" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 26 Maret 2012

Long Weekend - Kitchen Diary

Long weekend...... but have to stay at home, yuppp...absolutely!!!!! Karena anak-anak baru pada sembuh sakitnya, jadi nggak punya agenda kemana-mana long weekend ini. Mmmmm....tapi terdengar nyaman kalau membayangkan kemacetan saat long weekend di tempat-tempat berlibur. Tapi juga terdengar nggak asyik libur tiga hari tanpa keluar rumah... *nyengir. Segala sesuatu selalu punya dua sisi yang berbeda....tergantung dari sisi mana kita memandang. Dibawa asyik aja....kesenangan itu bisa dicreate kok!!! dan nggak harus mahal dan ribet. Bagi anak-anak, waktu bersama ayah mereka adalah hadiah. Kalo hari biasa cuma bisa ketemu saat sarapan, tapi saat weekend mereka bisa puas maen bareng ayah...biasanya bundanya jadi nggak laku... hehhehe. Tapi menyenangkan, jadi punya waktu untuk mengcreate kesenangan pribadi walau sesaat..haha *tertawa bahagia. So... ternyata liburan dirumah itu enakkk... ^^ *meluk guling.

Day #1
Pagi-pagi dah mulai bingung lagi cari menu untuk hari ini. Sebetulnya bingungnya tiap pagi sih..bukan pagi ini doang...hehe. Ayah request minta dimasakin capcay ma ayam goreng mentega. Hahaiii...nggak jadi tenggelam dalam perkuahan lagi dongg... hahhaha. Ya sudah...langsung buruan belanja dan nguplek di dapur, bersyukur banget ayah mintanya nggak macem-macem.. ^^. Karena menunya cocok buat anak-anak, jadi masaknya cukup dua macam saja. Biar bundanya juga nggak perlu berlama-lama keringetan diatas kompor.

Ayam goreng Mentega
Source : 20 Masakan Cina Populer, Saji

Ingredients :
1 ekor ayam, potong 20 bagian
1/2 sdm kecap inggris
1 sdt air jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Minyak Untuk Menggoreng

Bahan saus :
100 gr margarine
1 bh bawang bombay. cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
2 1/2 sdm kecap inggris
4 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris miring
1 bh jeruk limau, diambil airnya
100 ml air

Method :

  1. Lumuri ayam dengan kecap inggris, air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Diamkan 30 menit.
  2. Goreng ayam dalam minyak yang dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Angkat, sisihkan.
  3. Saus, panaskan margarine. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan ayam, aduk rata.
  4. Tambahkan kecap inggris, kecap manis, dan merica bubuk. Aduk rata. Tuangi air. Aduk hingga mendidih. Tambahkan daun bawang dan air jeruk limau. Aduk rata.
Tips : Ayam juga bisa diresapi bumbu dengan cara ditambahkan air lebih banyak lalu dimasak diatas api kecil sampai air kembali mengering.







Selesai dengan satu tugas, lanjut ketugas berikutnya. Yang ini kayaknya semua dah bisa kali ya...heheh. Cuma karena judulnya Kitchen Diary...ya dicatet dong ya...^^. Capcay adalah makanan kesukaan anak-anak. Kalo untuk sayurannya sendiri bisa apa aja. Kreasikan dengan yang ada aja. Bisa juga ditambahkan bakso, dan udang. Dan mau apapun bahannya.....rasanya akan tetap enak..!!!!

Capcay
Source : 20 Masakan Cina Populer, Saji

Ingredients :
1 bh paha ayam fillet, potong kotak-kotak (Yulyan : pake bagian dada)
100 gr udang, dikupas, disisakan ekor, kerat punggungnya
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 bh wortel, potong miring
50 gr keputren, potong miring
50 gr kol, dipotong-potong (Yulyan : nggak pake)
50 gr jamur merang, bagi 2 (Yulyan : pake jamur kaleng)
100 gr kembang kol, potong perkuntum
100 gr pokcoy, potong-potong
50 gr sawi putih, potong-potong
50 gr kapri, bersihkan (Yulyan : nggak pake)
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
1 sdt angciu (Yulyan : nggak pake)
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
150 ml air
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
1 sdm minyak untuk menumis.

