" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 28 Maret 2012

Puding Pina Colada



Pina Colada.... waktu di search di mbak google, dalam bahasa Inggris Pina artinya Pineapple dan Colada artinya Strained. Dari sumber yang lain disebutkan bahwa Pina colada is a mixed drink made of pineapple juice and coconut cream and rum. Pada asalnya pina colada adalah sebuah minuman yang asalnya dari Puerto Rico (wikipedia). 




Untuk yang ini adalah versi pudingnya, rasanya segar... awalnya penasaran dengan resepnya nanas ditambah santan...mmm...seperti apa ya??? Dan baru sekarang keturutan untuk nyobain. Resep aslinya memang pakai rhum...cuma aku nggak mengkonsumsinya. Dan topping nya adalah kelapa yang diparut kasar kemudian disangrai. Tapi aku nggak pake, pertama...ribet...hehhehe, kedua...sepertinya anak-anak lebih suka kalo aku ganti pake nata de coco daripada kelapa sangrai. Jadi yaaa... aku omit aja,padahal penasaran juga gimana sensasi rasanya saat dimakan bareng pudingnya.

Puding Pina Colada
Source : Seribu Rasa Puding, seri masak femina Primarasa

Ingredients : 
500 gr nanas, kupas
150 ml air
300 ml santan
150 gr santan kental
150 gr gula pasir 
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk putih
50 ml rhum (Yulyan : aku nggak pake)
25 gr kelapa parut kasar, sangrai kering, besta dengan gula pasir (Yulyan : aku ganti dengan nata de coco)
Nanas potong untuk hiasan
Manisan ceri merah untuk hiasan (Yulyan : aku nggak pake)






Method :
  1. Siapkan 4-6 gelas berkaki dan bermulut lebar, basahi dengan sedikit air. Cincang kasar nanas, masukkan ke dalam blender. Tambahkan air, lalu proses hingga halus, angkat, saring hingga diperoleh 600 ml jus nanas, buang ampasnya.
  2. Campur jus nanas, santan kental, gula pasir, dan agar-agar putih dalam panci, aduk rata. Jerang diatas api sedang, masak terus hingga mendidih dan gula larut, angkat. Aduk terus hingga agak dingin, tambahkan rhum, aduk rata.
  3. Tuang adonan puding ke dalam setiap gelas hingga 3/4 penuh. Biarkan hingga puding mengeras.
  4. Taburi puding dengan kelapa parut dan hias dengan potongan nanas serta manisan ceri, hidangkan.
Tips : Kalau jus nanas yang dihasilkan kurang dari 600 ml, tambahkan saja air. Dan jangan lupa untuk selalu mengaduk saat puding dimasak agar santan tidak pecah.

Dan hasilnya...puding ini laris manis, anak-anak pada suka. Dan rencananya kami akan bikin lagi weekend ini.  Mmmmm....jadi penasaran gimana rasanya kalo dikasih kelapa parut sangrai... ^^


Stay cooking with love.....

-eeyand-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...