhu 180 deg C sampai matang. 


Well.... semoga kita semua selalu bersyukur dengan berkah kesehatan yang selalu dilimpahkan oleh Allah kepada kita. Stay cooking with love.....

-eeyand-

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Yupp.... absolutely delish...!!!!!

      Hapus
  2. Cepet sembuh ya kaka ma adik.
    Bundanya juga yg semangat yaaa^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak ita...Alhamdulillah dah baikan. Thx dah mampir ya... ^^

      Hapus
  3. Mbaaaaak...aku udah bikin. Enak poooolll!! hehe. Tapi nggak pake saus strawberry soalnya kehabisan strawberry. Makasih udah share resepnya ya...

    BalasHapus
  4. mbak ikutan nyontek resepnya ya.. :D
    ak sdh buat dan rasanya super sekali hehehe.makasih ya mbak buat resepnya. sekalian ijin nge link k blogku http://dapurantee.blogspot.com/2014/03/puding-stroberi.html boleh kan mbak?:D

    BalasHapus
  5. mbak aku cobain resep resepnya yah mbak . makasih sebelumnya yah mbak

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...