Method :

  1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang dan ayam fillet. Aduk hingga berubah warna.
  2. Tambahkan wortel, keputren, kol, jamur merang, kembang kol, pakcoy, sawi putih, dan kapri. Aduk sampai setengah layu.
  3. Tambahkan saus tiram, kecap ikan, angcui, garam, dan merica bubuk. Aduk sampai semua bahan terbalut saus. Tuang air. Biarkan mendidih.
  4. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup. Angkat dan sajikan.
Tips : Memotong ayam sebaiknya dalam ukuran kecil-kecil agar ayam cepat matang.






Selesai makan siang, anak-anak pada tidur...hhhfffttt. Leganya kalo dah begitu....bisa selonjoran sambil ngemil-ngemil. Dan, cemilannya kali ini yang segar-segar. Kebetulan dirumah lagi ada buah banyak, dapet dari teman-temanku yang kerumah jengukin anak-anak yang lagi sakit. Rahmat dari Allah memang bisa datang dari mana saja..^^. Dibuatlah salad buah, lumayan buat ngisi perut, makannya berdua lagi ma ayah... hehhehe...makin asyik deh jadi nya.... :D *L384Y.

Fruits Salad

Ingredients :
1 bh Apel, potong kotak, rendam air garam atau jeruk nipis agar tidak coklat.
10 bh strawberry, belah dua
1 bh Jeruk navel, kupas, potong kotak
1 bh Pir, potong kotak
1 bh belimbing, iris-iris.
1/2 bh buah naga, potong kotak.
(Gunakan buah apa saja sesuai selera)

Dressing
Source :Sedap Khusus Pemula, 60/XII/2011

100 gr yogurt
2 sdm mayones
2 sdm susu kental manis
1 sdt air jeruk lemon
1/4 sdt garam

Method :

  1. Dressing, campur yogurt, mayones, susu kental manis, air jeruk lemon, dan garam. Aduk rata.
  2. Campur semua buah, aduk rata.
  3. Sajikan buah dengan dressingnya.















Day #2
Hari ini jadwalnya makan diluar, karena hari ini jadwalnya nganter adek terapi alergi dan sekalian belanja bulanan. Karena adek gampang banget kena batuk dan pilek sama seperti abangnya dulu, jadi.... kami memutuskan untuk menterapi adek. Dulu Kaka juga begitu, hampir tiap bulan ke dokter dengan keluhan yang sama, apalagi kaka punya asma. Jadi kasihan banget kalo dah batuk dan pilek, berat banget ambil nafasnya. Karena sering sakit, badannya jadi kurus....dan setelah di terapi dengan terapi alergi menggunakan metode biofisika. Alhamdulillah...keluhannya jadi berkurang dan badannya sekarang jadi gendut. Nah..... pengalaman dari abangnya itulah, makanya kami pikir adek mendapatkan treatment yang sama. Karena keluhan dan kondisinya juga mirip seperti yang dialami abang dulu.

Day #3
Hari terakhir liburrrr.... *libur 3 hari nggak kerasa yaa. Stay at home lagi!!!!! Dan hari ini aku masak yang berkuah-kuah lagi buat anak-anak, Sop Iga Kacang Merah. Cukup itu aja...^^, karena bundanya pengen baking. Bikin caterpillar bread. Gara-garanya ngiler liat punya mbak Hesti yang di upload di FB. Karena prose bikinnya bakalan panjang, makanya sengaja nggak masak yang macem-macem.


