" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Jumat, 09 Maret 2012

Sus Kering Keju Bawang Putih

Suka sus kering???? Kalo iya....tosss dulu, bearti kita sama. Sudah pernah bikin sendiri???? saya belummm....baru kali ini bikin sendiri. Dan bagaimana???? Lamaaaaaaa!!!!!!!!! ya...komentarnya cuma satu itu, bukan lama bikin adonannya, tapi lama ngovennya. Karena untuk mendapatkan sus kering yang merekah tapi kresss....dan tidak lembek, ternyata butuh tehnik tersendiri.


Dari cara pembuatannya, sus kering sama dengan sus yang basah. Proses yang paling terpenting ada dalam pengovenan, dimana ada dua tahapan proses. Pengovenan pertama, digunakan temperatur tinggi dan menggunakan api bawah dengan suhu 200 deg C. Waktunya sekitar 15-20 menit. Besarnya waktu sendiri sangat tergantung dengan besarnya ukuran sus kering yang anda buat. Semakin besar tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama. Dan begitu juga sebaliknya. Tujuan dari pengovenan pertama ini adalah untuk mengembangkan sus. Makin mengembang, maka makin renyah sus yang dihasilkan.

Pengovenan kedua, digunakan temperatur rendah dan menggunakan api bawah dengan suhu 150 deg C. Waktunya sekitar 15-20 menit, dan lagi-lagi waktu ini sangat tergantung dari ukuran sus yang anda buat. Tujuan pengovenannya adalah untuk membuat tekstur garing dan renyah pada sus.


Selain cara pengovenan, cara penyimpanan juga sangat penting. Jangan sampai sudah lama ngoven tahu-tahu jadi melempem seperti yang saya alami... *doenkkkk... :P, iya.... hal ini jadi penting...akhirnya saya harus mengulang lagi cara pengovenan kedua agar susnya kembali renyah. Mengapa...kesalahn saya, terlalu terburu-buru memasukkan sus yang telah matang kedalam stoples. Karena dipikir dah dingin...ya udah main masukin aja...nggak taunya belum benar-benar dingin sempurna. Jadi pastikan sebelum memasukkan sus kedalam stoples, dia sudah dalam keadaan dingin sempurna sehingga tidak ada lagi uap air yang keluar yang menyebabkan sus menjadi lembab dan lembek.

Sus Kering Keju Bawang Putih
Source : Sedap, 3/XIII/2012

Ingredients :
100 gr margarine
250 ml air
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu protein sedang
50 gr keju cheddar parut
1/2 sdm bawang putih bubuk
170 gr telur
1 sdt baking powder

Method :

  1. Rebus margarine, air, dan garam hingga mendidih. Matikan api. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai rata. Nyalakn api kecil, aduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hangat.
  2. Masukkan telur dan baking powder sambil dikocok rata. Tambahkan keju parut dan bubuk bawang putih. Aduk rata. Masukkan dalam kantong plastik segitiga.
  3. Semprot melingkar dengan spuit bintang kecil diatas loyang yang dioles margarine.
  4. Oven dengan api bawah suhu 200 deg C 15 menit. Buka oven dan turunkan suhunya 150 deg C. Oven lagi sampai matang dan kering.

Kalau dari pengalaman saya membuat, cara paling mudah untuk menentukan kapan suhu diturunkan adalah jika semua gelembung didalam sus pada pengovenan pertama telah hilang, artinya sus sudah mengembang dengan maksimal. Baru buka oven dan turunkan suhunya. Sounds challenging right???? bikin yukkk.... dan itulah yang paling saya suka dari baking...tantangan disetiap prosesnya membuat saya seperti sedang memainkan sebuah game dan berusaha untuk memenagkannya. Dan hadiah terbesarnya adalah...isi stoples ludesssshhhhh.... ^^

Stay cooking with love friends!!!!!!....have a nice weekend...

-eeyand-

5 komentar:

  1. Waaaaa...canteeeek semuanya. Fotonya, propsnya, sus keringnya. Kemarin foto2nya mantep banget, sekarang dgn lensa baru lebih muantaapph lageee!! sayang aku gak bisa access FB dan foodblogger, cuman bisa lihat gak bisa diapa apain, even nge'like'

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak hesti...lho kenapa mbak...jaringan internetnya atau FB nya yang lagi error..??

      Hapus
  2. Balasan
    1. xiixiix...ini properti gratisan lho mbak arni, dapet dari parcel..^^

      Hapus
  3. Bu mau nanya, saya bikin ngovennya udh lama tapi kok dalemnya masih lembek ya? Apa itu juga yg bikin susnya gampang melempem? Terus kira2 gimana cara benerinnya bu?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...