Bahan dasar rotinya dibuat dari satu resep yang sama dengan metode water roux, yang katanya hasilnya jauh lebih empuk. Dan ternyata memang benar, hasilnya memang lebih empuk. Untuk Catepillar breadnya sendiri, step by step pembuatannya aku liat dari blognya Mbak Ricke, thx ya mbak. Sedangkan Resep rotinya dari Mbak Hesti, thx juga mbak hesti...^^. 


Savory Bread
Source : Mbak Hesti of Hesti's Kitchen

Ingredients :

Water roux :
50 gr tepung terigu protein tinggi
250 ml air
 

Bahan :

400 gr tepung protein tinggi
200 gr tepung protein sedang
100 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk full cream
1 butir telur + 1 kuning telur
10 gr ragi instan
200 gr water roux
200 ml air hangat
75 gr margarin
1 sdt garam

Method 
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. Untuk roti caterpillar timbang adonan seberat masing masing 60 gr, 40 gr untuk Pizza bread dan Beef Bun lalu bulatkan.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200C atau 400F.
Untuk caterpillar bread, step by step pembuatannya lengkap ada di blognya Mbak Ricke. Toppingnya aku pake sosis ayam, keju mozarella, daun bawang, oregano bubuk, dan saus tomat.

Karena baru sekali ini bikin, jadinya bentuknya rada kurang cantik..hehhehe. Dan loyang pertama pun ngovennya terlalu lama. Rotinya jadi renyah... :D. 

Pengalaman emang guru terbaik, setelahnya jadi tau pasnya berapa lama. Kalo buat aku, 20 menit cukup untuk caterpillar bread ini. Dengan jumlah adonan 60 gr tiap rotinya.

Bentuk roti, lalu olesi dengan susu evaporated. Beri topping istirahatkan selama 30 menit.

Oven selama 15-20 menit, hingga matang.

Setelah matang, segera olesi roti dengan butter agar permukaannya mengkilap dan lebih moist.





Untuk Pizza bread, adonan yang sudah dibulatkan cukup ditipiskan saja.

Lalu oleskan bumbu spaghetti siap pakai atau homemade, beri irisan sosis, taburi keju mozarella parut, oregano bubuk, dan saus tomat.

Setelah diberi topping istirahatkan selama 30 menit.

Oven selama 15-20 menit, hingga matang.














Bahan isi Beef Bun
Source : Sedap, 3/XIII/2012

Ingredients :
150 gr daging giling
1/4 buah paprika hijau, potong kotak kecil
50 gr jamur kaleng, iris-iris
1/4 bh bawang bombay, cincang halus
1 sdt kecap asin
2 sdm saus tomat
1/4 sdt garam
1 sdt merica hitam kasar
1/2 sdt gula pasir
50 ml air
1 sdm margarine untuk menumis.

Method :
Panaskan margarine. tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging giling. Tumis sampai berubah warna. Tambahkan paprika, dan jamur. Tumis sampai layu. Masukkan kecap asin, saus tomat, garam,merica hitam, dan gula pasir. Aduk rata. Tuangi air. Masak sampai matang, angkat. Sisihkan.

Ambil adonan, pipihkan, isi dengan bahan isi lalu bulatkan kembali. Biarkan selama 30 menit. Lalu olesi dengan susu evaporated. Beri saus tomat diatasnya, atau beri topping sesuai selera. Oven selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang. Panas-panas olesi dengan butter.

Dannnnn....... selesai sudah long weekend kali ini, Abang sudah mulai sekolah lagi. Dan bundanya juga sudah mulai repot lagi. Selalu syukuri apa yang Allah berikan kepada kita. Kebersamaan dengan keluarga merupakan hal yang sangat berharga. Nikmatilah dengan segala kesederhanaan atau kegembiraan....karena waktu tidak akan pernah berputar kembali. Stay cooking with love... 

-eeyand-

2 komentar:

  1. Hi Yulyan,

    sungguh enak...picture pun cantik banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nuridah... thanks for stopping by.. ^^

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...